Sukses

Wabah Cacar Monyet Diduga Telah Menyebar di Inggris Sejak Lama

Cacar monyet yang menyebar saat ini diduga telah menyebar selama bertahun-tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Virus cacar monyet mungkin telah menyebar pada tingkat rendah di Inggris selama bertahun-tahun lalu, namun baru terdeteksi pada April 2022, menurut pejabat kesehatan. Ini adalah pertama kalinya virus terkait cacar menyebar secara lokal di luar Afrika Barat dan Tengah, di mana menjadi endemik, karena semua kasus sebelumnya di luar Afrika terkait dengan perjalanan ke luar negeri. 

Dilansir Live Science, Selasa (31/5/2022), lebih dari 200 orang di 20 negara dipastikan menderita cacar monyet pada 25 Mei, menurut laporan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC). 

Saat ini, sekitar 106 kasus adalah orang di Inggris, menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA). 

Mayoritas kasus di seluruh dunia telah diidentifikasi pada pria yang berhubungan seks dengan pria, dan para pejabat sementara melacak asal mula wabah saat ini ke dua rave, satu di Spanyol dan yang lainnya di Belgia, menurut laporan berita. 

Para pejabat sekarang menyarankan kemungkinan bahwa penularan lokal cacar monyet telah terjadi di Inggris selama dua sampai tiga tahun.

Misalnya, empat kasus cacar monyet dilaporkan di Inggris antara 2018 dan 2019 pada individu yang telah melakukan perjalanan ke Nigeria; tiga kasus lain dari perjalanan serupa dikonfirmasi di sana pada tahun 2021, The Guardian melaporkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebaran Cacar Monyet

"Secara hipotesis, penularan virus meningkat dari tingkat penularan yang rendah ini ketika secara kebetulan memasuki populasi yang saat ini meningkatkan penularan," kata Dr. David Heymann, ahli epidemiologi penyakit menular dan penasihat WHO, kepada The Guardian. 

Heymann mengatakan studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hipotesis ini.

Urutan genetik sampel virus cacar moneyat dalam wabah ini menunjukkan paling mirip dengan jenis monkeypox yang dilaporkan di Inggris, Israel, dan Singapura (dari perjalanan Afrika) pada 2018 dan 2019, kata The Guardian. 

Mutasi pada jenis saat ini dapat muncul seiring waktu karena virus menyebar pada tingkat rendah di Inggris.

Agar virus mengambil mutasi ini, virus itu pasti telah menyebar di beberapa individu.

“Kita tahu bahwa infeksi kronis bukanlah skenario yang masuk akal, dan itu berarti ada rantai penularan yang tampaknya tidak diketahui,” kata Dr. Marc Van Ranst, ahli virologi di Universitas Leuven di Belgia, kepada The Guardian.

3 dari 4 halaman

Infeksi Cacar Monyet

Infeksi cacar monyet muncul pertama kali dengan gejala seperti flu bersama dengan pembengkakan kelenjar getah bening, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC); satu sampai tiga hari setelah demam dimulai, seseorang umumnya mengembangkan ruam yang dimulai pada wajah dan menyebar ke seluruh tubuh. 

Ruam itu berubah menjadi "jerawat" berisi nanah yang berkeropeng.

Jadi bagaimana penyakit yang tampak secara visual seperti itu bisa diabaikan?

"Antara 2019 dan 2020, jika ada orang yang mengalami ruam di bagian Eropa mana pun, Anda tidak akan memikirkan cacar monyet, yang Anda pikirkan adalah penyakit lain yang menyebabkan ruam," kata Oyewale Tomori, ahli virologi dan penasihat pemerintah Nigeria, seperti dilansir The Guardian.

Jika hanya beberapa kasus yang terlewatkan, orang-orang itu kemudian dapat menyebarkan virus dengan kecepatan rendah ke orang lain, tambah Tomori.

4 dari 4 halaman

Otoritas Kesehatan Inggris Keluarkan Pedoman Baru Kendalikan Cacar Monyet

Otoritas kesehatan di Inggris mengeluarkan pedoman baru untuk mengendalikan penyebaran virus cacar monyet di negara tersebut.

Pedoman yang dikeluarkan oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) serta rekan-rekannya di Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, menetapkan langkah-langkah untuk profesional kesehatan dan masyarakat untuk mengelola penyakit dan mencegah penularan lebih lanjut sebagai "penularan komunitas terjadi di Inggris dan negara-negara lain."

Angka resmi terbaru menunjukkan, sekarang ada lebih dari 100 kasus cacar monyet monkeypox yang dikonfirmasi di Inggris, demikian dikutip dari laman Xinhua, Selasa (31/5/2022).

Secara global, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada akhir pekan ada 257 kasus yang dikonfirmasi dan 120 kasus suspek di 23 negara di mana virus tidak endemik.

Termasuk dalam pedoman baru adalah agar orang tidak melakukan hubungan seks saat bergejala cacar monyet.

"Meskipun saat ini tidak ada bukti cacar monyet dalam ekskresi genital, sebagai tindakan pencegahan, kasus disarankan untuk menggunakan kondom selama delapan minggu setelah infeksi dan panduan ini akan diperbarui saat bukti muncul," kata UKHSA.

Orang-orang yang mungkin, kemungkinan, atau dikonfirmasi monkeypox diberitahu untuk sekarang mengisolasi di rumah, jika mereka tetap cukup sehat. Kontak seseorang dengan monkeypox juga akan dinilai risikonya dan disuruh mengisolasi selama 21 hari jika perlu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.