Sukses

Presiden Ukraina Sebut Rusia Lakukan Genosida di Negaranya

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato hariannya bahwa Rusia melakukan "jelas kebijakan genosida" terhadap Ukraina.

Liputan6.com, Kiev - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato hariannya bahwa Rusia melakukan "jelas kebijakan genosida" terhadap Ukraina, tetapi "perkembangan bencana" di Ukraina dapat dihindari "jika kekuatan dunia tidak bermain dengan Rusia, tetapi benar-benar mendesaknya untuk mengakhiri perang."

Zelensky mengatakan Rusia "menerima hampir satu miliar euro per hari dari Eropa untuk pasokan energi," sementara "Uni Eropa telah mencoba untuk menyetujui paket keenam sanksi terhadap Rusia."

Namun, dia menegaskan bahwa "Ukraina akan selalu menjadi negara merdeka dan tidak akan pecah," demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Senin (30/5/2022).

Satu-satunya pertanyaan yang tersisa, katanya, adalah "berapa harga yang harus dibayar rakyat kita untuk kebebasan mereka" dan berapa harga yang harus dibayar Rusia "untuk perang yang tidak masuk akal melawan kita ini."

Pasukan Rusia di wilayah timur laut Ukraina, yang sudah didesak kembali ke dekat perbatasan Rusia, tampaknya melancarkan serangan balasan baru, ketika perang berusia 3 bulan itu berubah menjadi apa yang oleh beberapa pejabat Barat digambarkan sebagai "sampah" tanpa akhir yang terlihat.

Pihak berwenang di kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv, mengatakan pada Kamis bahwa penembakan Rusia telah menewaskan sedikitnya tujuh warga sipil dan melukai 17 lainnya, sementara pertempuran sengit berkecamuk di utara dan timur kota itu.

Para saksi mata di Kharkiv juga melaporkan bahwa mereka mendengar ledakan berulang kali ketika pasukan Rusia tampaknya mencoba untuk membentengi posisi di utara kota itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Rusia

Pasukan Rusia di dekat Kharkiv terus didesak menjauh dari kota itu mendekati perbatasan Rusia dalam serangan balasan Ukraina awal bulan ini, tetapi para pejabat mengatakan tampaknya Moskow telah memutuskan untuk mundur.

“Terlalu dini untuk bersantai,” kata Gubernur wilayah Kharkiv Oleh Synehubov. “Musuh sekali lagi secara diam-diam menyerang penduduk sipil, meneror mereka.”

Para pejabat Rusia belum mengomentari perkembangan di dekat Kharkiv itu, meskipun media sosial militer Rusia mengklaim keberhasilan yang berkelanjutan melawan pasukan Ukraina, termasuk di wilayah Donbas.

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan Kamis bahwa meskipun ada laporan tentang meningkatnya pertempuran di sekitar Kharkiv, “tidak ada perubahan besar” di lapangan.

“Kami masih menilai bahwa pasukan Ukraina terus mendorong pasukan Rusia lebih jauh (dari kota),” kata pejabat itu, yang memberikan keterangan kepada wartawan dengan syarat anonim untuk membahas masalah intelijen.

“Jaraknya beberapa kilometer hingga lebih dari 10 kilometer di dalam perbatasan Rusia,” tambah pejabat itu.

Di bagian lain di Ukraina timur, Rusia mampu membuat apa yang disebut pejabat itu sebagai “kemajuan tambahan,” termasuk di kota Popasna dan di Sievierodonetsk, kota paling timur di bawah kendali Ukraina.

3 dari 4 halaman

Rusia Berniat Dialog untuk Longgarkan Blokade Ekspor Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada para pemimpin Prancis dan Jerman dalam panggilan telepon pada hari Sabtu bahwa Rusia bersedia membahas cara-cara untuk memungkinkan Ukraina melanjutkan pengiriman biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam, kata Kremlin.

Rusia dan Ukraina menyumbang hampir sepertiga dari pasokan gandum global, sementara Rusia juga merupakan eksportir pupuk global utama dan Ukraina adalah eksportir utama jagung dan minyak bunga matahari.

"Untuk bagiannya, Rusia siap membantu menemukan opsi untuk ekspor biji-bijian tanpa hambatan, termasuk ekspor biji-bijian Ukraina dari pelabuhan Laut Hitam," kata Kremlin sebagaimana dikutip dari MSN News, Minggu (29/5/2022).

Dikatakan dia juga memberi tahu Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz bahwa Rusia siap untuk meningkatkan ekspor pupuk dan produk pertaniannya jika sanksi terhadapnya dicabut - permintaan yang telah dia ajukan dalam percakapan dengan para pemimpin Italia dan Austria dalam beberapa hari terakhir.

Ukraina dan negara-negara Barat menuduh Rusia mempersenjatai krisis pangan yang diciptakan oleh invasinya ke Ukraina, yang telah mengirim harga biji-bijian, minyak goreng, bahan bakar dan pupuk melonjak.

Rusia telah menyalahkan situasi pada sanksi Barat terhadapnya, dan pada penambangan pelabuhan Ukraina.

Kremlin mengatakan Putin juga mengatakan Rusia bersedia melanjutkan pembicaraan dengan Ukraina.

"Perhatian khusus diberikan pada status negosiasi yang dibekukan karena Kyiv. Presiden Vladimir Putin menegaskan keterbukaan pihak Rusia untuk melanjutkan dialog," katanya.

4 dari 4 halaman

Ukraina Desak Negara Barat Jatuhkan Sanksi yang Lebih Berat terhadap Rusia

Presiden Volodymyr Zelensky mendesak Barat untuk berhenti bermain-main dengan Rusia dan menjatuhkan sanksi yang lebih keras terhadap Moskow untuk mengakhiri "perang tidak masuk akal" di Ukraina, menambahkan negaranya akan tetap independen.

Kritik Zelensky terhadap Barat telah meningkat dalam beberapa hari terakhir ketika Uni Eropa bergerak perlahan menuju kemungkinan embargo minyak Rusia dan ketika ribuan pasukan Rusia mencoba mengepung dua kota timur utama Sievierodonetsk dan Lysychansk.

Tiga bulan setelah invasinya ke Ukraina, Rusia telah meninggalkan serangannya di ibukota Kyiv dan berusaha untuk mengkonsolidasikan kontrol atas wilayah industri Donbas timur, di mana ia telah mendukung pemberontakan separatis sejak 2014.

Analis militer Barat melihat pertempuran untuk Sievierodonetsk dan Lysychansk sebagai titik balik potensial dalam perang setelah pergeseran momentum menuju Rusia setelah penyerahan garnisun Ukraina di Mariupol pekan lalu.

"Ukraina akan selalu menjadi negara merdeka dan tidak akan rusak. Satu-satunya pertanyaan adalah berapa harga yang harus dibayar rakyat kita untuk kebebasan mereka, dan berapa harga yang akan dibayar Rusia untuk perang yang tidak masuk akal ini terhadap kita," kata Zelensky dalam pidato larut malam pada hari Kamis, seperti dikutip dari MSN News, Sabtu (28/5/2022).

"Peristiwa bencana yang sedang berlangsung masih bisa dihentikan jika dunia memperlakukan situasi di Ukraina seolah-olah menghadapi situasi yang sama, jika kekuatan yang ada tidak bermain-main dengan Rusia tetapi benar-benar ditekan untuk mengakhiri perang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.