15 Mei 1986: Satu Kota di AS Porak-Poranda Akibat Tornado Dahsyat

Oleh Hariz Barak pada 15 Mei 2022, 06:00 WIB
Diperbarui 15 Mei 2022, 08:21 WIB
Ilustrasi tornado menghantam sebuah wilayah (AFP/Josh Edelson)
Perbesar
Ilustrasi tornado menghantam sebuah wilayah (AFP/Josh Edelson)

Liputan6.com, Texas - Tepat hari ini lebih dari satu abad lalu, terjadi bencana alam besar di negara bagian Texas, Amerika Serikat (AS).

Terjangan tornado maha dahsyat pada 15 Mei 1896 di Texas, membuat salah kota di negara bagian itu, Sherman porak-poranda.

Tornado tersebut bahkan diklasifikasikan sebagai F5. Jenis tornado F5 jarang terjadi karena kekuatannya yang sangat besar.

Saking dahsyatnya tornado di Sherman, otoritas AS memperkirkan kecepatan angin yang berhembus mencapai 260 kilometer per jam.

"Tornado itu mempunyai ukuran rata-rata 150 kaki (sekitar 45 meter)," sebut fisikawan Universitas Chicago Tetsuya Theodore Fujita, seperti dikutip dari History Channel, Minggu (15/5/2022).

Bencana itu juga meninggalkan duka mendalam. Setengah bangunan dan infrastruktur di kota Sherman hancur berantakan. Tak hanya itu, 60 warga Sherman pun meregang nyawa.

Sepanjang tahun 1896 setelah terjangan tornado dahsyat itu, Texas dan beberapa wilayah di dekatnya masih diterjang banyak badai.

Peristiwa lain yang tercatat pada tanggal yang sama tahun 2008, adalah sejarah kontroversial di Negeri Paman Sam. Di mana negara bagian California melegalkan pernikahan sesama jenis.

Calofornia merupakan negara bagian di AS kedua yang memperbolehkan pernikahan sesama jenis. Negara bagian yang pertama yang mengesahkan UU kontroversial ini adalah Massachusetts pada 2004.

Sementara pada 15 Mei 2010, prestasi diraih oleh Jessica Watson sebagai orang termuda yang berlayar non-stop mengelilingi dunia seorang diri, tanpa bantuan. Ketika itu usianya baru 16 tahun. Hebat!

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Sejarah Lain 15 Mei, Pramugari Pertama Asal AS yang Mengudara

Ilustrasi Badai Tornado (Wikimedia Commons)
Perbesar
Ilustrasi Badai Tornado (Wikimedia Commons)

Pramugari menjadi sosok istimewa bagi penumpang di pesawat karena perannya yang penting, memastikan semua penumpang telah mendapatkan pelayanan dan mengikuti prosedur dengan baik. Sosok pramugari identik dengan cantik.

Tapi tahukah Anda, siapa pramugari pertama yang berhasil mengudara? Dia adalah wanita asal Jerman bernama Heinrich Kubis. Sementara, pramugari pertama asal Amerika Serikat, Ellen Church juga dikenal sebagai pionir dalam profesi pramugari.

Jika Heinrich Kubis lebih lihai dalam memasak, sementara Ellen Church lebih berperan dalam bidang medis dan juga penerbangan. Church adalah seorang suster atau perawat yang telah memiliki sertifikat untuk melakukan penerbangan sebagai pilot. Tapi ia menjajal bidang pramugari.

Dengan keputusannya ini, Church berharap sosok perempuan bisa berkarya di bidang profesi pramugari, seperti dimuat Majalah TIME, Minggu (15/5/2016).

Kala itu, pada 15 Mei 1930, Church untuk yang kali pertama terbang ke angkasa sebagai pramugari. Dia menjalani empat kali penerbangan, di antaranya dari San Francisco ke Cheyenne, Wyo dan dari Cheyenne ke Chicago.

Selengkanya...


