Sukses

Detik-Detik Hilangnya Anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz saat Berenang di Swiss

Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dilaporkan tenggelam saat berenang di Bern, Swiss.

Liputan6.com, Bern - Anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikabarkan hilang ketika berenang di Sungai Aare yang berlokasi di Bern, Swiss. Sungai itu memang tempat wisata air yang cukup populer.

Insiden yang menimpa putra Ridwan Kamil pada 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss. Berdasarkan keterangan pihak keluarga, Emmeril Khan Mumtad (Eril) sedang di Swiss untuk mencari kampus S2. 

Eril dikabarkan terbawa arus sungai tersebut. 

"Kronologisnya Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," ujar perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, dikutip Jumat (27/5/2022).

Tim SAR setempat masih mencari tubuh Eril, namun setelah berjam-jam belum ditemukan. Tim memutuskan untuk menyetop pencarian untuk sementara, dan melanjutkannya pada pagi hari. Saat  berita ini ditulis, Swiss masih sekitar jam 03.00 pagi. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dikabarkan telah menyusul ke Swiss dan bertemu pihak keluarga.

"Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmeril," ujar Elpi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Sudah Tiba di Swiss

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah tiba di Swiss setelah mengetahui anaknya, Emmiril Khan Mumtadz, hilang usai terseret arus sungai Aare, Bern, Swiss.

Ridwan Kamil juga telah bertemu dengan keluarganya di Swiss. Emmiril sendiri berada di Swiss untuk mencari sekolah karena dia akan melanjutkan ke jenjang S2 atau pascasarjana.

Emmiril atau yang akrab disapa Eril diketahui terseret arus sungai ketika sedang berenang pada Kamis (26/5/2022) siang waktu setempat.

Saat peristiwa itu terjadi, Ridwan Kamil tengah berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

Hingga berita ini ditayangkan, Eril masih belum ditemukan oleh tim SAR dan pihak berwenang di Swiss. Pada 26 Mei 2022 setelah enam jam, pencarian dihentikan karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan keesokan paginya.

Emmeril Khan Mumtadz merupakan anak Ridwan Kamil yang pertama dari istrinya, Atalia Praratya. 

Ridwan Kamil dan keluarga juga berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmiril.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19, Bantu Mereka yang Belum

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.