Sukses

Perkenalkan Anthony Albanese, Calon Perdana Menteri Australia yang Baru

Anthony Albanese akan menjadi perdana menteri Australia berikutnya setelah memimpin Partai Buruh meraih kemenangan pemilu pertamanya dalam lebih dari satu dekade.

Liputan6.com, Canberra - Anthony Albanese akan menjadi perdana menteri Australia berikutnya setelah memimpin Partai Buruh meraih kemenangan pemilu pertamanya dalam lebih dari satu dekade.

Salah satu politisi terlama di negara itu, ia menjanjikan para pemilih "perubahan yang aman" ketika ia bekerja untuk mengusir koalisi Liberal-Nasional konservatif yang telah berkuasa sejak 2013, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (22/5/2022).

Di mana Perdana Menteri Scott Morrison yang digulingkan adalah "buldoser", Albanese bersumpah untuk menjadi "pembangun".

Setelah pandemi, yang membuat negara-negara bagian Australia terputus satu sama lain dan kota-kota terpecah oleh penguncian ketat, mendorong persatuan adalah prioritas utama bagi pemimpin baru.

"Saya ingin menyatukan warga Australia. Saya ingin mencari tujuan bersama dan mempromosikan persatuan dan optimisme, bukan ketakutan dan perpecahan," katanya dalam pidato kemenangan pada Sabtu malam.

Albanese telah mendapatkan reputasi sebagai pembela sistem perawatan kesehatan gratis Australia, seorang advokat untuk komunitas LGBT, seorang republikan, dan penggemar liga rugby yang bersemangat.

Pria berusia 59 tahun - dijuluki Albo - dibesarkan di perumahan sosial oleh seorang ibu tunggal yang hidup dengan uang pensiun disabilitas. Dia sering mengutip pendidikannya sebagai dasar untuk keyakinan progresifnya.

Albanese percaya ayahnya telah meninggal sebelum dia lahir, tetapi sebagai seorang remaja dia mengetahui ibunya sebenarnya telah hamil dengan seorang pria yang sudah menikah - yang kemungkinan besar masih hidup - saat bepergian di Eropa.

Tiga dekade kemudian ia melacak Carlo Albanese, terbang ke Italia untuk bertemu ayahnya untuk pertama kalinya, dan saudara tirinya.

Albanese mengatakan ibunya, Maryanne Ellery, bertekad untuk memastikan dia memiliki peluang yang tidak pernah dia lakukan. Dengan dukungannya, ia menjadi yang pertama di keluarganya untuk menyelesaikan sekolah dan pergi ke universitas.

Dia mengatakan menciptakan dunia yang lebih baik untuk putranya sendiri, Nathan, adalah inspirasi di balik kehidupan publiknya. Albanese berpisah dari istrinya selama 19 tahun pada 2019 tetapi pasangannya Jodie Haydon bergabung dengannya di jalur kampanye.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anggota Parlemen Selama 25 Tahun

Albanese telah menjadi pemimpin Partai Buruh selama tiga tahun, mengambil alih setelah kekalahan mengejutkan dari pendahulunya Bill Shorten pada 2019.

Tapi dia telah menjadi pendukung Partai Buruh sejak usia 20-an.

Dia bekerja di politik federal dan negara bagian sebelum dia terpilih pada hari ulang tahunnya yang ke-33 ke kursi sydney dalam kota pada tahun 1996.

Pada tahun 2007, ketika Partai Buruh berkuasa di bawah Kevin Rudd, Albanese menjadi menteri infrastruktur dan transportasi.

Dia tetap menjadi tokoh berpengaruh ketika partai memasuki periode yang penuh gejolak setelah menggantikan Rudd dengan Julia Gillard pada tahun 2010.

Ketika Rudd merebut kembali jabatan perdana menteri pada tahun 2013, dukungan Albanese membuatnya diangkat menjadi wakil perdana menteri. Namun dia hanya memegang posisi itu selama 10 minggu karena Partai Buruh kalah dalam pemilihan.

Albanese kemudian mengajukan diri untuk menjadi ketua partai. Meskipun populer di kalangan anggota partai peringkat-dan-file, saingan Bill Shorten memiliki lebih banyak dukungan di antara anggota parlemen dan mendapat pekerjaan itu, menjadi pemimpin oposisi Australia.

Tetapi waktu Albanese akhirnya tiba pada 2019, setelah Shorten kalah dalam dua pemilihan dan digulingkan sebagai pemimpin Partai Buruh.

 

3 dari 4 halaman

PM Australia Berikutnya

Albanese telah menjadi suara utama faksi kiri Partai Buruh, tetapi sejak menjadi pemimpin ia telah memposisikan dirinya lebih ke arah pusat.

Menjelang pemilihan, dia bersusah payah untuk membuktikan bahwa dia "tidak bangun" - sebuah seruan bagi pemilih yang lebih konservatif yang meninggalkan partai pada jajak pendapat 2019.

Ini termasuk mengembalikan dukungannya terhadap kebijakan aksi iklim yang lebih agresif sambil meningkatkan retorika yang lebih keras tentang China dan keamanan nasional.

Dia juga mendukung kebijakan kontroversial Australia untuk mengembalikan pencari suaka yang tiba dengan perahu - sesuatu yang pernah dia lawan secara terbuka.

Albanese telah mengalami transformasi fisik dalam beberapa tahun terakhir, menurunkan berat badan dan memulai debutnya di lemari pakaian baru, memuji kecelakaan mobil pada tahun 2021 sebagai panggilan bangun.

Dia tetap setia pada akar Buruhnya, bagaimanapun, dalam menjanjikan pengeluaran besar untuk sektor perawatan lansia yang bermasalah di negara itu, pengasuhan anak yang lebih murah, dan menghidupkan kembali industri manufaktur.

Partai Buruh telah berjanji untuk mengadakan referendum tentang mengabadikan dalam konstitusi suara pribumi ke Parlemen - sebuah badan penasihat yang akan memberi orang Aborigin dan Torres Strait Islander peran dalam membentuk kebijakan yang mempengaruhi mereka.

Albanese membuka pidato kemenangannya dengan mengulangi janji ini.

 

4 dari 4 halaman

Janji Sang PM Baru

Janji utamanya yang lain adalah tidak meninggalkan orang Australia - merujuk pada asuhannya sendiri.

"Ini mengatakan banyak tentang negara besar kita bahwa seorang putra dari seorang ibu tunggal yang merupakan pensiunan cacat, yang dibesarkan di perumahan umum... Bisa berdiri di hadapan Anda malam ini sebagai Perdana Menteri Australia."

"Saya ingin Australia terus menjadi negara yang di mana pun Anda tinggal, siapa yang Anda sembah, siapa yang Anda cintai atau apa nama belakang Anda, yang tidak membatasi perjalanan Hidup Anda.

"Saya berharap bahwa perjalanan saya dalam hidup menginspirasi orang Australia untuk meraih bintang-bintang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.