Sukses

Berapa Rata-rata Jumlah Kata yang Diucapkan Manusia dalam Satu Menit?

Tahukah Anda berapa jumlah kata yang rata-rata diucapkan oleh seseorang dalam satu menit?

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai makhluk yang terus melakukan aktivitas dan terlibat dengan satu sama lain, tentu kita perlu berbicara.

Permasalahannya, tahukah Anda berapa jumlah kata yang rata-rata diucapkan oleh seseorang dalam satu menit?

Pertama, itu tergantung pada jenis pembicaraan yang Anda lakukan: presentasi, percakapan biasa, dan lain-lain.

Tetapi bahkan ketika Anda membaginya ke dalam kategori terpisah, perkiraan kata per menit sangat bervariasi.

Jika Anda berbicara santai dengan seorang teman, beberapa sumber mengklaim bahwa Anda mungkin mengatakan antara 100 dan 130 kata per menit, sementara yang lain menyebutkan kisaran 120 hingga 150 kata.

Menurut perusahaan pelatihan pidato profesional Sukses Berbicara, pidato percakapan biasanya di 150-180 rata-rata, demikian dikutip dari laman Mentalfloss, Rabu (25/5/2022).

Berapa pun rata-rata kecepatan bicara percakapan, umumnya disepakati bahwa presentasi harus diucapkan lebih lambat dari itu.

Situs Improve Podcast memperkirakan bahwa rata-rata orang berbicara antara 100 dan 150 kata per menit.

Tapi sebuah pidato cukup sering diberikan pada kecepatan yang lebih cepat.

Kemudian VirtualSpeech menghitung angka pada lima pembicaraan TED populer dengan berbagai panjang dan menemukan bahwa tingkat berbicara sebenarnya turun antara 154 (disampaikan oleh Brené Brown) dan 201 (Tony Robbins) kata per menit, dengan rata-rata 173 wpm.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beda Profesi Beda Jumlahnya

Secara keseluruhan, narator buku audio, pembawa acara radio, dan podcaster seharusnya berbicara sedikit lebih cepat daripada saat mengobrol biasa.

Jumlahnya, sekitar 150 hingga 160 kata per menit. Seseorang yang bekerja di agen lelang berada di kelas mereka sendiri, mencatat sekitar 250 kata per menit.

Dan komentator, yang perlu mengikuti permainan cepat, bahkan mungkin melebihi juru lelang.

Tetapi ketika berbicara tentang pembicara tercepat dari semuanya, tidak ada yang pernah melakukannya lebih baik daripada Sean Shannon, yang memegang Rekor Dunia Guinness untuk 'pembicara tercepat.'

Pada tahun 1995, Shannon melafalkan pidato 260 kata 'To be or not to be' dari Hamlet Shakespeare dalam 23,8 detik—yang menghasilkan 655 kata per menit.

3 dari 4 halaman

Lomba Makan Cepat Berujung Kematian

Bicara soal cepat, pada Mei 2016, KFC mensponsori kontes makan ayam yang diadakan secara serentak di 239 outlet KFC di Jawa dan Bali.

Kontes diadakan dengan sistem eliminasi, pemenangnya pada tingkat final akan memperebutkan uang senilai Rp 5 Miliar.

Peserta pada babak penyisihan harus makan tiga sayap ayam dalam waktu kurang dari lima menit. Fredy Jayadi, (54), adalah salah satu kontestan dalam kontes makan yang diadakan di KFC di Jakarta Barat.

Setelah dia memakan sayap ayam ketiga, Jayadi mulai tersedak. Segelas airpun tak mampu menyelamatkannya. Karyawan restoran dengan cepat membawanya ke rumah sakit. Tetapi, Jayadi tak bisa diselamatkan.

Lomba Makan Sosis

Selain itu ada lomba makan sosis berujung petaka. Banyak yang menuntut bahwa penyelenggara festival seharusnya bertanggung jawab atas kematian seorang pria setelah ikut lomba tersebut.

Kejadian itu berlangsung pada Oktober 2013 di Desa Berka, Rumania. Acara itu bernama Festival Sosis Plescoi dan telah memasuki musim ke-6.

Dalam lomba itu, peserta diminta tak hanya makan. Namun, mengisi mulut mereka dengan sosis sebanyak-banyaknya. Kala itu, seorang pria berusia 60 tahun jadi pemenangnya.

Saat hendak menerima hadiah, ia diminta maju ke depan menuju atas panggung. Namun, baru beberapa langkah ke panggung ia pingsan dan mengalami kesulitan bernapas. Pria itupun dilaporkan tewas akibat terlalu banyak menyumpal sosis hingga ke tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Lomba Makan Kue

Pada November 2008, di Gurgaon, sebuah kota di barat daya New Delhi, India utara, karyawan di kantor Nokia Siemens Networking ikut serta dalam kompetisi makan kue yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Salah satu kontestan, Saurav Sabbarwal (22) mulai merasa sakit selama kompetisi dan pergi ke kamar mandi akibat terlalu banyak makan kue.

Ketika dia tidak kembali, rekan kerjanya pergi mencarinya. Mereka menemukan Saurav Sabbarwal pingsan tak sadarkan diri.

Dr. Sushum Sharma, mengatakan bahwa kue-kue yang masuk ke tenggorokan Sabberwal yang mengakibatkan kematiannya. Perwakilan dari Nokia Siemens Networking menolak untuk berbicara tentang kematian Sabbarwal.

Lomba Makan Donat

Sementara itu, Voodoo Donut di Denver, Colorado mensponsori kontes makan donat di mana para peserta harus makan satu piring besar donat dalam 80 detik.

Travis Malouff yang berusia 42 tahun, adalah salah satu kontestan dalam kompetisi tersebut. Ketika dia mulai tersedak selama acara, para penonton mencoba membantu, tetapi tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana melakukan upaya pertolongan.

Paramedis dipanggil ke tempat di mana Malouff dinyatakan meninggal. Dia meninggal karena asfiksia karena penyumbatan jalan napas. Sejak itu, Voodoo Donut telah menangguhkan tantangan makan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.