Sukses

Kunjungi Lokasi Penembakan Texas, Joe Biden Desak Penanganan Segera

Presiden AS Joe Biden mendesak penanganan penembakan di Texas.

Liputan6.com, Uvalde - Joe Biden pada hari Minggu mengunjungi Uvalde, Texas, berusaha menghibur masyarakat yang hancur oleh penembakan massal terbaru di Amerika, yang merenggut nyawa 19 anak sekolah dasar dan dua guru.

Dilansir dari laman The Guardian, Senin (30/5/2022), kunjungan tersebut menandai kunjungan presiden kedua terkait dengan pembantaian dalam waktu dua minggu setelah serangan rasis di Buffalo, New York, ketika Demokrat di Washington menawarkan harapan tentatif undang-undang reformasi senjata bipartisan di Kongres.

Masyarakat menyemangati Biden tetapi juga memanggil presiden Demokrat dan gubernur Republik Texas yang berkunjung, Greg Abbott untuk mengambil tindakan untuk membuat Amerika lebih aman bagi anak-anak mereka.

Presiden AS dan Ibu Negara Jill Biden, keduanya mengenakan pakaian hitam, memberi penghormatan di situs peringatan darurat di luar sekolah dasar Robb di Uvalde, sambil meletakkan karangan bunga putih di tengah tumpukan lilin, bunga, dan foto-foto para korban.

Biden terlihat mengulurkan tangan untuk menyentuh foto-foto anak-anak dan pada satu titik menyeka air mata dari matanya saat dia berjalan perlahan melalui tugu peringatan itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desakan Masyarakat

Warga Uvalde, Ben Gonzalez (35) memanggil para politisi dan mengatakan setelah itu dia ingin melihat perubahan pada beberapa masalah, termasuk lebih banyak undang-undang senjata, lebih banyak sumber daya untuk kesehatan mental dan untuk sekolah dan terserah pada anggota parlemen negara bagian dan federal untuk bertindak. 

“Pada titik waktu tertentu itu akan menjadi milik kami, karena kami memilih orang-orang ini untuk mewakili kami dan mereka tidak mewakili kami dan itu memilukan karena hal-hal seperti ini terjadi. Sesuatu perlu dilakukan, kita perlu perubahan, kita butuh bantuan dan ketakutan terbesar saya adalah tidak ada yang akan berubah, dan enam bulan dari sekarang Uvalde hanya akan menjadi Uvalde, itu hanya akan menjadi sejarah dan tidak akan ada yang berubah,” katanya kepada CNN.

3 dari 4 halaman

Desak Penanganan

Keluarga Biden berjalan melewati sekolah sebelum dibawa pergi dalam iring-iringan mobil kepresidenan untuk menghadiri misa di gereja Katolik setempat, tanpa membuat komentar publik.

Setelah kebaktian, Biden meninggalkan gereja dan seseorang di antara kerumunan berteriak: "Lakukan sesuatu!"

Presiden memanggil kembali: "Kami akan melakukan sesuatu."

Biden akan bergabung dengan pelayat setelah kebaktian dan, kemudian, responden pertama, ketika departemen kehakiman AS mengumumkan akan melakukan tinjauan insiden kritis terhadap tanggapan penegakan hukum terhadap penembakan itu, setelah diketahui bahwa polisi setempat telah menunggu setidaknya satu jam di luar kelas di mana pria bersenjata itu telah membarikade dirinya sendiri dan melepaskan tembakan.

Pada hari Sabtu dalam sebuah pidato di Delaware Biden menyesali "terlalu banyak kekerasan, terlalu banyak ketakutan, terlalu banyak kesedihan" dalam kekerasan senjata berulang di seluruh Amerika, yang disebutnya "tindakan kejahatan".

4 dari 4 halaman

Aturan Senjata

Kunjungan ke Texas dilakukan ketika para senator di Washington DC, menawarkan optimisme yang hati-hati atas kesepakatan legislatif tentang aturan langkah-langkah keamanan senjata skala kecil.

Pada hari Minggu, Senator Demokrat AS Chris Murphy dari Connecticut mengatakan pembicaraan yang sedang berlangsung antara Senat Demokrat dan Republik akan melibatkan kompromi di kedua sisi lorong politik.

“Saya pikir ada sesuatu yang salah di dalam jiwa negara ini ketika kami menolak untuk bertindak di tingkat nasional, menembak demi menembak,” kata Murphy kepada CBS News.

“Dan saya pikir ada peluang saat ini untuk melewati sesuatu yang signifikan. Saya telah melihat lebih banyak minat Partai Republik untuk datang dan berbicara kali ini daripada kapan pun sejak Sandy Hook,” katanya, merujuk pada penembakan massal yang menghancurkan di sebuah sekolah dasar di negara bagiannya hampir 10 tahun yang lalu yang merenggut 26 nyawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.