Sukses

Blackbox Pesawat Jatuh di Nepal Berhasil Ditemukan

Kotak hitam dari pesawat yang mengalami kecelakaan pesawat di Nepal berhasil ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kotak hitam pesawat Tara Air yang jatuh di Nepal pada hari Minggu telah ditemukan, otoritas penerbangan sipil telah mengkonfirmasi kepada BBC.Tim pencari pertama kali menemukan lokasi kecelakaan pada hari Senin. 

Sisa-sisa dari semua 22 orang di dalamnya telah ditemukan sejak itu.Pesawat itu dalam penerbangan 20 menit ketika kehilangan kontak dengan kontrol lalu lintas udara lima menit sebelum mendarat. Demikian seperti dikutip dari laman BBC, Selasa (1/6/2022).

Empat orang India, dua orang Jerman, dan 16 penumpang Nepal berada di dalam pesawat itu.

"Perekam suara kokpit, juga dikenal sebagai kotak hitam pesawat telah ditemukan dari lokasi kecelakaan," kata Deo Chandra Lal Karna, juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Nepal (CAAN) kepada BBC Nepal.

"Kami sedang bersiap untuk menerbangkan kotak hitam ke Kathmandu dari helikopter." Penyelamat lokal Indra Singh Sherchan mengatakan pemandu gunung dan pejabat keamanan telah "memotong" kotak hitam dari puing-puing pesawat yang "terjebak di tebing gunung".

Pesawat yang dibuat oleh perusahaan pesawat Kanada de Havilland itu berangkat dari kota wisata Pokhara sekitar pukul 09.55 waktu setempat pada Minggu (04:10 GMT). 

Pesawat itu menuju Jomsom - situs wisata dan ziarah yang populer.

Berita itu memicu pencarian untuk pesawat dan penumpangnya, yang frustrasi oleh cuaca buruk dan medan pegunungan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Korban asal India

Empat warga negara India telah diidentifikasi sebagai keluarga dari dua orang tua yang bercerai dan dua anak mereka, yang bepergian bersama untuk liburan keluarga.Para korban India berasal dari kota Thane di negara bagian Maharashtra, menurut BBC Marathi. 

Mereka telah diidentifikasi sebagai Ashok Tripathi, 54, istrinya Vaibhavi Bandekar Tripathi, 51, dan putra mereka Dhanush dan putri Ritika Tripathi, 22 dan 15.

"Setelah perceraian, keluarga menghabiskan 10 hari bersama sesuai perintah pengadilan," inspektur polisi senior Uttam Sonawane, yang akrab dengan keluarga itu, mengatakan kepada BBC Marathi. 

"Mereka pergi berlibur setiap tahun."

"Mereka semua sangat senang dengan tur Nepal," kata Sagar Acharya, manajer tur dari perusahaan Nepal Kailash Vision Trek, yang dekat dengan keluarga tersebut.

"Kami sedang duduk di pesawat. Kami akan menelepon Anda ketika kami sampai di sana. [Itu adalah] kata-kata terakhirnya."

3 dari 3 halaman

Rekam Jejak Dunia Penerbangan di Nepal

Nepal memiliki catatan penuh kecelakaan penerbangan, sebagian karena perubahan cuaca yang tiba-tiba dan landasan terbang yang terletak di medan berbatu yang sulit diakses.

Pelatihan yang tidak memadai dan perawatan yang buruk juga mengganggu catatan keselamatan udaranya, mendorong Uni Eropa untuk melarang penerbangan semua maskapai Nepal di wilayah udaranya. 

Pada awal 2018, sebuah penerbangan AS-Bangla yang membawa 71 orang dari Dhaka di Bangladesh terbakar saat mendarat di Kathmandu, menewaskan 51 orang.

Baru-baru ini, tiga orang tewas dalam kecelakaan pesawat pada April 2019 ketika pesawat membelok dari landasan pacu dan menabrak helikopter yang tidak bergerak di Bandara Lukla - dianggap sebagai salah satu landasan pacu yang paling sulit untuk dinavigasi karena angin kencang dan ketinggian 2.845 m (9,333 kaki).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.