Sukses

Rusia Putus Aliran Listrik Finlandia, Imbas Rencana Gabung NATO Akibat Invasi Ukraina?

Rusia mengatakan akan memutus aliran listrik ke Finlandia mulai Sabtu karena mengklaim negara itu belum membayar, kata sebuah perusahaan listrik milik negara.

Liputan6.com, Moskow - Rusia mengatakan akan memutus aliran listrik ke Finlandia mulai Sabtu karena mengklaim negara itu belum membayar, kata sebuah perusahaan listrik milik negara.

RAO Nordic, anak perusahaan Inter ROA, mengatakan akan berhenti mengekspor listrik ke Finlandia tanpa memberikan rincian di tengah ketegangan yang lebih besar di seluruh Eropa yang dilanda Perang Rusia-Ukraina.

"Situasi ini luar biasa dan terjadi untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua puluh tahun sejarah perdagangan kami," kata RAO Nordic dalam sebuah pernyataan, demikian seperti dikutip dari MSN News, Minggu (15/5/2022).

Layanan listrik, yang menyumbang 10% dari total konsumsi negara itu, dihentikan "untuk saat ini" pada pukul 1 a.m waktu setempat, kata operator jaringan Finlandia Fingrid, menurut laporan itu.

"Impor yang hilang dapat diganti di pasar listrik dengan mengimpor lebih banyak listrik dari Swedia dan juga oleh produksi dalam negeri," tambah perusahaan itu.

Menurut laporan itu, Fingrid tidak terlibat dalam perselisihan tersebut.

"Nord Pool adalah orang yang membayar untuk mereka. Fingrid bukan pihak dalam perdagangan listrik ini. Kami menyediakan koneksi transfer dari Rusia ke Finlandia," kata Reima Paivinen, wakil presiden senior Fingrid untuk operasi.

Perbedaan dalam pembayaran yang dihentikan dapat dikaitkan dengan tuntutan sebelumnya dari Presiden Rusia Vladimir Putin, yang menuntut negara-negara membayar biaya gas dalam rubel, mata uang nasional Rusia.

Permintaan itu muncul ketika Rusia menghadapi pengetatan sanksi ekonomi internasional.

Pemerintah Finlandia mengatakan bulan lalu tidak akan membayar pasokan gas Rusia dalam rubel.

Nord Pool tidak mengkonfirmasi persyaratan rubel, dengan mengatakan: "Kami tidak pernah memiliki pemukiman dalam rubel, hanya dalam euro, mahkota Norwegia, mahkota Swedia dan mahkota Denmark, sesuai dengan prosedur standar kami."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imbas Rencana Finlandia Gabung NATO?

Finlandia, yang secara tradisional tetap netral, telah berusaha untuk bergabung dengan NATO, semakin meningkatkan ketegangan dengan Rusia.

Pada hari Kamis, Presiden Finlandia Sauli Niinisto dan Perdana Menteri Sanna Marin mengatakan negara mereka berusaha untuk bergabung dengan NATO "tanpa penundaan."

"Keanggotaan NATO akan memperkuat keamanan Finlandia. Sebagai anggota NATO, Finlandia akan memperkuat seluruh aliansi pertahanan," kata para pemimpin.

Swedia dan Finlandia siap memperkuat kerja sama militer jika keamanan di wilayah Laut Baltik memburuk, misalnya selama proses kemungkinan bergabung dengan NATO, kata Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto.

"Apabila lingkungan keamanan kami menjadi semakin menantang tentunya kami dapat menambahkan rencana bilateral ... dan memasukkan semua sektor dalam kerja sama militer," katanya kepada awak media.

Invasi Rusia ke Ukraina memaksa Swedia dan Finlandia untuk meninjau ulang keyakinan lama bahwa netralitas militer adalah cara terbaik untuk menjamin keamanan nasional.

​​​​​​Kedua negara diharapkan dapat membuat keputusan untuk bergabung dengan aliansi militer dalam beberapa pekan mendatang, Reuters mewartakan sebagaimana dikutip dari Antara, Sabtu (30/4/2022).

Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde, yang berbicara setelah bertemu Haavisto di Helsinki, mengatakan Swedia telah melihat Rusia yang bereaksi terhadap tawaran Swedia dan Finlandia masuk NATO dalam dua cara.

Pertama dengan memperingatkan konsekuensi dan kedua dengan meremehkan tentang pentingnya apakah NATO mempunyai 30 atau 32 anggota.

 

3 dari 3 halaman

Reaksi Rusia

Rusia mengatakan bergabungnya Finlandia dan Swedia ke NATO akan memaksa Rusia untuk memperkuat kehadirannya di wilayah Laut Baltik.

"Kami siap melawan setiap kemungkinan aktivitas Rusia," kata Linde.

Mengulangi posisinya yang sudah lama, Haavisto mengatakan dia berharap Finlandia dan Swedia akan mengambil keputusan yang sama di waktu yang sama pula.

"Tentunya apa yang akan diputuskan Finlandia akan sangat memengaruhi apa yang akan diputuskan oleh Swedia," ucapnya, seraya menambahkan bahwa Swedia belum membuat keputusan.

Rusia mengatakan wilayah Baltik yang bebas nuklir tidak akan mungkin lagi terjadi jika Finlandia dan Swedia menjadi anggota NATO, menyinggung penyebaran nuklir tambahan di Eropa.

"Jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, panjang perbatasan darat aliansi dengan Federasi Rusia akan lebih dari dua kali lipat. Tentu saja, perbatasan ini harus diperkuat," Dmitry Medvedev, mantan presiden dan wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, menulis di saluran Telegram resminya pada Kamis 14 April 2022.

Merespons ancaman itu, Rusia harus "secara serius memperkuat pengelompokan pasukan darat dan pertahanan udara, mengerahkan pasukan angkatan laut yang signifikan di perairan Teluk Finlandia. Dalam hal ini, tidak mungkin lagi untuk berbicara tentang status bebas nuklir Baltik - keseimbangan harus dipulihkan," kata Medvedev sebagaimana dikutip dari CNBC International, Sabtu (16/4/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini