Sukses

Perang Rusia Ukraina: Ancaman Serangan Udara dari Belarus hingga Harapan Damai Zelensky

Sementara itu, Dubes Hamianin mengatakan bahwa ada ancaman rudal dan serangan udara dari wilayah Belarus pada objek Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - 8 Mei 2022 merupakan hari invasi Rusia ke-74. Perlawanan rakyat Ukraina terhadap apa yang disebut Moskow sebagai operasi militer pun terus berlanjut.

"Musuh terus melakukan agresi bersenjata skala penuh terhadap Ukraina. Penjajah Rusia tidak berhenti melakukan operasi ofensif di Zona Operasional Timur untuk membangun kontrol penuh atas wilayah Donetsk dan wilayah Luhansk dan mempertahankan koridor darat antara wilayah ini dan Krimea yang diduduki," ujar Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin dalam press briefing virtual Senin (9/5/2022).

Sementara itu, Dubes Hamianin mengatakan bahwa ada ancaman rudal dan serangan udara dari wilayah Belarus pada objek Ukraina.

"Unit-unit tertentu dari Angkatan Bersenjata federasi Rusia terus melakukan tugas untuk menutupi perbatasan Ukraina-Rusia di wilayah Bryansk dan Kursk," ujarnya.

Dubes Hamianin mengatakan bahwa Rusia terus menggempur Ukraina via udara untuk mengetahui posisi pasukan Ukraina.

"Untuk memperjelas posisi pasukan kita, musuh terus melakukan serangan udara pengintaian di wilayah pemukiman Izyum dan Kamyanka (wilayah Kharkiv)," ungkapnya.

Selain itu, dikatakannya pula bahwa Moskow mendapat kiriman bantuan senjata untuk menggempur Ukraina."Musuh terus memasok senjata, peralatan militer, amunisi, bahan bakar, dan minyak untuk memenuhi kebutuhan kelompok pasukan rusia."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Update Wilayah Ukraina yang Diserang Rusia

Berikut ini update serangan Rusia di wilayah Ukraina:

Situasi di Volyn, Polissya, dan Siversk tidak ada perubahan signifikan.

Di Slobozhansk, musuh Rusia memusatkan upaya utamanya pada mencegah kemajuan lebih lanjut dari pasukan Ukraina menuju perbatasan negara Ukraina ke utara dan timur laut Kota Kharkiv. "Musuh melakukan penembakan artileri di daerah pemukiman Prudyanka, Slatine, dan Tsyrkuny (wilayah Kharkiv). Memperkuat pertahanan di daerah pemukiman Kozacha Lopan, musuh rusia melakukan peletakan peralatan teknik," ucap Dubes Hamianin.

Di Izyum, Rusia disebutkan telah memusatkan upaya utamanya pada persiapan untuk kelanjutan serangan di Izyum-Barvinkove dan Izyum-Slovyanskarah. Untuk memperkuat grup dari wilayah federation Rusia, musuh memindahkan dua kelompok taktis batalion dari 35th Combined Arms ke daerah tertentu. Juga disebutkan ada penembakan artileri terhadap posisi unit Pasukan Pertahanan Ukraina.

Di Donetsk, kelompok pasukan pendudukan Rusia terus menyerang ke Lyman, Popasna, Severodonetsk, dan Avdiivka.

 

3 dari 4 halaman

Operasi Ofensif

Di Kurakhiv, dengan dukungan artileri, Rusia disebutkan berusaha melanjutkan operasi ofensif ke arah Desa Novomykhailivka (Donetsk wilayah).

Di Lyman, sebagai akibat dari serangan, Rusia merebut wilayah pinggiran utara Shandrygolovo (wilayah Donetsk).

Di Mariupol, musuh terus memblokade unit Ukraina di area pabrik Azovstal dan dengan dukungan artileri dan tembakan tank melakukan serangan.

Rusia terus memasok senjata, peralatan militer, amunisi, bahan bakar, dan minyak untuk memenuhi kebutuhan kelompok pasukannya.

Di Buh Selatan dan Tavriya, sekelompok pasukan pendudukan Rusia dengan dukungan serangan penerbangan di sasaran militer dan sipil, berkumpul kembali dan memperkuat unit, dan meningkatkan sistem kerusakan kebakaran dan logistik.

