Sukses

Jumlah Warga Sipil Ukraina yang Tewas Lebih Banyak dari Laporan Asli

Jumlah warga Ukraina yang menjadi korban perang dengan Rusia lebih banyak dari laporan aslinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala misi pemantauan hak asasi manusia PBB di Ukraina telah memperingatkan bahwa korban tewas warga sipil di Ukraina ribuan lebih tinggi dari korban resmi 3.381, dengan kematian di kota pelabuhan Mariupol saja kemungkinan akan menambah secara signifikan ke total.

“Kami telah mengerjakan perkiraan, tetapi yang bisa saya katakan untuk saat ini adalah jumlahnya ribuan lebih tinggi dari jumlah yang kami berikan saat ini kepada Anda,” Matilda Bogner, kepala misi pemantauan hak asasi manusia PBB di Ukraina, mengatakan kepada pers briefing di Jenewa, ketika ditanya tentang jumlah kematian dan cedera yang terjadi. Demikian seperti dikutip dari laman The Guardian, Rabu (11/5/2022).

“Lubang hitam besar itu benar-benar Mariupol, di mana sulit bagi kami untuk mengakses dan mendapatkan informasi yang sepenuhnya benar,” katanya.

Peringatan itu disampaikan ketika lusinan mayat lagi ditemukan di reruntuhan bangunan lima lantai yang terbakar dan runtuh di Izium di wilayah Kharkiv, dan seperti yang dikatakan oleh badan migrasi PBB, 8 juta orang mengungsi di dalam Ukraina karena konflik.

“Ini adalah kejahatan perang mengerikan lainnya dari penjajah Rusia terhadap penduduk sipil!” Oleh Synehubov, kepala pemerintahan daerah Kharkiv, mengatakan dalam pesan media sosial yang mengumumkan kematian tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konflik di Kharkiv

Ketika pejabat militer Ukraina dan Rusia mengklaim kemajuan dalam pertempuran untuk selatan dan timur negara itu, yang didominasi oleh garis depan sepanjang 300 mil.

Di daerah Kharkiv khususnya, konflik telah berubah menjadi perang penembakan jarak jauh antara kedua belah pihak. Setelah perlawanan sengit yang tak terduga memaksa Kremlin untuk meninggalkan upayanya untuk menyerbu Kyiv lebih dari sebulan yang lalu, pasukan Moskow telah berkonsentrasi untuk merebut Donbas, kawasan industri timur Ukraina.

Lebih jauh ke barat, pelabuhan penting Laut Hitam di Ukraina, Odesa, mendapat serangan rudal berulang kali, termasuk dari beberapa rudal hipersonik, setelah Rusia menandai hari libur patriotik terbesarnya tanpa memberikan informasi baru tentang perang tersebut. Satu orang tewas dan lima terluka, kata militer.

Sebagai bagian dari rentetan, seorang pembom supersonik Rusia menembakkan tiga rudal hipersonik, menurut Pusat Strategi Pertahanan, sebuah thinktank Ukraina yang melacak perang. Pusat tersebut mengidentifikasi senjata yang digunakan sebagai Kinzhal – atau “Belati” – rudal udara-ke-permukaan hipersonik meskipun tidak ada verifikasi independen tentang rudal apa yang digunakan.

3 dari 4 halaman

Ancaman Rudal

Serangan di Odesa terjadi di tengah peringatan dari staf umum militer Ukraina tentang ancaman rudal yang meningkat di seluruh negeri, termasuk klaim bahwa Rusia telah meningkatkan jumlah kapal induk rudal angkatan laut yang beroperasi di Laut Hitam.

Dengan konflik di kedua belah pihak yang ditentukan oleh penembakan Rusia yang intens oleh sistem artileri dan roket, CNN mengutip seorang pejabat pertahanan yang tidak disebutkan namanya pada hari Senin mengatakan militer Ukraina telah menerima 85 dari 90 howitzer lapangan jarak jauh M777 yang dijanjikan oleh AS, bersama dengan 100.000 peluru. amunisi artileri dari 184.000 yang dijanjikan.

Pejabat pertahanan mengatakan militer AS di Eropa menyelesaikan pelatihan 310 personel layanan Ukraina dalam menangani howitzer dengan 50 lainnya menjalani pelatihan.

Di Mariupol sendiri, pertempuran sengit berlanjut di sekitar area pabrik baja Azovstal di mana sekitar 2.000 pemain bertahan Ukraina masih bertahan. Meskipun klaim bahwa semua warga sipil yang berlindung di sana telah dievakuasi, diklaim pada hari Selasa sekitar 100 masih berada di dalam pabrik yang luas itu.

Salah satu pejuang Ukraina yang bertahan di pabrik baja mengatakan mereka masih mempertahankan kota.

4 dari 4 halaman

Upaya Pertahanan

Valeri Paditel, yang mengepalai penjaga perbatasan di wilayah Donetsk, mengatakan para pejuang "melakukan segalanya untuk membuat mereka yang mempertahankan kota di masa depan bangga".

Sementara penilaian oleh pejabat pertahanan dan intelijen barat, serta analis militer telah difokuskan pada kekurangan operasi Rusia dan kerugian besar orang dan peralatan yang berkelanjutan, ada sedikit bukti akhir yang terlihat untuk kampanye Moskow.

“Tanpa langkah-langkah konkret untuk membangun kekuatan baru, Rusia tidak dapat berperang lama, dan jam mulai berdetak pada kegagalan tentara mereka di Ukraina,” kata Phillips P O'Brien, profesor studi strategis di Universitas St. Andrews.

Rusia memiliki sekitar 97 batalion kelompok taktis (BTG) di Ukraina, sebagian besar di timur dan selatan, sedikit meningkat dari minggu lalu, menurut seorang pejabat senior AS. 19 BTG lainnya dilaporkan berada tepat di seberang perbatasan Rusia di dekat kota Belgorod.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.