Sukses

10 Orang Tewas dalam Penembakan di Sebuah Supermarket di New York

Insiden penembakan di sebuah supermarket New York menewaskan 10 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Sepuluh orang tewas dalam penembakan di negara bagian New York yang sedang diselidiki sebagai kejahatan kebencian bermotif rasial.

Seorang pria berusia 18 tahun ditahan setelah bentrok di tempat kejadian di kota Buffalo.

Dilansir BBC, Minggu (15/5/2022), polisi belum menyebutkan namanya.

Tersangka memasuki supermarket yang sibuk pada Sabtu sore sebelum melepaskan tembakan. Dia menggunakan kamera untuk melakukan streaming serangan secara online, kata polisi.

FBI menggambarkan penembakan itu sebagai tindakan "ekstremisme kekerasan".

"Kami sedang menyelidiki insiden ini baik sebagai kejahatan kebencian dan kasus ekstremisme kekerasan bermotivasi rasial," Stephen Belongia, agen yang bertanggung jawab atas kantor FBI Buffalo, mengatakan pada konferensi pers.Tersangka diyakini telah berkendara selama beberapa jam untuk mencapai wilayah kota yang didominasi kulit hitam. 

Tiga belas orang ditembak dan sebagian besar korban berkulit hitam, kata Komisaris Polisi Buffalo Joseph Gramaglia.

Tiga korban luka - yang semuanya bekerja di supermarket - tidak mengalami luka yang mengancam jiwa.Seorang pensiunan polisi yang bekerja sebagai penjaga keamanan di supermarket mencoba menembak tersangka tetapi termasuk di antara mereka yang tewas.

Tersangka membawa senapan bertenaga tinggi dan mengenakan pelindung tubuh serta helm, kata polisi. Dia menyerahkan senjatanya setelah ketegangan sebelum ditahan.Dia telah didakwa di pengadilan dengan pembunuhan tingkat pertama, kata Jaksa Wilayah Erie John Flynn kemudian. Dia menambahkan bahwa tuduhan lebih lanjut masih dapat diajukan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bermotif Rasial

Berbicara kepada CBS, seorang sumber polisi menuduh bahwa pria itu telah meneriakkan hinaan rasial selama serangan itu.

"Ini adalah mimpi buruk terburuk yang dapat dihadapi komunitas mana pun dan kami terluka, kami sedang bergolak sekarang," kata Wali Kota Buffalo Byron Brown kepada wartawan. 

"Kita tidak bisa membiarkan orang yang penuh kebencian ini memecah komunitas atau negara kita," tambahnya.

Grady Lewis, yang menyaksikan serangan itu dari seberang jalan, mengatakan kepada media lokal bahwa dia melihat pria itu melepaskan tembakan. 

"Saya melihat orang itu masuk, bergaya tentara, membungkuk, hanya menembaki orang-orang," katanya.

Shonnell Harris, yang bekerja di toko selama serangan itu, mengatakan kepada Buffalo News bahwa dia mendengar lebih dari 70 tembakan saat dia berlari untuk melarikan diri dari gedung melalui pintu belakang.

"Toko itu penuh. Saat itu akhir pekan," katanya. "Rasanya seperti mimpi buruk."

3 dari 3 halaman

Pelaku Penembakan

Menggambarkan akibat dari serangan itu, seorang petugas polisi mengatakan kepada Buffalo News: "Ini seperti berjalan ke film horor, tapi semuanya nyata. Ini seperti Armageddon".

Kemudian pada hari Sabtu, Gubernur New York Kathy Hochul mengatakan tersangka adalah "supremasi kulit putih yang telah terlibat dalam aksi terorisme". 

Ini adalah "eksekusi gaya militer yang menargetkan orang-orang yang hanya ingin membeli bahan makanan di toko lingkungan," katanya saat mengunjungi Buffalo.

Presiden AS Joe Biden, sementara itu, telah diberitahu tentang penembakan itu. 

"Presiden dan ibu negara berdoa untuk mereka yang kehilangan dan untuk orang yang mereka cintai," kata pernyataan Gedung Putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.