Sejarah Lain 15 Mei, Kelahiran Sejong yang Agung, Sang Pahlawan Bahasa

Membersihkan Patung Raja Sejong dan Laksaman Yi di Seoul
Perbesar
Pekerja membersihkan patung perunggu Raja Sejong di plaza Gwanghwamun di Seoul (9/4). Raja Sejong adalah penguasa Korea kedua yang mendapatkan gelar Raja Yang Agung atau Raja Besar setelah Raja Gwanggaeto dari Kerajaan Goguryeo. (AFP Photo/Jung Yeon-Je)

Zaman sekarang, Bahasa Korea semakin populer di Indonesia. Penggunaan kata "hyung", "unnie", "oppa", dan "sarangheyo" sudah semakin umum. 

Penggemar budaya Korea pasti paham istilah tepat bagi kata-kata itu bukanlah "bahasa Korea" melainkan aksara Hangul (Han-geul). Di Korsel, ada dua aksara: Hangul dan Hanja. 

Hanja diadaptasi dari aksara China. Dulunya, aksara Hanja hanya digunakan kalangan elit dan terpelajar saja, sebab rakyat biasa (commoner) tak punya akses untuk mempelajari aksara Hanja yang rumit.

Situasi itu diubah oleh Raja Sejong yang Agung. Ia adalah pemimpin Dinasti Joseon pada 1418-1450.

Sejong lahir pada 15 Mei 1397 di Hanseong (kini Seoul). Ia adalah putra ketiga dari Raja Taejong dari Dinasti Joseon dan naik takhta di usia 21 tahun.

Menurut situs Asia Society, Raja Sejong dikenal sebagai sosok terpelajar pada masanya. Kecerdasannya berhasil diterapkan ketika ia memerintah. Reformasi positif terjadi di sistem ekonomi, kesiapan bencana, dan edukasi. 

Pencapaian bersejarah dari Raja Sejong adalah menciptakan sistem tulisan Hangul. Pasalnya, saat itu banyak rakyat biasa yang buta huruf karena tak bisa belajar Hanja. 

Raja Sejong ingin ada sistem baru bukan karena dia tak mengerti aksara China. Ia justru cerdas di dunia sastra, tetapi ia ingin rakyat umum menikmati privilese bahasa.

Maka, ia diam-diam membuat sistem penulisan baru yang lebih mudah dipahami. Kenapa diam-diam? Sebab, Sejong tahu kaum elit pasti menentang kebijakan ini. 

Selengkapnya di sini...


15-5-1955: Awal Kesuksesan Mendunia McDonald's

ilustrasi logo McDonald's (AFP/Justin Sullivan)
Perbesar
ilustrasi logo McDonald's (AFP/Justin Sullivan)

Pada hari ini, tepat 64 tahun lalu, sebuah revolusi makanan cepat saji tercipta di distrik Des Plaines di pinggiran Chicago, Amerika Serikat.

Kala itu, Ray Kroc, seorang penjual mesin susu kocok, membuka restoran waralaba pertamanya, McDonald's, demikian Today in History yang dikutip dari situs Bt.com pada Selasa (14/5/2019).

Restoran ini menawarkan deretan menu sederhana, yakni hamburger, cheese burger, kentang goreng, dan beberapa jenis minuman dengan harga sangat terjangkau.

Sejatinya, ini bukanlah gerai pertama McDonald's, melainkan reinkarnasi dari cikal bakalnya yang dibesut oleh sepasang saudara kandung, Maurice dan Richard McDonald, pada tahun 1940 di San Bernardino, California.

Restoran yang dinamai McDonald's Bar-BQ itu menarik perhatian Ray Kroc, yang mengubah ambisi paroki bersaudara menjadi kisah sukses berskala nasional, dan kemudian mendunia.

Kisah sukses itu berawal dari rasa penasaran Kroc mengapa McDonald's membutuhkan delapan unit mesin susu kocok yang dijualnya, padahal di waktu bersmaan, ia kesulitan menawarkan produk terkait ke berbagai tempat.

Selengkapnya klik di sini...

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya