Sukses

6 Tips Jaga Bentuk Tubuh saat Sedang Hamil, Bisa Makan Porsi Besar pada Siang Hari

Tips menjaga bentuk tubuh walaupun sedang hamil.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun bertambah berat badan selama kehamilan adalah hal yang normal, ada beberapa cara mudah untuk memastikan Anda tidak menambah berat badan terlalu banyak. Jika Anda memilih makanan sehat dan olahraga ringan namun teratur, Anda bahkan bisa mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik saat hamil.

Dilansir laman Bright Side, Selasa (31/5/2022), berikut adalah sejumlah tips untuk menjaga bentuk tubuh walaupun sedang hamil:

1. Cobalah Berguling ke Samping

Saat perut Anda semakin besar, hampir tidak mungkin untuk mencegah pemisahan otot perut. Ini terjadi karena tekanan bayi Anda yang sedang tumbuh dan semua perubahan hormonal yang dialami tubuh Anda selama kehamilan.

Meskipun pemisahan ini tidak berbahaya, hal itu dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan meninggalkan 'tonjolan', membuat perut Anda tampak lebih besar. Untuk menghindari pemisahan perut lebih lanjut, cobalah berguling ke samping ketika Anda bangun dari tempat tidur atau duduk.

2. Minum Banyak Air Putih

Minum cukup air sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap terkendali. Tetap terhidrasi sangat penting selama kehamilan karena air membantu membentuk plasenta. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Hilangkan Mindset Bisa Makan Apa Saja

Meskipun mungkin sulit untuk mengendalikan hasrat kehamilan Anda, Anda tidak boleh menggandakan asupan kalori normal Anda. Meskipun tergoda untuk berpikir Anda bisa makan apa saja hanya karena Anda hamil, Anda tetap harus menurunkan berat badan bayi setelah Anda melahirkan. Padahal, Anda hanya membutuhkan sekitar 300 kalori per hari di atas asupan normal Anda mulai dari trimester kedua kehamilan Anda.

4. Makan Porsi Besar saat Siang Hari

Kehamilan bisa melelahkan, dan dapat dimengerti mengapa Anda mungkin merasa sangat lapar di malam hari. Tetapi agar tidak menambah berat badan yang tidak perlu, lebih baik makan makanan terbesar Anda saat makan siang. Berpegang teguh pada makan siang yang sehat dan bergizi serta makan malam yang ringan dapat membantu Anda mengelola penambahan berat badan dengan mudah.

5. Sempatkan Berolahraga

Menjadi hamil tidak berarti Anda harus menghabiskan hari-hari Anda berbaring di sofa, tidak peduli seberapa menggoda kedengarannya.

Olahraga ringan dan teratur akan membantu Anda meningkatkan mood dan menjaga berat badan Anda tetap terkendali. Meskipun beberapa aktivitas, seperti basket atau yoga, tidak dianjurkan selama kehamilan, Anda dapat menikmati jalan kaki dan olahraga ringan lainnya.

3 dari 4 halaman

6. Jangan Banyak Minuman Manis

Meskipun normal untuk sesekali merasa mengidam saat kehamilan Anda, makan makanan cepat saji dan minum soda manis secara teratur tidak akan membantu kesehatan Anda. Minuman bersoda rendah nutrisi dan tinggi kalori, dan jika Anda meminumnya terlalu sering, itu bisa menyebabkan berat badan berlebih.

Tips Atasi Kaki Bengkak saat Hamil

1. Kurangi Asupan Natrium

Cara simpel pertama untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil yaitu dengan mengurangi asupan garam. Garam membuat tubuh Anda menahan kelebihan air.

Karena itu hindarilah makanan kalengan dan olahan yang tinggi natrium, serta kurangi pemakaian garam meja dalam menu makanan harian Anda. Anda bisa menggantinya dengan menggunakan penyedap alami lainnya seperti rosemary, thyme, dan oregano.

2. Meningkatkan Asupan Kalium

Kekurangan kalium bisa menyebabkan pembengkakan di kaki Anda memburuk. Kalium dipercaya dapat membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

Selain memperoleh kalium dari vitamin yang diberikan dokter, Anda juga bisa mendapatkannya dari makanan berkalium tinggi, seperti kentang, pisang, bayam, kacang-kacangan, wortel, jeruk, yogurt, dan ikan salmon.

4 dari 4 halaman

3. Kurangi Asupan Kafein

Mengonsumsi kafein sesekali pada masa kehamilan memang tidak berbahaya. Namun, jika dikonsumsi berlebihan dapat memperburuk pembengkakan pada kaki dan tidak baik untuk kesehatan janin.

Kafein bersifat diuretik, yang menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Hal tersebut membuat tubuh berpikir Anda kekurangan cairan dan menahan kelebihan cairan hingga terjadi pembengkakan.Hindari minum kopi terlalu banyak dan ada baiknya untuk mengganti dengan susu atau teh herbal untuk meningkatkan energi.

4. Minum Air Putih Lebih Banyak

Dalam sehari, setidaknya Anda perlu minum 10 gelas air putih. Hal itu bermanfaat untuk kesehatan ginjal dan menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat mencegah pembengkakan pada saat kehamilan. Anda juga bisa mencampurkan lemon atau daun mint untuk memberikan sensasi lebih nikmat saat minum air putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.