Sukses

Joe Biden Siap Pasang Badan Bela Taiwan dari China

Joe Biden bersedia menggalang dukungan pada perjalanan pertamanya ke Asia sejak menjabat sebagai oposisi AS terhadap ketegasan China yang tumbuh di seluruh kawasan.

Liputan6.com, Tokyo - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa dia akan bersedia menggunakan kekuatan untuk membela Taiwan.

Selain itu, bersedia menggalang dukungan pada perjalanan pertamanya ke Asia sejak menjabat sebagai oposisi AS terhadap ketegasan China yang tumbuh di seluruh kawasan.

Komentar Biden tampaknya merupakan penyimpangan dari kebijakan AS yang disebut punya pandangan ambiguitas strategis pada posisinya ke pulau yang diperintah China sebagai wilayahnya.

Ketika ditanya oleh seorang reporter di Tokyo apakah Amerika Serikat akan membela Taiwan jika diserang oleh China, presiden menjawab: "Ya."

"Itulah komitmen yang kami buat. Kami setuju dengan kebijakan satu China. Kami telah menandatanganinya dan semua perjanjian yang dimaksudkan dibuat dari sana. Tetapi gagasan bahwa itu dapat diambil dengan paksa, diambil oleh kekuatan, tidak, tidak tepat."

Dia menambahkan bahwa itu adalah harapannya bahwa peristiwa seperti itu tidak akan terjadi atau dicoba.

Sementara Washington diwajibkan oleh undang-undang untuk memberi Taiwan sarana membela diri.

AS dinilai telah lama mengikuti kebijakan "ambiguitas strategis" tentang apakah akan campur tangan secara militer untuk melindungi Taiwan jika terjadi serangan China.

Biden membuat komentar serupa tentang membela Taiwan pada Oktober lalu. Saat itu, juru bicara Gedung Putih mengatakan bahwa Biden tidak mengumumkan perubahan apa pun dalam kebijakan Amerika Serikat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan Kebijakan AS?

Pada Senin (23/5), seorang pejabat Gedung Putih mengatakan bahwa tidak ada perubahan dalam kebijakan AS terhadap Taiwan.

"Seperti yang dikatakan Presiden, kebijakan kami tidak berubah," kata pejabat Gedung Putih, yang menolak disebutkan namanya.

“Dia mengulangi Kebijakan One China Policy dan komitmen kami untuk perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Dia juga menegaskan kembali komitmen kami di bawah Undang-Undang Hubungan Taiwan untuk memberi Taiwan sarana militer untuk mempertahankan diri.”

Kekhawatiran tentang kekuatan China yang semakin besar dan kemungkinan bahwa China dapat menyerang Taiwan telah menguatkan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Partai Demokrat Liberal yang berkuasa di bidang pertahanan, mengikis beberapa kewaspadaan tradisional di antara banyak orang Jepang tentang mengambil postur pertahanan yang lebih kuat.

3 dari 4 halaman

Joe Biden Tiba di Jepang, Warga Tokyo Demo Turun ke Jalan

Presiden Amerika Serikat Joe Biden tiba di Jepang pada Minggu (22/5) ketika sekitar 750 pengunjuk rasa turun ke jalan menentang KTT AS-Jepang yang direncanakan dan KTT Dialog Keamanan Quad.

Serangkaian pertemuan dijadwalkan selama kunjungan tiga hari Joe Biden ke Jepang, setelah perjalanannya ke Korea Selatan, termasuk pertemuan puncak kelompok Quad yang melibatkan Jepang, Australia, dan India, di mana Amerika Serikat diperkirakan akan membahas Ekonomi Indo-Pasifik. Kerangka (IPEF).

Namun, opini publik Jepang tampaknya tidak terlalu mendukung IPEF, demikian dikutip dari laman Xihua, Senin (23/5/2022).

Media Jepang melaporkan bahwa IPEF tidak memiliki konten khusus seperti pengurangan tarif, sehingga tidak dapat membawa manfaat ekonomi yang terlihat bagi anggota yang berpartisipasi.

Takakage Fujita, direktur jenderal kelompok sipil yang didedikasikan untuk menegakkan dan mengembangkan Pernyataan Murayama, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Xinhua bahwa Amerika Serikat telah menyiapkan IPEF untuk menggunakan Jepang dan negara-negara ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) untuk keuntungan.

Fujita mengatakan bahwa jika AS benar-benar ingin mengejar perdamaian dan pembangunan di Asia, ia harus mengikuti pendekatan yang terkoordinasi dan bersahabat serta menghasilkan ide-ide ekonomi yang layak.

Pada Minggu sore, sekitar 750 orang turun ke jalan-jalan di Tokyo untuk berdemonstrasi menentang KTT Amerika Serikat-Jepang yang akan datang dan KTT kelompok Quad.

Pihak berwenang Tokyo meningkatkan keamanan dan kontrol lalu lintas, dengan mengerahkan sekitar 18.000 petugas polisi.

4 dari 4 halaman

Sebelumnya ke Korea Selatan

Selama berkampanye dalam pemilihan presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol berjanji untuk membuka jalan yang jelas dalam dilema negaranya yang sudah berlangsung lama tentang bagaimana menyeimbangkan hubungan dengan Amerika Serikat dan China.

Dengan dua negara adidaya global yang berdesak-desakan untuk supremasi ekonomi dan militer di Asia, kandidat Partai Kekuatan Rakyat yang konservatif berjanji untuk secara tegas memihak sekutu keamanannya AS, bahkan jika itu mempertaruhkan hubungan perdagangan penting Korea Selatan dengan China. Demikian seperti dikutip dari laman Al Jazeera, Kamis (19/5/2022). 

Yoon mengatakan dia akan memperluas kehadiran sistem pertahanan rudal AS yang disebut THAAD di Korea Selatan, yang memicu sanksi tidak resmi yang mahal terhadap barang dan budaya Korea Selatan oleh China dan memicu hubungan yang membeku selama bertahun-tahun.

Hanya beberapa minggu setelah menjabat pada 10 Mei, Yoon akan melihat kesetiaannya diuji di halaman belakangnya sendiri pada hari Jumat, ketika Presiden AS Joe Biden mengunjungi Seoul sebagai bagian dari perjalanan ke Asia yang juga mencakup Jepang, sekutu AS lainnya.

Kunjungan Biden dilakukan ketika perdagangan global menghadapi tekanan dari lebih dari dua tahun pandemi COVID-19 dan gangguan pada rantai pasokan energi dan makanan akibat perang Rusia terhadap Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.