Sukses

AS Harapkan Peran Pemimpin ASEAN Lebih Banyak dalam Isu Myanmar

Pihak Amerika Serikat mengharapkan keterlibatan lebih dari para pemimpin ASEAN terkait isu Myanmar.

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat ingin para pemimpin Asia Tenggara memainkan "peran yang lebih mendalam" dalam upaya mengembalikan Myanmar ke jalur demokrasi setelah kudeta tahun lalu, kata pejabat tinggi AS untuk Asia pada Rabu (11 Mei) di depan Presiden dalam pertemuan Joe Biden dengan para pemimpin ASEAN minggu ini.

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) telah melarang pemerintah militer Myanmar menghadiri pertemuan puncaknya sampai melihat kemajuan dalam "konsensus" lima poin yang disepakati tahun lalu dengan harapan mengakhiri kekerasan yang telah meletus sejak para jenderal merebut kekuasaan dan menahan negara-negara tersebut. pemimpin yang dipilih secara demokratis, termasuk peraih Nobel Aung San Suu Kyi. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (12/5/2022).

Koordinator Indo-Pasifik AS Kurt Campbell, berbicara di Institut Perdamaian AS, mengatakan pemerintahan Biden akan "mendorong diplomasi yang lebih besar" di Myanmar dalam pertemuan dengan para pemimpin ASEAN di Washington pada Kamis dan Jumat.

“Kami berharap dan mengharapkan ASEAN untuk mengambil inisiatif nyata dalam hal bagaimana melibatkan pemerintah saat ini dan oposisi tentang jalan ke depan,” kata Campbell.

Campbell mengatakan blok regional 10-negara telah memulai inisiatif penting pada krisis, termasuk menunjuk seorang utusan untuk membawa pesan kepada para jenderal, tetapi "sebagian besar dari mereka belum membuahkan hasil".

"Amerika Serikat akan melanjutkan peran aktifnya bekerja sama dengan mitra lain, tetapi kami ingin ASEAN memainkan peran yang lebih dalam dalam diplomasi kritis tentang langkah selanjutnya di Burma," tambahnya, menggunakan nama lain untuk Myanmar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Isu Myanmar

Kudeta Februari 2021 di Myanmar memicu protes nasional, yang secara brutal ditekan oleh militer dan menyebabkan beberapa orang mengangkat senjata melawan junta.

Pertumpahan darah itu memicu tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh ASEAN, yang biasanya menerapkan kebijakan non-intervensi dalam urusan anggotanya, untuk melarang kepala junta Min Aung Hlaing dan pejabat militer lainnya dari pertemuan puncaknya.

Washington mengatakan akan mengikuti jejak ASEAN dalam partisipasi Myanmar dalam KTT dengan hanya mengundang perwakilan non-politik dari negara tersebut.

3 dari 4 halaman

Jelang KTT AS-ASEAN

Presiden Joe Biden akan menjamu para pemimpin Asia Tenggara di Washington minggu ini, dan berusaha untuk menunjukkan pemerintahannya tetap fokus pada Indo-Pasifik dan tantangan jangka panjang China meskipun ada krisis Ukraina.

KTT yang berlangsung selama dua hari dengan 10 negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dimulai dengan makan malam Gedung Putih pada Kamis (12 Mei) sebelum pembicaraan di Departemen Luar Negeri pada hari Jumat. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (12/5/2022).

Ini akan menjadi pertama kalinya para pemimpin ASEAN berkumpul sebagai sebuah kelompok di Gedung Putih. Presiden Barack Obama adalah pemimpin AS terakhir yang menjadi tuan rumah mereka, di Sunnylands di California pada 2016.

Hingga delapan pemimpin ASEAN diharapkan hadir dalam KTT tersebut. Pemimpin Myanmar telah disingkirkan karena kudeta tahun lalu dan Filipina dalam masa transisi setelah pemilihan.

4 dari 4 halaman

Keterlibatan AS di ASEAN

Koordinator Indo-Pasifik Biden, Kurt Campbell, berbicara di sebuah think tank pada hari Rabu tentang pengertian yang mendalam dalam administrasi tentang perlunya untuk tidak terganggu dari Indo-Pasifik, dan mengatakan akan berusaha untuk meningkatkan investasi dan keterlibatan AS di negara-negara ASEAN.

Dia mengatakan China, Myanmar, Taiwan dan Ukraina akan menjadi salah satu isu yang dibahas.

"Kami percaya sangat penting bagi negara-negara lain untuk menggarisbawahi secara publik dan pribadi bahwa apa yang telah terjadi di Ukraina tidak boleh terjadi di Asia," katanya, merujuk pada ancaman China untuk merebut kembali Taiwan dengan paksa jika perlu.

Campbell mengakui kritik bahwa keterlibatan AS dengan ASEAN telah berkurang di banyak bidang penting.

"Kami harus mengirim sinyal bahwa Amerika Serikat akan menjadi mitra tetap, dan bahwa kepentingan strategis kami mendorong kami dan mengarahkan kami untuk memainkan peran yang lebih besar dari waktu ke waktu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.