Sukses

Pasukan Ukraina Antisipasi Serangan Militer dari Perbatasan Belarus, Perang Meluas?

Pasukan Ukraina telah membangun garis pertahanan baru di sepanjang perbatasan utara negara itu yang sebelumnya tidak dibentengi dengan Belarus di tengah tanda-tanda serangan lain.

Liputan6.com, Kiev - Pasukan Ukraina telah membangun garis pertahanan baru di sepanjang perbatasan utara negara itu yang sebelumnya tidak dibentengi dengan Belarus di tengah tanda-tanda serangan lain.

Pasukan Rusia menginvasi Ukraina melalui perbatasan Belarusia pada bulan Februari ketika mereka mencoba untuk merebut ibukota, Kyiv, demikian seperti dikutip dari the Guardian, Minggu (22/5/2022).

Pada 10 Mei, panglima militer Belarus, Viktor Gulevich, mengumumkan pengerahan pasukan dan peralatan khusus Belarusia sebagai tanggapan atas apa yang ia gambarkan sebagai "ancaman selatan" dari Ukraina dan NATO. Belarus telah melakukan latihan militer di perbatasannya dengan Ukraina sejak awal Mei.

Presiden Belarusia, Aleksandr Lukashenko, telah menjadi sekutu terdekat Rusia dalam perangnya di Ukraina. Pada hari Selasa, Lukashenko mendesak aliansi militer yang dipimpin Rusia, Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, yang bertemu di Moskow, untuk tetap bersatu di Ukraina dan menuduh barat memperpanjang konflik.

The Guardian diberi akses ke posisi perbatasan Ukraina dengan syarat tidak mengungkapkan lokasi yang tepat atau nama keluarga ukraina yang bertarung untuk militer.

Di hutan di sepanjang perbatasan Belarusia, unit pertahanan teritorial Ukraina yang terdiri dari pejuang antara usia 19 dan pertengahan 60-an, sedang menjaga jaringan parit dan posisi yang dibangun sejak invasi Februari.

Sebelum Februari, sebagian besar perbatasan Ukraina dengan Belarus terdiri dari pos pemeriksaan kecil seperti kios yang dilewati tank-tank Rusia dengan mudah. Dua hari setelah invasi, Ukraina menutup semua penyeberangan perbatasannya dengan Belarus dan Rusia.

Dalam analisis mereka tentang ancaman dari Belarus, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pekan lalu bahwa kehadiran pasukan Belarusia di perbatasan mungkin akan mencegah Ukraina mengerahkan operasi dukungan di front Donbas-nya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dipersenjatai Senapan Serbu AK-47

Dipersenjatai dengan AK47 dan beberapa lusin orang per posisi, para pejuang berharap perbatasan Belarusia tidak akan digunakan oleh pasukan penyerang lagi.

"Kami akan berada di penggorengan," canda Vova, seorang pria yang mengajukan diri untuk bertarung di Donbas pada tahun 2014 dan berada di tentara Soviet. Vova mendaftar untuk bertarung bersama saudaranya, Ihor, dan putra saudaranya, Maksym, pada hari kedua perang.

"Mereka mengambil 500 orang pertama dalam antrian hari itu, tetapi ada lebih dari 800 dari kami," kata Ihor, duduk di antara saudara laki-lakinya dan putranya di barak darurat dekat perbatasan.

"Saya punya hipertensi, dia punya hipertensi, dia menggunakan insulin," kata Ihor, menunjuk sekeliling ruangan pada pria paruh baya dan pensiunan. "Dan kemudian bagian lain dari unit ini adalah orang-orang muda seperti Maksym."

Ihor dan Maksym sedang bekerja di sebuah lokasi konstruksi di Kyiv pada pagi hari invasi. Mereka bergegas kembali ke wilayah Zhytomyr, tempat keluarga mereka tinggal, untuk mendaftar. Unit pertahanan teritorial di Ukraina terdiri dari orang-orang yang bertempur di wilayah yang sama dengan tempat tinggal mereka.

 

3 dari 3 halaman

Pasukan Sipil

Para pria dan beberapa wanita di unit itu mengatakan beberapa dari mereka saling mengenal sejak sebelum perang. Dalam hampir setiap kasus lain, hanya ada beberapa derajat pemisahan.

"Dalam beberapa kasus, rasanya seperti, 'Oh, nenekmu mengenal kakek saya, mungkin kita saudara laki-laki'," kata Ihor, yang menambahkan bahwa berkelahi di antara orang-orang dari wilayahnya sendiri memberinya rasa tugas dan motivasi yang besar. Daftar ke Edisi Pertama, buletin harian gratis kami – setiap pagi hari kerja pukul 07:00 BST

Unit itu mengatakan mereka tidak memiliki cadangan unit artileri berat, tetapi mereka beruntung memiliki geografi lokal di pihak mereka. Jalan-jalan sempit sepanjang bermil-mil yang mengarah ke bawah dari perbatasan dikelilingi oleh hutan lebat yang menutupi tanah yang dalam dan berawa.

"Tidak ada yang pernah berhasil menguasai wilayah ini karena alasan itu," kata Ihor, sekretaris pers militer unit itu, berbicara tentang pertempuran di sekitar perbatasan utara selama perang dunia kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.