Sukses

21 Jasad Ditemukan di Lokasi Kecelakaan Pesawat di Nepal

21 jasad telah ditemukan dalam kecelakaan pesawat yang terjadi di Nepal.

Liputan6.com, Jakarta - 21 jasad telah ditemukan dari lokasi jatuhnya sebuah pesawat penumpang Nepal di daerah perbukitan terpencil di distrik Mustang Nepal, kata seorang pejabat pemerintah setempat, Senin.

"Dua puluh satu mayat telah ditemukan sementara satu masih hilang," kata Netra Prasad Sharma, kepala pejabat distrik Mustang, kepada Xinhua.

Sepuluh jasad telah dikirim ke Kathmandu dengan helikopter, kata pejabat itu.

Dilansir dari aman Xinhua, Selasa (31/5/2022), pesawat Twin Otter hilang pada Minggu pagi beberapa menit setelah lepas landas dari kota Pokhara di Nepal menuju Jomsom di distrik Mustang. Tentara Nepal, yang memimpin upaya pencarian dan penyelamatan, menemukan lokasi kecelakaan pada Senin pagi.

Sembilan belas penumpang, di antaranya 13 orang Nepal, empat orang India, dan dua orang Jerman, berada di dalam pesawat bersama tiga awak, kata Tara Air, selaku operator penerbangan.

Indra Singh Sherchan, seorang pengusaha hotel di lokasi kecelakaan, mengatakan lokasinya berada di 4.100 meter di atas permukaan laut dan jasad-jasad berserakan di sana-sini di tebing.

"Karena pesawat tidak terbakar, wajah-wajah itu dapat diidentifikasi," katanya kepada Xinhua.

Kecelakaan udara tidak jarang terjadi di Nepal karena perjalanan melalui udara merupakan pilihan ketika rute darat umumnya tidak dalam kondisi yang baik di negara pegunungan, terutama selama musim hujan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hilang Tak Lama Setelah Lepas Landas

Pesawat bermesin ganda Tara Air 9 NAET hilang kontak saat terbang dari kota wisata Pokhara, sekitar 200 km barat laut ibu kota Nepal, Kathmandu, ke Jomsom, sekitar 80 km ke barat laut. Pesawat yang berada dalam penerbangan terjadwal 15 menit tersebut kehilangan kontak tak lama setelah lepas landas pada pukul 09.55 waktu setempat.

"Pesawat itu terlihat di atas langit Jomsom di distrik Mustang dan kemudian dialihkan ke Gunung Dhaulagiri setelah itu tidak melakukan kontak," kata Kepala Pejabat Distrik Netra Prasad Sharma seperti dikutip oleh kantor berita ANI.

Pesawat tersebut mengangkut empat warga negara India dan tiga warga negara Jepang. Sisanya adalah warga negara Nepal dan pesawat tersebut ditumpangi oleh 22 penumpang termasuk awak, menurut State Television.

Menurut pejabat polisi, pesawat hilang kontak itu diduga jatuh di daerah "Titi" Lete di distrik pegunungan Mustang. Wilayah tersebut merupakan distrik terbesar kelima di negara Himalaya dan tempat ziarah Kuil Muktinath.

"Warga Titi menelepon dan memberi tahu kami bahwa mereka telah mendengar suara yang tidak biasa seperti ada ledakan. Kami mengerahkan helikopter ke lokasi untuk operasi pencarian," kata Ram Kumar Dani, DSP Kantor Polisi Distrik, Mustang kepada ANI.

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Nepal merupakan rumah bagi gunung tertinggi di dunia. Negara ini memang punya catatan kecelakaan di jaringan udara domestiknya yang luas, dengan cuaca yang berubah-ubah dan landasan terbang di lokasi pegunungan yang sulit.

Pada 2016, sebuah pesawat turboprop Twin Otter yang dioperasikan oleh Tara Air jatuh di distrik barat Myagdi, menewaskan 23 orang. Selain tiga awak, 20 penumpang, termasuk seorang warga negara China dan satu warga negara Kuwait, berada di dalam penerbangan naas tersebut.

Dikutip dari Global Liputan6.com, maskapai Tara Air masuk sebagai salah satu dari empat maskapai dengan catatan keselamatannya yang tidak bagus, berdasarkan situs Top Tenz. Menurut Aviation Safety Network, Tara Air adalah anak perusahaan dari Yeti Airlines yang berbasis di Nepal yang didirikan pada 2009.

Dalam 10 pertama operasinya, tidak kurang dari lima kecelakaan telah menimpa maskapai ini. Dua dari kecelakaan itu adalah insiden serius dan keduanya menabrak bukit atau lereng gunung, menewaskan 45 orang di dalam pesawat.

4 dari 4 halaman

Catatan Buruk

Dikutip dari Bangkok Post, Minggu (29/5/2022), industri penerbangan Nepal telah lama terganggu oleh keselamatan yang buruk karena pelatihan dan pemeliharaan yang tidak memadai. Uni Eropa telah melarang semua maskapai Nepal dari wilayah udaranya karena masalah keamanan.

Negara Himalaya tersebut juga memiliki beberapa landasan pacu paling terpencil dan rumit di dunia, diapit oleh puncak yang tertutup salju dengan pendekatan yang menimbulkan tantangan bahkan bagi pilot yang cakap. Cuaca juga dapat berubah dengan cepat di pegunungan, menciptakan kondisi terbang yang berbahaya.

Pada Maret 2018, sebuah pesawat US-Bangla Airlines jatuh di dekat bandara internasional Kathmandu yang terkenal sulit dijangkau, menewaskan 51 orang. Penerbangan dari ibu kota Bangladesh, Dhaka, mendarat darurat dan tergelincir ke lapangan sepak bola dan terbakar.

Sebanyak 20 penumpang secara ajaib lolos dari reruntuhan yang terbakar, tetapi menderita luka serius. Investigasi menemukan bahwa kapten mengalami gangguan emosional selama penerbangan, mengalihkan perhatian kopilot baru yang memenuhi syarat yang berada di kontrol ketika jatuh. Laporan itu mengatakan kontrol lalu lintas udara juga membingungkan kedua ujung landasan, tetapi menyimpulkan ini tidak berdampak pada penerbangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.