Sukses

Ukraina Klaim Pasukannya Pukul Mundur Pasukan Rusia di Kharkiv

Ukraina mengatakan pada Senin 16 Mei 2022 bahwa pasukannya telah memukul mundur pasukan Rusia di wilayah Kharkiv, dalam serangan balasan yang memungkinkan pasukan Ukraina mencapai perbatasan Rusia.

Liputan6.com, Kiev - Ukraina mengatakan pada Senin 16 Mei 2022 bahwa pasukannya telah mendorong mundur pasukan Rusia di wilayah Kharkiv, dalam serangan balasan yang memungkinkan pasukan Ukraina mencapai perbatasan Rusia.

Mengutip VOA Indonesia, Senin (16/5/2022), Kementerian pertahanan Ukraina mengunggah video yang menunjukkan apa yang dikatakan pasukannya di perbatasan. Seorang tentara memberi tahu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, “Kami di sini.”

Kendati demikian sejauh ini belum ada konfirmasi tentang perkembangan tersebut.

Setelah memukul mundur Rusia di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, pasukan Ukraina telah merebut kembali wilayah di sana dan berusaha mendorong Rusia dari Izyum. Sementara negara itu berfokus pada wilayah Donbas di Ukraina timur.

"Kremlin bermimpi merebut Kiev, Kharkiv dan Odesa, serta setidaknya wilayah Donetsk dan Luhansk," kata penasihat Zelenskyy, Mykhailo Podolyak, di Twitter, Senin 16 Mei.

Sementara itu, Zelenskyy mengatakan dalam pidato video pada Minggu 15 Mei malam bahwa Ukraina sedang mempersiapkan serangan baru Rusia di Donbas dan Ukraina selatan.

Peringatan dari Rusia

Sebelumnya, Rusia memperingatkan pada Senin tentang "konsekuensi luas" jika Finlandia dan Swedia bergabung dengan aliansi militer NATO.

Kantor berita Rusia mengutip Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov yang mengatakan "tingkat ketegangan militer secara umum akan meningkat," dan bahwa keamanan Finlandia dan Swedia tidak akan membaik.

Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin mengumumkan upaya menjadi anggota NATO pada Minggu 15 Mei di istana presiden di Helsinki.

Swedia juga diperkirakan akan bergabung dengan aliansi itu, mengakhiri dua abad nonblok militer. Partai yang berkuasa di Swedia Minggu membatalkan tentangannya.

Proses masuknya kedua negara Nordik menjadi anggota NATO kemungkinan akan cepat. Sekjen NATO Jens Stoltenberg dalam beberapa hari terakhir mengatakan bahwa mereka akan disambut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kala Banjir Buatan Ukraina Jadi Penyelamat dari Invasi Rusia

Sebelumnya, banjir yang melanda desa kecil di Ukraina telah menyelamatkan para warganya dari invasi Rusia.

"Banjir yang disengaja di sebuah desa kecil di utara Kiev, yang menciptakan rawa dan menenggelamkan ruang bawah tanah dan ladang, tetapi mencegah serangan Rusia di ibu kota, sepadan dengan pengorbanannya," kata para penduduk seperti dikutip dari The Business Standard, Senin (16/5/2022).

Pasukan Ukraina membuka bendungan di awal perang di Demydiv, menyebabkan Sungai Irpin membanjiri desa dan ribuan hektar di sekitarnya. Langkah tersebut, sejak itu dianggap berhasil menghentikan tentara dan tank Rusia menerobos garis Ukraina.

"Tentu saja, itu bagus," kata Volodymyr Artemchuk, seorang warga Demydiv yang berusia 60 tahun.

"Apa yang akan terjadi jika mereka (pasukan Rusia) .... mampu menyeberangi sungai kecil dan kemudian pergi ke Kiev?"

Lebih dari sepertiga dari beberapa ladang terendam banjir, kata Oleksandr Rybalko, 39 tahun.

Sekitar dua bulan kemudian, orang-orang di desa kecil Ukraina itu masih menghadapi dampak banjir, menggunakan perahu karet untuk bergerak dan menanami lahan kering yang tersisa dengan bunga dan sayuran.

Anak-anak dibiarkan dengan lahan basah untuk digunakan sebagai taman bermain.

Invasi Rusia, sekarang di bulan ketiga, telah merenggut ribuan nyawa warga sipil, membuat jutaan orang Ukraina melarikan diri dan membuat kota menjadi puing-puing.

Moskow menyebut tindakannya sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata Ukraina dan melindunginya dari fasis. Sementara Ukraina dan Barat mengatakan tuduhan fasis tidak berdasar dan bahwa perang adalah tindakan agresi yang tidak beralasan.

