Sukses

Pelaku Bersenjata Api Bunuh 50 Orang di Burkina Faso, Diduga Ulah Ekstremis

Sekitar 50 orang tewas oleh penyerang bersenjata di Burkina Faso timur, kata pihak berwenang pada hari Kamis.

Liputan6.com, Ouagadougou - Sekitar 50 orang tewas oleh penyerang bersenjata di Burkina Faso timur, kata pihak berwenang pada hari Kamis.

Daerah itu telah berjuang dengan kekerasan ekstremis Islam tetapi tidak segera jelas siapa yang berada di balik serangan terbaru.

Para korban adalah penduduk komune pedesaan Madjoari, menurut Kolonel Hubert Yameogo, gubernur Wilayah Timur.

Mereka melakukan perjalanan ke sebuah kota di komune terdekat Pama, yang dekat dengan perbatasan negara itu dengan Benin dan Togo. Mereka berusaha melarikan diri dari blokade yang dibuat oleh ekstremis.

"Orang-orang dicegat dan dieksekusi oleh para teroris," kata seorang korban selamat kepada kantor berita AFP. "Semua yang tewas adalah laki-laki."

Pihak berwenang mengatakan tentara mengamankan daerah itu tetapi tidak ada rincian lebih lanjut tentang para pelaku yang diberikan.

Militan yang memiliki hubungan dengan al-Qaida dan kelompok Negara Islam (IS) telah membuat terobosan ke sebagian besar Burkina Faso dalam beberapa tahun terakhir, sebagai bagian dari pemberontakan yang lebih luas di seluruh wilayah Sahel yang bergolak di Afrika Barat.

Selama dekade terakhir, kekerasan telah meningkat, yang mengakibatkan pembunuhan ribuan warga sipil setiap tahun.

Madjoari melihat dua serangan lainnya bulan ini, dengan satu membunuh 17 warga sipil dan satu lagi menewaskan 11 tentara.

Presiden Burkina Faso digulingkan dalam kudeta pada Januari setelah anggota angkatan bersenjata menyatakan kemarahan atas memburuknya serangan militan. Namun, tingkat kekerasan tetap tinggi.

Awal bulan ini, delapan tentara tewas dan 13 lainnya terluka di negara tetangga Burkina Faso, Togo, mungkin serangan mematikan pertama di negara itu oleh militan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

41 Orang Tewas Akibat Serangan Kelompok Teror di Burkina Faso

41 orang dilaporkan tewas dalam penyergapan yang dilakukan oleh teroris bersenjata terhadap kelompok pejuang sipil dari the homeland defense volunteers (VDP), di Provinsi Lorum utara Burkina Faso.

Insiden mengerikan tersebut dikonfirmasi oleh juru bicara pemerintah Alkassoum Maiga dalam sebuah pernyataan, demikian dikutip dari laman Xinhua, Senin (27/12/2021).

Menurut sumber yang sama, identifikasi para korban masih dilakukan oleh gendarmerie nasional.

Pemerintah mengutuk keras kebiadaban ini, dan presiden telah menetapkan berkabung nasional 48 jam pada hari Minggu dan Senin.

Keamanan di Burkina Faso telah memburuk sejak 2015, dengan serangan teroris telah menewaskan lebih dari 1.000 orang.

Kekerasan juga telah membuat lebih dari satu juta orang mengungsi di negara Afrika Barat itu.

 

3 dari 3 halaman

Korban Tewas Serangan Kelompok Militan Bersenjata Burkina Faso Jadi 53, 49 Polisi

Korban tewas dari serangan akhir pekan oleh tersangka militan terhadap gendarmerie atau polisi militer di Burkina Faso utara telah meningkat menjadi 53, kata pemerintah setempat pada Rabu 17 November 2021.

Serangan itu adalah salah satu yang paling mematikan terhadap pasukan pertahanan dan keamanan negara Afrika Barat sejak kekerasan militan pecah enam tahun lalu, seperti dilansir dari The Guardian, Kamis (18/11/2021).

Orang-orang bersenjata yang bepergian dengan truk pikap dan sepeda motor menyerang gendarmerie Inata di dekat perbatasan Mali sebelum fajar pada hari Minggu 14 November, yang menyebabkan bentrokan berlarut-larut, kata sumber keamanan pada hari yang sama.

Pada Senin 15 November, jumlah korban tewas dilaporkan sebanyak 32 orang. Namun, juru bicara pemerintah, Ousseni Tamboura mengatakan Rabu bahwa total 53 orang tewas, 49 polisi dan empat warga sipil.

“Untungnya, kami menemukan 46 polisi hidup”, katanya setelah rapat kabinet.

Sumber lokal mengatakan bahwa sekitar 150 polisi ditempatkan di fasilitas di Inata, yang berarti jumlah korban masih bisa meningkat lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.