Sukses

Pidato Putin di Hari Kemenangan Rusia Tak Tunjukan Tanda Eskalasi Terhadap Ukraina

Presiden Vladimir Putin tidak menunjukkan adanya tanda eskalasi terhadap Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Vladimir Putin mendesak Rusia untuk berperang dalam pidato Hari Kemenangan pada Senin (9 Mei), tetapi diam tentang rencana untuk eskalasi di Ukraina, meskipun ada peringatan Barat bahwa ia mungkin menggunakan alamat Lapangan Merahnya untuk memerintahkan mobilisasi nasional.

Di Ukraina, pertempuran tidak pernah berhenti, dengan Kiev melaporkan serangan rudal di pelabuhan selatan Odesa dan dorongan baru oleh pasukan Rusia untuk mengalahkan pasukan Ukraina terakhir yang bertahan di pabrik baja di Mariupol yang hancur. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (10/5/2022).

Parade tahunan pada hari Senin di Moskow - dengan rudal balistik dan tank yang biasa bergemuruh melintasi bebatuan - dengan mudah diawasi paling dekat sejak kekalahan Nazi tahun 1945 yang dirayakannya.

Ibu kota Barat secara terbuka berspekulasi selama berminggu-minggu bahwa Putin mendorong pasukannya untuk mencapai kemajuan yang cukup pada tanggal simbolis untuk mendeklarasikan kemenangan - tetapi dengan sedikit keuntungan sejauh ini, mungkin malah mengumumkan seruan perang secara nasional.

Presiden Rusia tidak melakukan keduanya, tetapi mengulangi pernyataannya bahwa pasukannya kembali memerangi Nazi.

"Anda berjuang untuk Tanah Air, untuk masa depannya, sehingga tidak ada yang melupakan pelajaran dari Perang Dunia II. Agar tidak ada tempat di dunia untuk algojo, pengejar dan Nazi," kata Putin dari tribun di luar tembok Kremlin.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Janji Presiden Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, dalam pidatonya sendiri, berjanji kepada Ukraina bahwa mereka akan menang.

"Pada Hari Kemenangan atas Nazisme, kami berjuang untuk kemenangan baru. Jalan menuju itu sulit, tetapi kami tidak ragu bahwa kami akan menang," kata Zelenskyy, mengenakan pakaian tentara polos dengan lengan baju digulung.

Di Washington, di mana sumber-sumber mengatakan anggota parlemen Demokrat telah menyetujui proposal bantuan senilai 40 miliar dolar AS untuk Ukraina, termasuk paket senjata baru yang besar , Gedung Putih menggambarkan pernyataan Putin sebagai "sejarah revisionis yang berbentuk disinformasi".

Perang Rusia telah menewaskan ribuan warga sipil, membuat jutaan orang Ukraina melarikan diri dan membuat kota menjadi puing-puing. Moskow tidak memiliki banyak hal untuk ditunjukkan di luar sebidang wilayah di selatan dan keuntungan kecil di timur.

Berlindung di stasiun metro di Kharkiv - kota kedua yang sebagian besar berbahasa Rusia di Ukraina yang telah dibom tanpa henti sejak hari-hari pertama perang - Korban selamat Perang Dunia II Vira Mykhailivna, 90, membenamkan pipinya yang berlinang air mata di tangannya.

"Saya tidak berpikir ini bisa terjadi pada kita," katanya. 

"Hari ini pernah menjadi perayaan besar."

3 dari 4 halaman

Kemenangan Rusia atas Nazi

Kemenangan Soviet dalam Perang Dunia II telah memperoleh status hampir religius di Rusia di bawah Putin, yang telah membangkitkan ingatan akan "Perang Patriotik Hebat" melalui apa yang ia sebut sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina.

Negara-negara Barat menganggap bahwa analogi yang salah untuk membenarkan agresi yang tidak beralasan.

"Tidak akan ada hari kemenangan, yang ada hanya aib dan pasti kekalahan di Ukraina ," kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace.

Di Polandia, duta besar Rusia dikelilingi oleh pengunjuk rasa pada upacara peringatan dan disiram cat merah. Duta Besar Sergei Andreyev, wajahnya basah kuyup dan kemejanya bernoda, mengatakan dia "bangga dengan negara saya dan presiden saya".

Setelah serangan di Kyiv dipukul mundur pada bulan Maret oleh perlawanan kuat Ukraina, Rusia mengerahkan lebih banyak pasukan untuk serangan besar-besaran di timur bulan lalu.

Keuntungan Rusia paling lambat, dan senjata Barat membanjiri Ukraina untuk serangan balik yang diharapkan.

 

4 dari 4 halaman

Kemenangan Rusia

 

Pakar militer Barat - banyak dari mereka awalnya memperkirakan kemenangan cepat Rusia - sekarang mengatakan Moskow bisa kehabisan pasukan. Deklarasi perang penuh akan memungkinkan Putin mengaktifkan pasukan cadangan dan mengirim wajib militer.

"Tanpa langkah-langkah konkret untuk membangun kekuatan baru, Rusia tidak dapat berperang lama, dan jam mulai berdetak pada kegagalan tentara mereka di Ukraina," tweeted Phillips O'Brien, seorang profesor studi strategis di Universitas Inggris St. Andrews.

Perang tampaknya masih mendapatkan dukungan publik yang kuat di Rusia, di mana jurnalisme independen secara efektif dilarang dan televisi pemerintah mengatakan Rusia membela diri dari NATO. Wajib militer akan menguji dukungan itu.

Olga, yang berpartisipasi dalam pawai peringatan "resimen abadi" St Petersburg, mengatakan bahwa dia mengkhawatirkan putra muridnya.

"Saya benar-benar khawatir tentang dia. Saya tahu banyak ibu yang putranya sekarang dalam usia wajib militer ... Mereka mencoba mencari cara untuk menyelamatkan anak-anak mereka dari perang ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.