19 Mei 2018: Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Kastil Windsor

Oleh Tanti Yulianingsih pada 19 Mei 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 06:00 WIB
Foto Resmi Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle
Perbesar
Dalam foto yang dirilis Istana Kensington pada 21 Mei 2018, memperlihatkan foto pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Windsor Castle, Inggris. Harry dan Meghan berfoto bersama anggota keluarga kerajaan. (Alexi Lubomirski/Kensington Palace via AP)

Liputan6.com, London - Empat tahun yang lalu pada 19 Mei 2018, janji suci antara Pangeran Harry dan Meghan Markle dikukuhkan. Keduanya menjadi suami-istri dalam upacara sakral di Kastil Windsor, Inggris.

Kala itu seorang pangeran yang tampak emosional dan pengantinnya yang tersenyum bertukar sumpah dan cincin di depan Ratu Inggris dan 600 tamu di Kapel St George.

Seperti dikutip dari BBC, Meghan Markle yag mengenakan gaun putih dengan aksen boat-neck karya desainer Inggris Clare Waight Keller, berjalan menyusuri lorong bersama Pangeran Charles.

Di altar, Pangeran Harry mengatakan kepada Meghan: "Kamu terlihat luar biasa."

Setelah kebaktian, pasangan - yang kemudian dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex - berciuman di depan para simpatisan di tangga kapel.

Ribuan anggota masyarakat muncul di bawah sinar matahari yang cerah untuk melihat mereka berkendara di sekitar Windsor dengan kereta kuda.

Kemudian, Pangeran Harry menuju ke resepsi mereka dengan Jaguar biru perak 1968 yang telah diubah menjadi tenaga listrik, dengan plat nomor yang merujuk pada tanggal pernikahaan - E190518.

Para tamu pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle termasuk Oprah Winfrey, George dan Amal Clooney, David dan Victoria Beckham dan Sir Elton John, yang kemudian tampil di resepsi pernikahan.

Tak Dihadiri Ayah Meghan Markle

Pangeran Charles mengantar Markle menyusuri lorong, setelah ayahnya, Thomas, tidak dapat hadir karena alasan kesehatan.

Ayah Meghan Markle yang berusia 73 tahun, dilaporkan menyaksikan upacara dari California. Dia mengatakan kepada situs web selebritas AS, TMZ: "Bayi saya terlihat cantik dan sangat bahagia."

Ibu Meghan Markle, Doria Ragland, tinggal bersama putrinya semalaman sebelum menemaninya ke kapel.

Mengenakan gaun Oscar de la Renta hijau pucat, dengan topi, Nyonya Ragland yang tampak emosional duduk sendirian di sisi pengantin wanita di kapel selama beberapa waktu.

Saat para saksi dipanggil untuk menandatangani surat pencatatan nikah, Nyonya Ragland tampaknya menerima uluran tangan dari Pangeran Charles dengan sedikit lega.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tiara Pinjaman Ratu Inggris hingga Dobrak Tradisi dengan Cincin Kawin

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Perbesar
Pangeran Harry dan Meghan Markle saat resmi mengikat janji suci pernikahan. (Ben STANSALL / AFP)

Gaun Meghan Markle dirancang oleh Waight Keller untuk rumah mode Prancis Givenchy.

Yang paling mencolok adalah tiara berlian, yang dipinjamkan kepadanya oleh Ratu Inggris, dan kerudung sutra sepanjang lima meter yang disulam dengan bunga dari setiap negara di Persemakmuran.

Pangeran Harry dan saudara laki-laki serta pendampingnya, Duke of Cambridge, mengenakan mantel seragam Blues and Royals.

Dia diberi izin khusus dari Ratu untuk menjaga janggutnya yang pendek karena merupakan kebiasaan untuk dicukur bersih saat mengenakan seragam Angkatan Darat.

10 pengiring pengantin perempuan dan laki-laki muda - termasuk Pangeran George dan Putri Charlotte - hadir dalam acara tersebut. Namun, kegembiraan menjadi terlalu besar bagi salah satu anak yang lebih kecil, yang mulai menangis tepat sebelum Markle memasuki kapel.

 

Dalam sumpahnya, Meghan Markle tidak berjanji untuk "mematuhi" suaminya, sementara sang pangeran telah melanggar tradisi kerajaan dengan memilih untuk memakai cincin kawin.

Cincin Pangeran Harry terbuat dari platinum dengan sentuhan akhir bertekstur, sementara cincin Meghan Markle terbuat dari sepotong emas Welsh.


600 Tamu Diundang Resepsi

Pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Jonathan Brady / POOL / AFP)
Perbesar
Pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Jonathan Brady / POOL / AFP)

Semua 600 tamu diundang ke resepsi makan siang di St George's Hall, yang diselenggarakan oleh Ratu. Pengiring penganti laki-laki, Duke of Cambridge, bertindak sebagai pengantar acara tersebut.

Para tamu disuguhi pertunjukan oleh Sir Elton John dan disajikan canape langoustine, domba Windsor, dan makaroni sampanye dan pistachio. Alih-alih makan malam formal, makanan disajikan dalam mangkuk.

Resepsi juga termasuk pemotongan kue pengantin rasa lemon dan bunga elder.

