Sukses

Israel Minta Palestina Serahkan Peluru yang Bunuh Jurnalis Al Jazeeera Shireen Abu Akleh

Pasukan Israel menuduh balik bahwa pihak Palestina menembak jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh.

Liputan6.com, Tepi Barat - Kematian jurnalis senior Shireen Abu Akleh di Tepi Barat membuat gembar insan pers. Jurnalis berusia 51 tahun itu terkena tembakan di kepala saat sedang meliput di Kota Jenin. 

Wanita perwakilan Al Jazeera itu dilaporkan sudah menggunakan alat perlindungan serta rompi pers. Akan tetapi, peluru itu menghantam bagian kepalanya yang tak tertutup perlindungan.

Pihak Palestina menegaskan bahwa pelaku pembunuhan adalah tentara dari Israel. Namun, hal itu dibantah oleh Israel yang juga meminta adanya investigasi gabungan. Palestina dengan tegas menolak permintaan itu. 

"Israel telah meminta sebuah investigasi gabungan dan agar diberikan peluru yang membunuh jurnalist Shireen, kami menolak hal itu, dan kami menegaskan bahwa investigasi akan dilakukan secara independen," ujar Hussein Al Sheikh, anggota Komite Eksekutif dari Palestine Liberation Organization, Kamis (12/5/2022). 

Al Sheikh berjanji akan melaporkan hasil investigasi kepada keluarga Shireen, serta Amerika Serikat dan Qatar. Ia pun meminta organisasi-organisasi internasional bergerak untuk menyetop kejahatan dari pihak Israel. 

Sementara, The Times of Israel melaporkan bahwa Israel Defense Forces (IDF) meragukan bahwa tentaranya menembak Shireen. Mereka juga berkata tidak melihat jurnalis tersebut.

Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, menyebut bahwa kematian Shireen tidak akan menyetop Israel untuk "melawan teror di Tepi Barat". 

"Kami akan terus bertindak melawan para teroris, dan pada saat yang sama kami akan terus melakukan segalanya untuk memisahkan mereka dari populasi, karena itulah nilai-nilai kamu dan juga kepentingan kami untuk mempertahankan stabilitas," ujar Menhan Israel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reaksi Dunia Atas Tewasnya Wartawan Al Jazeera di Tepi Barat

Seruan untuk penyelidikan penuh, independen dan transparan atas pembunuhan jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh meningkat dengan para pemimpin dunia menuntut agar mereka yang bertanggung jawab dimintai pertanggungjawaban.

Wartawan veteran, yang digambarkan sebagai "ikon liputan Palestina",  ditembak oleh pasukan Israel  saat melaporkan di Jenin di Tepi Barat yang diduduki pada hari Rabu.

Peristiwa tragis itu telah memicu kemarahan global dengan Uni Eropa mendesak penyelidikan "independen" dan kepala hak asasi manusia PBB Michelle Bachelet mengatakan dia "terkejut". 

“Impunitas harus diakhiri,” kata Bachelet.

Dilansir dari laman Al Jazeera, Kamis (12/5/2022), beginilah reaksi dunia sejauh ini:

PBB

Di New York, duta besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, menyebut kematian Abu Akleh "sangat mengerikan" dan menyerukan penyelidikan yang transparan.

Dia mengatakan melindungi warga negara dan jurnalis Amerika adalah “prioritas tertinggi kami.”

Thomas-Greenfield mengatakan Abud Akleh melakukan "wawancara luar biasa" dengannya di Tepi Barat November lalu.

"Saya pergi dari sana dengan rasa hormat yang luar biasa untuknya," katanya.

Kantor Hak Asasi Manusia PBB mendesak dilakukannya “penyelidikan yang independen dan transparan atas pembunuhannya. Impunitas harus diakhiri.”

 

3 dari 4 halaman

Respons Amerika Serikat dan Uni Eropa

Amerika Serikat

Gedung Putih juga menyerukan penyelidikan menyeluruh.

“Kami sangat sedih dan mengutuk keras pembunuhan jurnalis Amerika Shireen Abu Akleh di Tepi Barat,” Ned Price, Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, mengatakan di Twitter. “Investigasi harus segera dan menyeluruh dan mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban. Kematiannya merupakan penghinaan terhadap kebebasan media di mana-mana,” tambahnya.

Sebelumnya pada hari itu, duta besar AS untuk Israel, Tom Nides, mengatakan di Twitter bahwa dia "sangat sedih" mengetahui tentang pembunuhan jurnalis itu dan menyerukan "penyelidikan menyeluruh atas keadaan tersebut".

Uni Eropa 

Luis Miguel Bueno, juru bicara Uni Eropa untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, mengatakan di Twitter bahwa dia "terkejut" dengan pembunuhan Abu Akleh saat dia melakukan pekerjaannya melaporkan serangan Israel di Jenin.

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarganya dan menyerukan penyelidikan cepat dan independen untuk membawa para pelaku ke pengadilan," katanya.

Amnesti Internasional

Agnes Callamard, Sekretaris Jenderal Amnesty International, mengatakan bahwa pembunuhan itu adalah "pengingat berdarah dari sistem mematikan di mana Israel mengunci warga Palestina".

“Israel membunuh warga Palestina kiri dan kanan dengan impunitas,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Pernyataan Al Jazeera

Dalam sebuah pernyataan, Jaringan Media Al Jazeera mengutuk "pembunuhan terang-terangan" yang melanggar "hukum dan norma internasional" dan menyebut kematian Abu Akleh sebagai "kejahatan keji, yang dimaksudkan untuk mencegah media memenuhi pesannya".

"Kami menganggap pemerintah Israel dan pasukan pendudukan bertanggung jawab atas pembunuhan mendiang rekan Shireen," kata pernyataan itu.

Al Jazeera meminta masyarakat internasional untuk meminta pertanggungjawaban pasukan pendudukan Israel atas "penargetan dan pembunuhan yang disengaja" mereka terhadap Abu Akleh. 

Sementara, Kepresidenan Otoritas Palestina mengutuk pembunuhan Abu Akleh sebagai "kejahatan keji", dengan mengatakan pembunuhan itu adalah "bagian dari kebijakan pendudukan [Israel] yang menargetkan wartawan untuk mengaburkan kebenaran dan melakukan kejahatan secara diam-diam".

Penuntut umum Palestina mengatakan pihak berwenang telah memulai penyelidikan atas pembunuhan Abu Akleh dan akan membawa kasus itu ke pengadilan pidana internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.