Sukses

Ukraina Dorong Pasukan Rusia dalam Serangan Balasan di Dekat Kharkiv

Pasukan Ukraina berhasil merebut sejumlah desa yang sebelumnya dikuasai oleh pasukan Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Ukraina mengatakan pada Selasa (10 Mei) pasukannya telah merebut kembali desa-desa dari pasukan Rusia di utara dan timur laut Kharkiv, menekan serangan balasan yang dapat menandakan pergeseran momentum perang dan membahayakan kemajuan utama Rusia.

Pasukan Ukraina dalam beberapa hari terakhir merebut kembali pemukiman Cherkaski Tyshky, Ruski Tyshki, Borshchova dan Slobozhanske, di utara kota terbesar kedua di Ukraina, kata Tetiana Apatchenko, seorang petugas pers dengan pasukan utama Ukraina di daerah itu. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (11/5/2022).

Penasihat Kementerian Pertahanan Yuriy Saks mengatakan keberhasilan Ukraina mendorong pasukan Rusia keluar dari jangkauan Kharkiv, yang terletak di timur laut, yang telah dibombardir terus-menerus sejak perang dimulai.

"Operasi militer angkatan bersenjata Ukraina di sekitar Kharkiv, terutama di utara dan timur laut Kharkiv, adalah semacam kisah sukses," kata Saks kepada Reuters. 

"Tentara Ukraina mampu mendorong penjahat perang ini ke garis di luar jangkauan artileri mereka."

Di Washington, pejabat tinggi intelijen AS mengatakan perang itu menemui jalan buntu. Presiden Vladimir Putin tampaknya bersiap untuk konflik yang panjang, dan kemenangan Rusia di wilayah Donbas timur Ukraina mungkin tidak mengakhiri perang, kata Direktur Intelijen Nasional Avril Haines.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Balik Terhadap Rusia

Serangan balik di dekat Kharkiv bisa menandakan fase baru, dengan Ukraina sekarang melakukan ofensif setelah berminggu-minggu di mana Rusia melancarkan serangan besar-besaran tanpa membuat terobosan.

Dengan mendorong mundur pasukan Rusia yang telah menduduki pinggiran Kharkiv sejak awal invasi, Ukraina bergerak ke jarak serang dari jalur suplai belakang yang menopang kekuatan serangan utama Rusia lebih jauh ke selatan.

"Orang-orang Ukraina semakin dekat dengan perbatasan Rusia. Jadi semua keuntungan yang diperoleh Rusia pada hari-hari awal di timur laut Ukraina semakin menjauh," kata Neil Melvin dari think-tank RUSI di London.

Selama parade militer Lapangan Merah pada hari Senin menandai berakhirnya Perang Dunia II, Putin mendesak Rusia untuk terus berjuang tetapi tidak memberikan indikasi strategi lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

Tantangan Baru Bagi Rusia

Sejak Rusia terpaksa meninggalkan serangan di ibukota Kiev pada akhir Maret, kekuatan utamanya telah berusaha untuk mengepung pasukan Ukraina di Donbas, menggunakan kota Izyum di selatan Kharkiv sebagai pangkalan. Pasukan Ukraina sejauh ini sebagian besar bertahan melawan serangan dari tiga arah.

Tetapi dengan mendorong kembali ke dekat Kharkiv, Ukraina sekarang dapat memaksa Moskow untuk beralih mencoba mempertahankan jalur pasokan panjangnya sendiri ke Izyum. Analis militer Barat mengatakan ada tanda-tanda serangan balik telah melemahkan kemajuan Rusia.

"Penilaian kami adalah bahwa mereka (Rusia) harus menarik beberapa kekuatan dari sumbu yang mengarah ke kendali wilayah Donbas karena apa yang telah terjadi di Kharkiv, dan itu hanya menggarisbawahi tantangan yang mereka miliki," kata pensiunan Jenderal AS. Jack Keane, sekarang ketua lembaga think tank Institute for the Study of War.

Di selatan, pasukan Rusia kembali menyerang pabrik baja Azovstal di Mariupol, mencoba untuk merebut benteng terakhir perlawanan Ukraina di kota yang hancur di mana Ukraina mengatakan puluhan ribu orang telah tewas di bawah dua bulan pengepungan Rusia.

4 dari 4 halaman

Evakuasi Warga Sipil

Puluhan warga sipil telah dievakuasi dari pabrik baja dalam beberapa hari terakhir, tetapi seorang pembantu walikota Mariupol, Petro Andryushchenko, mengatakan setidaknya 100 masih tetap berada di dalam.

Resimen Azov Ukraina, yang bertahan di Azovstal, mengatakan dalam sebuah posting media sosial bahwa dalam 24 jam terakhir, 34 pesawat Rusia telah terbang di atas pabrik itu termasuk delapan serangan mendadak oleh pembom strategis. Dikatakan pabrik itu mendapat kecaman dari angkatan laut Rusia dan dari tank, artileri dan roket. Reuters tidak dapat memverifikasi situasinya.

Di Odesa, petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kobaran api hingga Selasa dini hari setelah tujuh rudal Rusia menghantam sebuah pusat perbelanjaan dan depot pada hari Senin. Satu orang tewas dan lima orang terluka, kata angkatan bersenjata Ukraina. Serangan rudal itu mengganggu pembicaraan antara Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal.

Ukraina mengatakan angkatan bersenjatanya di Donbas pada hari Selasa menghancurkan 12 tank Rusia dan 19 kendaraan lapis baja dan menembak jatuh tiga pesawat. Pavlo Kyrylenko, gubernur wilayah Donbas 'Donetsk, mengatakan tiga warga tewas dan tiga lainnya terluka pada hari Selasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.