Tamu Suhani Jalota, pendiri yayasan amal Myna Mahila yang berbasis di India, mengatakan Elton John melakukan "konser mini". Dia menambahkan bahwa pidato Pangeran Wales dan pengantin pria "indah", "Beberapa orang bahkan menangis."

Memposting di Instagram, David Beckham berkata: "Melihat Harry bahagia seperti dia membuat kita semua bangga dengan pria dan pribadi seperti dulu... hari yang luar biasa."

Selebritas lain yang hadir adalah bintang tenis Serena Williams, tokoh TV James Corden, penyanyi James Blunt, aktris Carey Mulligan dan mantan pemain rugby Inggris Jonny Wilkinson.

Paman Pangeran Harry, Earl Spencer; Duchess of York, Sarah Ferguson; dan saudara perempuan Duchess of Cambridge, Pippa Middleton, juga diundang.

Politikus, termasuk Perdana Menteri Theresa May, tidak diundang, karena ini bukan acara kenegaraan. Namun mantan Perdana Menteri Inggris, Sir John Major - wali khusus untuk urusan hukum Pangeran William dan Harry setelah kematian ibu mereka - termasuk di antara tamu undangan.

 


1.200 Anggota Masyarakat Diundang

[Fimela] Potret Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle
Perbesar
(Alexi Lubomirski/Kensington Palace/AFP)

Sekitar 1.200 anggota masyarakat - banyak yang dikenal karena pekerjaan amal mereka - diundang ke halaman Kastil Windsor untuk merayakan pernikahan Harry-Meghan.

Di antara mereka adalah Leonora Ncomanzi yang berusia 13 tahun, yang sangat gembira ketika dia mendapat lambaian dari pengantin wanita.

"Meghan melambai padaku! Ketika dia berada di kereta, dia melihatku dan melambai - kami merekamnya di video," katanya.

Dan Pamela Anomneze, berusia 50-an, mengatakan itu adalah "perasaan yang luar biasa" untuk melihat sekilas Ratu.

Pada Sabtu malam, pengantin baru itu merayakan dengan 200 teman dekat dan keluarga di resepsi pribadi kurang dari satu mil dari Kastil Windsor di Frogmore House, yang diselenggarakan oleh Pangeran Charles.

Markle mematahkan tradisi untuk pengantin kerajaan dan berpidato di acara tersebut.

Keluarga Kerajaan akan membayar untuk pernikahan, termasuk layanan, musik, bunga, dan resepsi.


Kekuatan dalam Cinta

Pernikahan Meghan Markle - Pangeran Harry.
Perbesar
Pernikahan Meghan Markle - Pangeran Harry. (Steve Parsons / POOL / AFP)

Layanan pernikahan menggabungkan tradisi Inggris dengan modernitas dan warisan Afro-Amerika pengantin wanita.

Uskup Agung Michael Curry, presiden Gereja Episkopal AS, memberikan pidato, Rt Rev David Conner, Dean Windsor, memimpin kebaktian dan Uskup Agung Canterbury, Rev Justin Welby, meresmikan.

"Ada kekuatan, kekuatan dalam cinta," kata Uskup Curry, yang diundang untuk berbicara oleh Meghan Markle.

"Jika kamu tidak percaya, pikirkan saat pertama kali kamu jatuh cinta. Seluruh dunia sepertinya berpusat di sekitarmu dan kekasihmu."

Dalam pidato yang berapi-api dan penuh semangat, dia juga merujuk lagu spiritual Afro-Amerika Down by the Riverside, yang dinyanyikan oleh para budak, dan ketika dia menyadari bahwa dia telah berbicara terlalu lama, dia mengatakan kepada pendengarnya bahwa dia sebaiknya mengakhirinya sebagai "kita harus membuat kalian semua menikah!"

Berbicara setelah itu, Uskup Curry mengatakan itu adalah "hal yang menyenangkan" untuk melihat keragaman dalam upacara, menambahkan: "Itu terjadi hari ini, dengan cara yang berbeda, lagu yang berbeda, perspektif yang berbeda, dunia yang berbeda dan semuanya datang bersama dan mengucap syukur kepada Tuhan. "

Lady Jane Fellowes, adik mendiang ibunda Pangeran Harry, Diana, Princess of Wales, memberikan bacaan dari Kidung Agung.

Karen Gibson dan The Kingdom Choir menampilkan lagu soul klasik Ben E King, Stand By Me selama kebaktian.

Saat pengantin menandatangani surat pencatatan nikah, pemain cello berusia 19 tahun Sheku Kanneh-Mason - yang memenangkan Young Musician BBC 2016 - menampilkan tiga lagu oleh Faure, Schubert dan Maria Theresia von Paradis.

Dia ditemani oleh musisi dari BBC National Orchestra of Wales, English Chamber Orchestra dan Philharmonia.

Paduan suara Injil juga membawakan versi Amen/This Little Light of Mine versi Etta James yang membangkitkan semangat saat pengantin baru meninggalkan kapel.

Setelah kebaktian, sang duke dan duchess melakukan perjalanan melalui Windsor di sepanjang rute yang dipagari oleh puluhan ribu simpatisan.

Royal Borough of Windsor and Maidenhead mengatakan lebih dari 100.000 orang mengunjungi kota itu pada hari Sabtu, yang merupakan hari pernikahan Harry-Meghan.

 

 

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur
Perbesar
Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya