Sukses

Mengapa Alien Tidak Pernah ke Bumi? Ini Jawaban Para Ahli dan Ilmuwan

Mengapa umat manusia tidak pernah dikunjungi oleh alien (yang kita ketahui)?

Liputan6.com, Jakarta - Mengapa umat manusia tidak pernah dikunjungi oleh alien (yang kita ketahui)?

Pertanyaan itu telah membingungkan para ilmuwan selama beberapa dekade, tetapi dua peneliti telah menemukan penjelasan yang mungkin: peradaban maju dapat ditakdirkan untuk mandek atau mati sebelum mereka mendapatkan kesempatan berkunjung ke Bumi.

Hipotesis baru menunjukkan bahwa, ketika peradaban penjelajah antariksa tumbuh dalam skala dan perkembangan teknologi, mereka akhirnya mencapai titik krisis di mana inovasi tidak lagi mengikuti permintaan energi. Apa yang terjadi selanjutnya adalah keruntuhan.

Satu-satunya jalan alternatif adalah menolak model "pertumbuhan pantang menyerah" yang mendukung menjaga keseimbangan, tetapi dengan mengorbankan kemampuan peradaban untuk memperluas bintang-bintang, kata para peneliti seperti dikutip dari MSN News, Minggu (22/5/2022).

Argumen, yang diterbitkan pada 4 Mei di jurnal Royal Society Open Science, mencoba untuk menemukan resolusi untuk Fermi Paradox.

Mengambil namanya dari diskusi makan siang santai fisikawan pemenang Hadiah Nobel Enrico Fermi, paradoks ini menarik perhatian pada kontradiksi antara ruang lingkup dan usia alam semesta yang sangat besar - dua hal yang menunjukkan alam semesta harus penuh dengan kehidupan alien yang maju - dan kurangnya bukti bahwa makhluk luar angkasa ada di mana saja yang terlihat. "Jadi di mana semua orang?" Fermi diduga telah berkomentar.

Para peneliti dari studi baru mengatakan mereka mungkin memiliki jawabannya.

"Peradaban runtuh dari kelelahan atau mengarahkan diri mereka untuk memprioritaskan homeostasis, keadaan di mana ekspansi kosmik tidak lagi menjadi tujuan, membuat mereka sulit dideteksi dari jarak jauh," astrobiologis Michael Wong, dari Carnegie Institution for Science, dan Stuart Bartlett, dari California Institute of Technology, menulis dalam penelitian ini.

"Entah hasil - kebangkitan homeostatik atau keruntuhan peradaban - akan konsisten dengan tidak adanya peradaban [galaksi-lebar] yang diamati."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hipotesis

Kedua ilmuwan itu sampai pada hipotesis mereka dengan meneliti studi tentang pertumbuhan kota-kota "superlinier".

Studi-studi menunjukkan bahwa kota-kota meningkatkan ukuran dan konsumsi energi pada tingkat eksponensial ketika populasi mereka tumbuh, pasti mengarah ke titik krisis - atau singularitas - yang menyebabkan kecelakaan pertumbuhan yang cepat, diikuti oleh keruntuhan yang bahkan lebih terjal, berpotensi mengakhiri peradaban.

"Kami berhipotesis bahwa begitu peradaban planet bertransisi menjadi negara yang dapat digambarkan sebagai satu kota global yang hampir terhubung, ia akan menghadapi 'kelelahan tanpa gejala,' krisis akhir di mana skala waktu interval singularitas menjadi lebih kecil dari skala waktu inovasi," tulis mereka.

Peradaban yang hampir runtuh ini akan menjadi yang paling mudah dideteksi oleh umat manusia, para peneliti menyarankan, karena mereka akan menghilangkan sejumlah besar energi dengan cara yang "sangat tidak berkelanjutan".

"Ini menyajikan kemungkinan bahwa banyak deteksi awal manusia tentang kehidupan di luar bumi mungkin dari jenis yang cerdas, meskipun belum bijaksana," tulis para peneliti.

3 dari 4 halaman

Homeostatik

Untuk mencegah malapetaka mereka, peradaban dapat mengalami "kebangkitan homeostatik," mengalihkan produksi mereka dari pertumbuhan tak terbatas di seluruh bintang ke yang memprioritaskan kesejahteraan masyarakat, pembangunan berkelanjutan dan adil dan harmoni dengan lingkungan mereka, para peneliti menyarankan.

Sementara peradaban semacam itu mungkin tidak sepenuhnya meninggalkan eksplorasi ruang angkasa, mereka tidak akan memperluas skala yang cukup besar untuk melakukan kontak dengan Bumi.

Para peneliti menunjuk pada beberapa "kebangkitan mini" umat manusia yang mengatasi krisis global di Bumi, seperti pengurangan persediaan senjata nuklir global dari 70.000 hulu ledak menjadi di bawah 14.000; penghentian lubang yang pernah tumbuh di lapisan ozon Bumi dengan melarang emisi klorofluorokarbon; dan moratorium penangkapan ikan paus internasional tahun 1982.

Para ilmuwan menekankan, bagaimanapun, bahwa saran mereka hanyalah hipotesis, yang diambil dari pengamatan hukum yang tampaknya mengatur kehidupan di Bumi, dan dirancang untuk "memprovokasi diskusi, introspeksi dan pekerjaan di masa depan."

 

4 dari 4 halaman

Tidak Ada Kontak Langsung

Proposal mereka bergabung dengan banyak saran ilmiah dan populer lainnya mengapa kami tidak pernah melakukan kontak langsung dengan pengunjung langit.

Ini termasuk banyak tantangan praktis yang disajikan oleh perjalanan antarbintang; bahwa alien mungkin benar-benar mengunjungi secara rahasia; atau bahwa alien tiba ke Bumi terlalu cepat (atau manusia terlalu dini) dalam kehidupan alam semesta untuk kontak langsung.

Hipotesis lain, yang diterbitkan 4 April di The Astrophysics Journal, menunjukkan bahwa skala alam semesta yang tipis berarti bisa memakan waktu selama 400.000 tahun untuk sinyal yang dikirim oleh satu spesies maju untuk diterima oleh yang lain - skala waktu yang jauh lebih besar daripada periode singkat manusia telah mampu memindai langit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.