Sukses

China Ucapkan Selamat atas Kemenangan Marcos Jr Anak Mantan Diktator dalam Pilpres Filipina

China memberi selamat kepada Ferdinand Marcos Jr dan Sara Duterte-Carpio yang unggul dalam penghitungan suara sementara pemilihan umum presiden dan wakil presiden Filipina.

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah China menyampaikan ucapan selamat atas lancarnya penyelenggaraan pemilu presiden (Pilpres) Filipina yang berlangsung pada Senin 9 Mei 2022. China juga memberi selamat kepada Ferdinand Marcos Jr dan Sara Duterte-Carpio yang unggul dalam penghitungan suara sementara pemilihan umum presiden dan wakil presiden Filipina.

"China mengucapkan selamat atas pemilu presiden yang berlangsung lancar. Ucapan selamat kami juga untuk kandidat yang memimpin (perolehan suara)," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian di Beijing.

Ia berharap dan penuh keyakinan bahwa berbagai kelompok politik di Filipina akan melanjutkan pekerjaan dalam menjalin solidaritas nasional dan pembangunan. "China dan Filipina saling terhubung oleh perairan, menikmati persahabatan tradisional yang berlangsung cukup lama," ujarnya.

Menurut dia, Filipina dan China telah bermitra dengan baik dalam bekerja sama yang saling menguntungkan. "Di bawah instruksi kedua kepala negara, hubungan bilateral akan terus ditingkatkan," kata Zhao, seperti dilansir Xinhua, Rabu (11/5/2022).

China, sambungnya, siap bekerja sama dengan Filipina untuk terus menjunjung tinggi hubungan bertetangga dan persahabatan yang baik, fokus pada pembangunan pascapandemi, memperluas kerja sama yang saling menguntungkan, dan membawa manfaat yang lebih nyata bagi kedua bangsa.

Untuk diketahui, China dan Filipina merupakan negara yang sedang bersengketa wilayah perairan Laut China Selatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perolehan Suara Marcos Jr

Marcos Jr yang kini berusia 63 tahun merupakan putra dari diktator Filipina Ferdinand Marcos Sr yang terguling dari kekuasaannya pada 1986.

Pria yang akrab dipanggil Bongbong itu meraih 96,82 persen suara sekaligus mengalahkan pesaing terdekatnya Wakil Presiden Leni Robredo (28,04 persen) dan mantan juara tinju dunia Manny Pacquiao (6,82 persen) dalam penghitungan sementara pemilu presiden.

Sementara Sara Duterte yang kini berusia 43 tahun merupakan putri Presiden petahana Filipina Rodrigo Duterte memimpin penghitungan suara sementara pemilu wakil presiden.

Analis mengatakan kebangkitan Marcos Jr adalah puncak dari upaya selama puluhan tahun untuk mengubah citra nama dan citra keluarga Marcos, yang terbaru melalui media sosial.

Mantan senator itu berterima kasih kepada para pendukungnya atas kepercayaan mereka kepadanya dalam pidato Senin malam.

"Meskipun penghitungan belum selesai, saya tidak sabar untuk berterima kasih kepada Anda semua ... kepada mereka yang membantu, kepada mereka yang bergabung dengan perjuangan kami, kepada mereka yang berkorban," katanya.

3 dari 4 halaman

Kemenangan Marcos Diprotes

Pada Selasa 10 Mei, para demonstran, sebagian besar mahasiswa dan anggota kelompok progresif, berkumpul di ibukota Manila di luar komisi pemilihan Filipina memegang spanduk dan meneriakkan slogan-slogan untuk memprotes Marcos dan apa yang mereka katakan sebagai penyimpangan pemilihan.

Marcos Jr menjalankan platform "persatuan" dan telah menjanjikan lebih banyak pekerjaan, harga lebih rendah, dan lebih banyak investasi di bidang pertanian dan infrastruktur.

Analis politik mengatakan Marcos Jr mengimbau rakyat Filipina yang lelah dengan pertengkaran politik dan janji-janji kemajuan dan reformasi ekonomi dari pemerintahan berturut-turut yang menurut banyak orang telah gagal memberi manfaat bagi rakyat biasa.

Jajak pendapat menunjukkan dia memimpin dengan lebih dari 30 poin persentase menjelang pemilihan hari Senin.

Robredo, yang selama kampanye memposisikan dirinya sebagai mempromosikan pemerintahan yang baik, transparansi dan hak asasi manusia, mengatakan kepada para pendukungnya pada hari Senin, "kita belum selesai, kita baru saja mulai."

"Kami memulai sesuatu yang belum pernah disaksikan sebelumnya dalam seluruh sejarah negara ini: kampanye yang dipimpin oleh orang-orang," katanya, menurut CNN Filipina.

4 dari 4 halaman

Kampanye Marcos Jr

Marcos Jr mengaitkan kampanyenya dengan warisan ayahnya, dengan slogannya "bangkit kembali" menyentuh nostalgia beberapa orang yang melihat periode di bawah Marcos Sr sebagai era keemasan bagi negara.

Pendukung keluarga Marcos mengatakan periode itu adalah masa kemajuan dan kemakmuran, yang ditandai dengan pembangunan infrastruktur utama seperti rumah sakit, jalan, dan jembatan.

Para kritikus mengatakan itu adalah ilusi dan proyek-proyek itu didorong oleh korupsi yang meluas, pinjaman luar negeri, dan utang yang membengkak.Puluhan ribu orang dipenjara, disiksa atau dibunuh selama periode darurat militer dari tahun 1972 hingga 1981, menurut kelompok hak asasi manusia.

Komisi Kepresidenan Filipina untuk Tata Kelola yang Baik (PCGG), yang ditugaskan untuk memulihkan kekayaan keluarga dan rekanan mereka yang tidak sah, memperkirakan sekitar $ 10 miliar dicuri dari orang-orang Filipina. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.