Sukses

Parlemen Rusia: Finlandia Akan Berhadapan dengan Kehancuran Jika Bergabung dengan NATO

Seorang anggota parlemen Rusia yang sebelumnya membual tentang kemampuan rudal negaranya di televisi yang didukung Kremlin mengatakan bahwa Finlandia membahayakan keberadaannya jika bergabung dengan NATO.

Liputan6.com, Moskow - Seorang anggota parlemen Rusia yang sebelumnya membual tentang kemampuan rudal negaranya di televisi yang didukung Kremlin mengatakan bahwa Finlandia membahayakan keberadaannya jika bergabung dengan NATO.

Wakil Duma Aleksey Zhuravlyov, yang memimpin partai politik nasionalis Rodina, mengatakan kepada outlet berita Ura.ru bahwa Finlandia dan Rusia pernah menikmati hubungan baik setelah Perang Dunia Ii tetapi sekarang Helsinki "akan melakukan sesuatu untuk menciptakan masalah tambahan bagi kita."

"Ketika Anda menciptakan masalah bagi seseorang, Anda harus memahami bahwa Anda akan mendapatkannya sendiri," katanya dalam artikel berjudul, "Bergabung dengan NATO mengancam Finlandia dengan pemusnahan", demikian seperti dikutip dari Newsweek, Minggu (15/5/2022).

Bulan lalu, Zhuravlyov mengatakan pada program 60 Minutes, yang mendorong garis Kremlin pada invasi Rusia ke Ukraina, bahwa ia berharap rudal telah menghantam Kyiv sementara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sedang berkunjung.

Pada episode lain dari program tersebut, Zhuravlyov menyarankan rudal terbaru Moskow, Sarmat, harus menargetkan Inggris karena dukungan London untuk upaya perang Ukraina.

Dalam wawancara dengan Ura yang diterbitkan pada hari Jumat, Zhuravlyov mengatakan bahwa Finlandia "harus berterima kasih kepada Rusia atas kenegaraan mereka" dan bahwa jika Helsinki bergabung dengan NATO, mereka tidak akan "berperilaku terhadap kami seperti yang mereka lakukan sebelumnya."

"Amerika akan menghasut mereka untuk melakukan provokasi," katanya. "Jika Finlandia ingin bergabung dengan blok ini, maka tujuan kami yang benar-benar sah adalah mempertanyakan keberadaan negara ini. Ini logis."

"Negara-negara ini bergabung dengan aliansi yang ingin menghancurkan Rusia. Oleh karena itu, kami ingin menghancurkan mereka sebagai tanggapan," tambahnya.

xxx

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Finlandia Ingin Gabung NATO Bikin Geram Rusia

Media Finlandia melaporkan pada hari Jumat bahwa Rusia dapat segera memotong gas ke tetangga Nordiknya.

Sementara itu, wakil menteri luar negeri Rusia Alexander Grushko memperingatkan pada hari Sabtu akan ada tanggapan terhadap Finlandia terhadap aliansi tersebut, dengan Swedia juga akan berlaku untuk blok tersebut.

Dia mengatakan aksesi mereka ke blok itu adalah "perubahan strategis" yang tidak dapat tetap "tanpa reaksi politik," Interfax melaporkan.

Dalam percakapan dengan mitranya dari Finlandia Sauli Niinistö pada hari Sabtu, Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa Finlandia bergabung dengan NATO "akan menjadi kesalahan" kantor berita Rusia melaporkan.

Ini menambah spekulasi tentang apa yang mungkin dilakukan Putin selanjutnya jika Helsinki memasuki blok militer yang telah dikritiknya karena memperluas dekat perbatasan negaranya dan yang membentuk pembenaran untuk invasinya ke Ukraina.

Tracey German, profesor konflik dan keamanan di King's College London mengatakan kepada Newsweek bahwa tanggapan Putin tergantung pada sejauh mana infrastruktur militer NATO bergerak lebih dekat ke perbatasan Rusia.

Ini mungkin melihat peralatan militer, termasuk rudal, pindah ke perbatasan dengan Finlandia, atau penguatan lebih lanjut dari posisi militer Rusia di daerah kantong Kaliningrad.

"Aksesi Finlandia akan memperkuat narasi Putin tentang NATO dan Barat yang berusaha mengepung dan menahan Rusia, memungkinkannya untuk sekali lagi mendorong narasi bahwa Rusia berada di bawah ancaman dari ekspansionisme geopolitik," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Rusia Putus Aliran Listrik Finlandia

Rusia mengatakan akan memutus aliran listrik ke Finlandia mulai Sabtu karena mengklaim negara itu belum membayar, kata sebuah perusahaan listrik milik negara.

RAO Nordic, anak perusahaan Inter ROA, mengatakan akan berhenti mengekspor listrik ke Finlandia tanpa memberikan rincian di tengah ketegangan yang lebih besar di seluruh Eropa yang dilanda Perang Rusia-Ukraina.

"Situasi ini luar biasa dan terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua puluh tahun sejarah perdagangan kami," kata RAO Nordic dalam sebuah pernyataan, demikian seperti dikutip dari MSN News, Minggu (15/5/2022).

Layanan listrik, yang menyumbang 10% dari total konsumsi negara itu, dihentikan "untuk saat ini" pada pukul 1 a.m waktu setempat, kata operator jaringan Finlandia Fingrid, menurut laporan itu.

"Impor yang hilang dapat diganti di pasar listrik dengan mengimpor lebih banyak listrik dari Swedia dan juga oleh produksi dalam negeri," tambah perusahaan itu.

Menurut laporan itu, Fingrid tidak terlibat dalam perselisihan tersebut.

"Nord Pool adalah orang yang membayar untuk mereka. Fingrid bukan pihak dalam perdagangan listrik ini. Kami menyediakan koneksi transfer dari Rusia ke Finlandia," kata Reima Paivinen, wakil presiden senior Fingrid untuk operasi.

Perbedaan dalam pembayaran yang dihentikan dapat dikaitkan dengan tuntutan sebelumnya dari Presiden Rusia Vladimir Putin, yang menuntut negara-negara membayar biaya gas dalam rubel, mata uang nasional Rusia.

Permintaan itu muncul ketika Rusia menghadapi pengetatan sanksi ekonomi internasional.

Pemerintah Finlandia mengatakan bulan lalu tidak akan membayar pasokan gas Rusia dalam rubel.

Nord Pool tidak mengkonfirmasi persyaratan rubel, dengan mengatakan: "Kami tidak pernah memiliki pemukiman dalam rubel, hanya dalam euro, mahkota Norwegia, mahkota Swedia dan mahkota Denmark, sesuai dengan prosedur standar kami."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia

  • Finlandia adalah sebuah negara yang berada di benua Eropa
    Finlandia adalah sebuah negara yang berada di benua Eropa

    finlandia

  • NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.
    NATO adalah sebuah organisasi militer internasional yang terdiri dari 2 negara Amerika Utara, 27 negara Eropa, dan 1 negara Eurasia.

    NATO