Sukses

Pagar Pembatas Dicopot, Tanda Lockdown di Shanghai Dicabut

Pemerintah di kota Shanghai akhirnya mencabut aturan lockdown akibat COVID-19.

Liputan6.com, Shanghai - Pihak berwenang Shanghai telah mulai membongkar pagar di sekitar kompleks perumahan dan merobek pita polisi dari alun-alun dan bangunan umum, untuk melegakan 25 juta penduduk kota itu, sebelum lockdown selama dua bulan dicabut pada tengah malam.

Pada Senin malam, beberapa orang diizinkan keluar dari kompleks mereka untuk berjalan-jalan singkat memanfaatkan lalu lintas yang ditangguhkan untuk berkumpul untuk minum bir dan es krim di jalan-jalan yang sepi, tetapi ada rasa waspada dan kecemasan di antara penduduk. Demikian seperti dikutip dari laman The Guardian, Rabu (1/6/2022). 

Sebagian besar akan terjebak di dalam ruangan lagi sampai tengah malam, seperti yang telah mereka lakukan selama dua bulan terakhir di bawah lockdown yang telah menyebabkan hilangnya pendapatan, stres dan keputusasaan bagi jutaan orang yang berjuang untuk mengakses makanan atau mendapatkan perawatan kesehatan darurat.

Isolasi yang berkepanjangan telah memicu kemarahan publik dan protes yang jarang terjadi di dalam Shanghai dan menghancurkan ekonomi manufaktur dan ekspor kota itu, mengganggu rantai pasokan di China dan di seluruh dunia, dan memperlambat perdagangan internasional.

Kehidupan diatur untuk kembali ke sesuatu yang lebih seperti normal mulai Rabu, ketika izin yang dikeluarkan oleh bangunan tempat tinggal bagi orang-orang untuk pergi keluar selama beberapa jam akan dibatalkan, transportasi umum akan dilanjutkan dan penduduk dapat kembali bekerja.

“Sekarang saya akan kembali bekerja tiba-tiba, saya merasa sedikit gugup,” kata penduduk Joseph Mak, yang bekerja di bidang pendidikan. “Sulit dipercaya itu benar-benar terjadi.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebijakan Nol COVID

Pelonggaran pembatasan hanya berlaku bagi mereka yang berada di wilayah berisiko rendah, atau sekitar 22,5 juta orang. Warga di wilayah tersebut tetap harus memakai masker dan dilarang berkumpul. Makan di dalam restoran tetap dilarang. Toko dapat beroperasi pada kapasitas 75%. Gym akan dibuka kembali nanti.

Warga harus mendapatkan tes COVID-19 setiap 72 jam untuk naik transportasi umum dan memasuki tempat-tempat umum. Karantina ketat masih tersedia bagi siapa pun yang dites positif dan kontak dekat mereka.

China adalah satu-satunya di antara negara-negara besar yang menerapkan kebijakan “nol Covid” tanpa kompromi yang bertujuan untuk memberantas semua wabah segera setelah terjadi dengan biaya berapa pun. Masih harus dilihat apakah pengujian yang sering dapat membuat Omicron tetap terkendali.

3 dari 3 halaman

Aturan Lockdown Ketat

Todd Pearson, direktur pelaksana Camel Hospitality Group, yang mengoperasikan delapan restoran, empat bar, dan tiga pusat kebugaran di Shanghai dan Suzhou yang berdekatan, waspada.

Restorannya hanya diperbolehkan melakukan pengiriman, yang jumlahnya sekitar 5% dari pendapatan, tidak cukup untuk membayar gaji dan sewa. Setidaknya sejak tengah malam para pekerjanya yang selama ini tidur di restoran, terjebak di sana karena aturan lockdown yang ketat, akhirnya bisa pulang.

“Saya berharap mereka akan mempercepat segalanya untuk memulai kembali ekonomi,” kata Pearson. “Saya hanya berharap itu tidak mengorbankan lebih banyak wabah. Saya tidak yakin banyak bisnis atau orang-orang dapat menangani lebih banyak lagi.”

Aktivitas ekonomi di China agak pulih pada Mei dari April yang suram karena pembatasan Covid di pusat-pusat manufaktur utama secara bertahap dilonggarkan, meskipun kontrol pergerakan masih menekan permintaan dan menahan produksi.

Aktivitas pabrik berada pada level tertinggi tiga bulan di bulan Mei, tetapi mengalami kontraksi dari tahun sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.