Selama akhir pekan, Rusia menyerang posisi di timur Ukraina pada hari Minggu, berusaha untuk mengepung pasukan Ukraina dalam pertempuran untuk Donbas.

3 dari 4 halaman

Ukraina Kirim Ratusan Jasad Tentara Rusia Pakai Kereta, Pesan untuk Moskow?

Sementara itu, jasad-jasad tentara Rusia yang tewas di Ukraina dibawa ke lapangan dekat rel kereta di luar ibu kota Kiev dan dikumpulkan bersama ratusan jasad lain dalam gerbong kereta berpendingin, sambil menunggu waktu untuk dipulangkan ke keluarga mereka.

"Sebagian besar dari mereka dibawa dari wilayah Kiev, sebagian dari wilayah Chernihiv dan beberapa dari wilayah lain," kata Volodymyr Lyamzin, kepala penghubung sipil-militer, kepada Reuters sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (15/5/2022).

Sejumlah petugas berpakaian pelindung putih terlihat mengangkat kantong-kantong jasad ke dalam gerbong.

Dia mengatakan gerbong-gerbong berpendingin yang ditempatkan di seluruh Ukraina juga digunakan untuk tujuan serupa.

Meskipun belum ada perkiraan yang tepat tentang banyaknya korban dari pihak Rusia, suasana yang direkam oleh Reuters memberikan gambaran pahit tentang "harga yang harus dibayar" Presiden Vladimir Putin sejak dia memerintahkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari.

Sehari sebelumnya, militer Ukraina merilis foto-foto udara tentang sisa-sisa kendaraan lapis baja Rusia yang terbakar dan terbengkalai setelah tertangkap saat berusaha menyeberangi sebuah sungai di wilayah Donbas, medan pertempuran utama.

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan Ukraina itu, tapi kementerian pertahanan Inggris mengatakan sebuah jembatan ponton dan sebagian batalion lapis baja telah dihancurkan di Sungai Siverskyi Donets, saat pasukan Rusia berusaha menerobos pertahanan di kawasan lain di Donbas.

"Kami telah memasuki fase perang baru yang panjang," kata Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov dalam unggahan di Facebook. Dia memperkirakan "pekan-pekan yang sangat berat" ketika Ukraina akan sendirian melawan "agresor yang murka". 

4 dari 4 halaman

Perang Ukraina Menimbulkan Ketakutan akan Penyelundupan Senjata Berskala Global

Presiden Biden diperkirakan akan menandatangani paket bantuan keamanan senilai $ 40 miliar yang akan meningkatkan aliran rudal, roket, artileri dan drone ke Ukraina yang dilanda perang.

Tetapi yang masih belum jelas adalah kemampuan Washington untuk melacak senjata-senjata kuat saat mereka memasuki salah satu pusat perdagangan senjata terbesar di Eropa, demikian seperti dikutip dari MSN News, Minggu (15/5/2022).

Pasar senjata ilegal Ukraina telah menggelembung sejak invasi awal Rusia pada tahun 2014, didukung oleh surplus senjata longgar dan kontrol terbatas pada penggunaannya.

Kenyataan yang tidak nyaman bagi Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya ini terjadi di tengah permohonan mendesak dari Presiden Volodymyr Zelensky untuk menyediakan artileri yang diperlukan untuk melawan pasukan Rusia di timur dan selatan negara itu.

Seruan pemimpin Ukraina dikreditkan dengan menyatukan anggota parlemen DPR di balik permintaan pendanaan terbaru dalam pemungutan suara bipartisan 368 banding 57 pada hari Selasa.

Tetapi masuknya senjata yang belum pernah terjadi sebelumnya telah memicu kekhawatiran bahwa beberapa peralatan dapat jatuh ke tangan musuh-musuh Barat atau muncul kembali dalam konflik yang jauh - selama beberapa dekade mendatang.

"Tidak mungkin untuk melacak tidak hanya ke mana mereka semua pergi dan siapa yang menggunakannya, tetapi bagaimana mereka digunakan," kata Rachel Stohl, seorang ahli kontrol senjata dan wakil presiden di Stimson Center.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan Amerika Serikat telah melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap unit-unit Ukraina yang dipasoknya sambil memaksa Kyiv untuk menandatangani perjanjian yang "tidak mengizinkan transmisi ulang peralatan ke pihak ketiga tanpa otorisasi pemerintah AS sebelumnya."

Tetapi cara untuk menegakkan kontrak semacam itu relatif lemah - dan dibuat lebih lemah oleh sejarah kepatuhan campuran Washington sendiri, baru-baru ini bulan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.