Sukses

Pertama Kali dalam 74 Tahun, Gedung Biru Korea Selatan Akhirnya Dibuka untuk Umum

Gedung Biru Korea Selatan dibuka untuk publik.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak orang Korea Selatan, bekas istana kepresidenan di Seoul adalah area yang jarang dikunjungi dan dijaga ketat. Namun, tempat itu sekarang berubah karena ribuan orang telah diizinkan melihat ke dalam untuk pertama kalinya dalam 74 tahun.

Sebagai salah satu tindakan pertamanya, pemimpin Korea Selatan yang baru telah memindahkan kantor kepresidenan dari Gedung Biru, dinamai sesuai dengan genteng birunya yang khas, dan membuka gerbangnya untuk umum, memungkinkan maksimal 39.000 orang per hari untuk berkunjung.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Rabu (18/5/2022), kompleks yang biasanya serius telah diubah menjadi sesuatu seperti pekan raya, dengan kerumunan yang bersemangat melihat sekeliling dan berdiri dalam antrian panjang.

"Saya merasa bersyukur bahwa Blue House telah dibuka untuk umum," kata pekerja kantor berusia 61 tahun Lee Sang Woon baru-baru ini selama tur bersama keluarganya. "Saya sangat senang berada di sini."

The Blue House telah melalui beberapa transformasi selama bertahun-tahun. Dulunya merupakan situs taman kerajaan, Jepang membangun kediaman resmi untuk gubernur jenderal mereka di sana selama pemerintahan kolonial Tokyo di Semenanjung Korea. Setelah Korea dibebaskan dari Jepang pada tahun 1945, komandan militer AS menduduki tempat itu sampai menjadi kantor kepresidenan resmi Korea Selatan dan tempat tinggal di atas dasar negara pada tahun 1948.

Pembukaan Gedung Biru adalah bagian dari janji baru Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol untuk meninggalkan istana dan mendirikan kantornya di kompleks Kementerian Pertahanan di distrik Yongsan, sekitar 5 km jauhnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pindah Kantor

Yoon mengatakan dia memilih kompleks Kementerian Pertahanan karena sudah dilengkapi dengan fasilitas komando terkait keamanan. Dia mengatakan dia bertujuan untuk membangun sesuatu yang mirip dengan Gedung Putih di Washington yang akan membuat warga melihat lebih dekat gedung di atas pagar. Yoon mengatakan kantor baru akan memungkinkan komunikasi yang lebih baik dengan publik.

Namun, rencana relokasinya menghadapi keluhan bahwa mereka terburu-buru dan tidak realistis. Para kritikus mengatakan gerakan tergesa-gesa dari kantor-kantor pemerintah dapat merusak keamanan nasional dengan memusatkan terlalu banyak kekuasaan di satu tempat, menghabiskan terlalu banyak biaya dan melanggar hak milik orang-orang yang tinggal di daerah tersebut.

Pendahulunya, Moon Jae-in, juga mengungkapkan kekhawatirannya bahwa Yoon membuat keputusannya sebelum mendengar cukup banyak opini publik.

Ketika Moon menjabat pada tahun 2017, dia juga berjanji untuk pindah dalam upaya untuk menjauhkan diri dari pendahulunya yang dipenjara, Park Geun-hye, yang tumbuh di sana sebagai putri seorang diktator. Moon akhirnya membatalkan rencananya, dan Park diampuni akhir tahun lalu.

3 dari 4 halaman

Gebrakan Presiden Baru

Yoon, bagaimanapun, memulai hari pertamanya awal bulan ini sebagai presiden di Yongsan, dan kantor mantan presiden dibuka untuk umum pada hari yang sama.

Choi Jun Chae, 60, yang menjalankan pabrik di pasar tradisional dekat Blue House, menyesal melihat kantor kepresidenan meninggalkan lingkungannya tetapi juga berharap relokasi itu akan meningkatkan bisnis lokal dengan mendatangkan lebih banyak turis.

“Di bawah pemerintahan (mantan Presiden) Lee Myung-bak, ada banyak protes ... jadi sangat sulit untuk bepergian ke daerah ini. Mobil tidak bisa bergerak, jadi saya harus berjalan,” kata Choi.

 

 

4 dari 4 halaman

Demonstrasi di Masa Lalu

Ribuan orang telah berkumpul di dekat Gedung Biru di masa lalu untuk demonstrasi massal dan pawai. Warga sekitar mengatakan mereka menderita kebisingan dan kemacetan lalu lintas.

“Saya berharap protes berkurang dan lebih banyak orang mengunjungi daerah itu,” kata Yoo Sung-jong, kepala toko roti populer di lingkungan itu. “Tapi (presiden) sudah lama di sini, jadi agak sedih juga.”

Sementara beberapa orang di lingkungan presiden baru mengharapkan perbaikan karena kantor baru, ada juga kekhawatiran.

“Untuk masalah lalu lintas, saya sudah bisa melihat lebih banyak orang berkunjung ke sini. Ini akan menjadi sangat ramai dan rumit pada awalnya, tetapi saya pikir secara bertahap akan menjadi lebih baik," kata Kim Jung-taek, pemilik galeri di dekat kantor kepresidenan yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.