Sukses

Afrika Selatan Alami Lonjakan Kasus COVID-19 Akibat Varian Omicron

Afrika Selatan mengalami gelombang baru infeksi Virus Corona COVID-19 akibat Omicron.

Liputan6.com, Jakarta - Afrika Selatan mengalami lonjakan kasus baru COVID-19 yang didorong oleh dua sub-varian Omicron, menurut pakar kesehatan.

Selama sekitar tiga minggu, negara itu telah mengalami peningkatan jumlah kasus baru akibat Virus Corona COVID-19 dan tingkat rawat inap yang agak lebih tinggi, tetapi tidak ada peningkatan kasus dan kematian yang parah, kata Profesor Marta Nunes, seorang peneliti di Analisis Vaksin dan Penyakit Menular di Rumah Sakit Chris Hani Baragwanath di Soweto. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (16/5/2022).

“Kami masih sangat awal dalam periode peningkatan ini, jadi saya tidak ingin menyebutnya gelombang,” kata Nunes. “Kami melihat sedikit, peningkatan kecil dalam rawat inap dan sangat sedikit kematian.”

Kasus baru Afrika Selatan telah meningkat dari rata-rata 300 per hari pada awal April menjadi sekitar 8.000 per hari minggu ini. Nunes mengatakan jumlah kasus baru sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi karena gejalanya ringan dan banyak yang sakit tidak dites.

Gelombang baru Afrika Selatan berasal dari dua Varian Omicron, BA.4 dan BA.5, yang tampak sangat mirip dengan strain asli Omicron yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan dan Botswana akhir tahun lalu dan menyebar ke seluruh dunia.

“Mayoritas kasus baru berasal dari dua jenis ini. Mereka masih Omicron ... tetapi secara genomik agak berbeda, ”kata Nunes. Versi baru tampaknya dapat menginfeksi orang yang memiliki kekebalan dari infeksi dan vaksinasi COVID sebelumnya tetapi umumnya menyebabkan penyakit ringan, katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tingkat Vaksinasi

Di Afrika Selatan, 45 persen orang dewasa telah divaksinasi lengkap, meskipun sekitar 85 persen populasi diperkirakan memiliki kekebalan tertentu berdasarkan paparan virus di masa lalu.

“Sepertinya vaksin masih melindungi dari penyakit parah,” kata Nunes.

Nunes mengatakan bahwa strain BA.4 dan BA.5 dari Omicron telah menyebar ke negara-negara lain di Afrika selatan dan beberapa negara Eropa, tetapi terlalu dini untuk mengatakan apakah mereka akan menyebar ke seluruh dunia, seperti yang dilakukan Omicron.

Peningkatan kasus COVID-19 akan datang ketika Afrika Selatan memasuki bulan-bulan musim dingin yang lebih dingin di Belahan Bumi Selatan dan negara itu mengalami peningkatan kasus flu.

Di sebuah pusat pengujian di daerah Chiawelo, Soweto, banyak orang datang untuk dites COVID-19 tetapi ternyata mereka terkena flu.

"Sekarang kita sedang musim flu ... jadi ini flu versus COVID-19," kata Magdeline Matsoso, manajer lokasi di pusat vaksinasi Chiawelo. Dia mengatakan orang-orang datang untuk pengujian karena mereka memiliki gejala COVID-19.

3 dari 4 halaman

Punya Gejala

“Ketika kami melakukan tes, Anda menemukan bahwa mayoritas dari mereka negatif COVID-19 tetapi mereka memiliki gejala flu,” kata Matsoso.

"Jadi mereka berobat flu lalu pulang karena mayoritas terkait flu dan bukan COVID-19."

Vuyo Lumkwani adalah salah satu dari mereka yang datang untuk diuji.

“Saya tidak merasa baik ketika saya bangun pagi ini. Saya bangun dengan badan sakit, sakit kepala, tersumbat (hidung), pusing, jadi saya memutuskan untuk datang ke sini, "katanya.

“Saya takut dengan gejala saya karena saya pikir itu mungkin COVID-19, tetapi saya mengatakan pada diri sendiri bahwa saya akan baik-baik saja karena saya telah divaksinasi,” kata Lumkwani. Dia mengaku lega didiagnosis flu dan disarankan untuk pulang dengan beberapa obat dan istirahat.

4 dari 4 halaman

Hoaks Soal COVID-19

Memberantas informasi palsu atau hoaks tentang virus corona COVID-19 dan vaksin masih menjadi tantangan di Afrika. Hal disampaikan oleh peneliti senior di Research ICT Africa, Anri van der Spuy.

Menurut van der Spuy, Afrika Sub-Sahara memiliki populasi 1,1 miliar dan, rata-rata sekitar 30%, penggunaan internet tiga kali lebih tinggi daripada satu dekade lalu.

Van der Spuy mengatakan, hoaks tentang COVID-19 yang beredar di Afrika di antaranya yakni, klaim bahwa orang kulit hitam tidak dapat tertular COVID-19 atau dapat disembuhkan dengan uap atau pengobatan tradisional seperti teh herbal.

"Dari sisi regulasi sangat bermasalah," kata van der Spuy dikutip dari theguardian.com, Kamis (5/5/2022).

Ia juga mendesak, platform media sosial untuk serius memerangi informasi palsu atau hoaks di seluruh dunia, termasuk di Afrika.  

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.