Di Kryvyi Rih, musuh Rusia menggunakan UAV Orlan-10 untuk mendeteksiposisi unit Angkatan Bersenjata Ukraina.

Situasi di Bessarabia tetap tegang. Formasi bersenjata di wilayah transnistria Republik Moldova dan unit-unit kelompok operasional pasukan Rusia dalam kesiapan tempur penuh.

Kapal Armada Laut Hitam dari federasi Rusia di Laut Hitam dan Azovterus melakukan tugas untuk mengisolasi area permusuhan, pengintaian, dan dukungan tembakan ke arah pantai.

 

4 dari 4 halaman

Update Serangan Balik Ukraina ke Pasukan Rusia

Pada hari sebelumnya, satu helikopter Mi-28H, tujuh UAV "Orlan", dua UAV "Forpost", dan dua rudal jelajah dihantam oleh unit rudal anti-pesawat oleh pasukan udara Angkatan Bersenjata Ukraina. Selain itu, dua UAV tipe Orlan dihancurkan oleh unit rudal anti-pesawat Angkatan Darat.

Di wilayah Donetsk dan Luhansk, para pembela Ukraina memukul mundur sembilan serangan dan menghancurkan 19 belas tank, 20 unit kendaraan tempur lapis baja, empat kendaraan khusus lapis baja, enam kendaraan, dan satu unit peralatan teknik khusus musuh.

Selain itu, 8 Mei juga diperingati oleh warga Ukraina sebagai Day of Remembrance and Reconciliation atau Hari Peringatan dan Rekonsiliasi dari Nazi.

"Kami memberi penghormatan kepada semua orang yang membela tanah air mereka dan dunia dari Nazisme. Kami mencatat prestasi rakyat Ukraina dan kontribusi mereka terhadap kemenangan koalisi anti-Hitler," ujar Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidatonya seperti tertuang di president.gov.ua.

"Ledakan, tembakan, parit, luka, kelaparan, pengeboman, blokade, eksekusi massal, operasi hukuman, pendudukan, kamp konsentrasi, kamar gas, bintang kuning, ghetto, Babyn Yar, Khatyn, penahanan, kerja paksa. Mereka meninggal sehingga kita masing-masing tahu apa arti kata-kata ini dari buku, bukan dari pengalaman kita sendiri. Tapi itu terjadi secara berbeda. Ini tidak adil bagi mereka semua. Tapi kebenaran akan menang. Dan kami akan mengatasi segalanya!"

Dan bukti Nazi yang membuatnya disebut "Werewolf", ada bekas markas besar dan bunker Hitler di dekat Vinnytsia. Dan yang tersisa hanyalah beberapa batu. Reruntuhan. Reruntuhan seseorang yang menganggap dirinya hebat dan tak terkalahkan.

"Ini adalah panduan bagi kita semua dan generasi mendatang. Yang diperjuangkan nenek moyang kita. Dan membuktikan bahwa tidak ada kejahatan yang dapat menghindari tanggung jawab. Tidak akan bisa bersembunyi di bunker. Tidak akan ada batu yang tersisa. Jadi kita akan mengatasi semuanya. Dan kami tahu ini dengan pasti, karena militer kami dan semua orang kami adalah keturunan dari mereka yang mengalahkan Nazisme. Jadi mereka akan menang lagi."

"Dan akan ada kedamaian lagi. Akhirnya lagi!"

Kami akan mengatasi 'musim dingin' (mengacu pada invasi Rusia), yang dimulai pada 24 Februari dan masih berlangsung pada 8 Mei, tetapi pasti akan berakhir, dan matahari Ukraina akan melelehkannya! Dan kita akan bertemu fajar kita bersama dengan seluruh negeri."

"Dan keluarga dan orang yang dicintai, teman dan kerabat akan bersama lagi! Akhirnya lagi! Dan di atas kota dan desa yang diduduki sementara, bendera kita akan berkibar lagi. Akhirnya lagi! Dan kita akan berkumpul. Dan akan ada kedamaian! Akhirnya lagi! Dan tidak ada lagi mimpi hitam putih, hanya mimpi biru dan kuning. Akhirnya lagi! Nenek moyang kita berjuang untuk ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.