Sukses

Hiu Putih Besar Seberat 450 Kg Ditemukan di New Jersey

Hiu putih besar ditemukan di New Jersey.

Liputan6.com, Jakarta - Hiu putih besar yang bermigrasi seberat 1.000 pon (453 kilogram) muncul di lepas pantai New Jersey pada 28 April saat mencari tempat pemancingan yang lebih jauh ke utara.

Para peneliti menjuluki hiu itu "Ironbound" ketika ia pertama kali ditangkap dan diberi tag pada tahun 2019, saat ia ditemukan di dekat West Ironbound Island dekat Lunenburg, Nova Scotia. Demikian seperti dilansir dari laman Live Science, Senin (9/5/2022). 

Hiu sepanjang 12,4 kaki (3,7 meter) bermigrasi ketika ia muncul di satelit.

"Musim kawin sudah berakhir, kami pikir, dan Ironbound sedang dalam perjalanan ke utara untuk mendapatkan tempat makan yang baik dan bertambah besar lagi untuk tahun depan," Bob Hueter, kepala ilmuwan di Ocearch nirlaba, mengatakan kepada CNN tentang penemuan itu. 

Ocearch menandai dan melacak hiu putih besar ( Carcharodon carcharias ) dalam upaya untuk lebih memahami migrasi mereka yang sulit dipahami. Perangkat yang tidak berbahaya, yang disebut tag spot, dipasang pada sirip punggung dan menyampaikan lokasi hiu ke satelit perangkat penentuan posisi global (GPS). Tag dirancang untuk jatuh setelah beberapa tahun.

Pelacak memiliki sedikit margin kesalahan, yang berarti bahwa lokasi tepat hiu mungkin melenceng beberapa kaki atau meter ketika mereka muncul dalam jangkauan satelit GPS. 

"Bilah kesalahan itu bisa menjadi perbedaan antara satu sisi Long Island dan sisi lainnya," kata George Burgess, ahli biologi kelautan dan direktur emeritus Program Florida untuk Penelitian Hiu di Museum Sejarah Alam Florida, kepada Live Science pada 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Temuan Hiu Putih

Hueter mengatakan kepada CNN bahwa Ocearch telah menandai hiu putih besar sepanjang 17,5 kaki (5 m) dan seberat 4.000 pon (1.814 kg), yang berarti Ironbound berukuran sedang.

Ironbound telah menempuh perjalanan sekitar 13.000 mil (20.921 kilometer) sejak ia pertama kali ditandai. Baru-baru ini, dia terlihat pada 3 Mei, menurut data Ocearch, ketika jantan dewasa berada lebih jauh di Samudra Atlantik, di sebelah timur Philadelphia.

Great white terkenal di masyarakat karena penampilan mereka di film-film seperti "Jaws" (1975) dan Sharknado (2013), bersama dengan sekuel franchise tersebut. Yang mengatakan, perilaku mereka jauh dari bagaimana film menggambarkan mereka. 

"Hiu putih sering digambarkan sebagai 'pembunuh yang tidak punya pikiran' dan 'suka daging manusia'.

"Namun, tampaknya tidak demikian; kami hanya terlihat seperti makanan mereka," Laura Ryan, seorang peneliti postdoctoral di Macquarie University di Australia, sebelumnya mengatakan kepada Live Science.

3 dari 5 halaman

Proses Migrasi

Mereka bermigrasi untuk mencari makan dan berkembang biak, dan para peneliti telah mencatat mereka di lautan beriklim sedang dan tropis di seluruh dunia; mereka sering muncul di lepas pantai negara-negara seperti AS, Australia, dan Afrika Selatan.

Hiu putih besar rentan terhadap kepunahan dan memiliki populasi yang menurun, menurut  penilaian 2018  oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). 

Meskipun secara teknis hiu tidak terancam punah, mereka berisiko memperoleh status tersebut karena ancaman manusia seperti penangkapan ikan yang berlebihan.

4 dari 5 halaman

Hiu Mako Hampir Punah

Negara-negara nelayan Atlantik Utara telah berjanji untuk melarang penangkapan ikan hiu mako sirip pendek, atau hiu tercepat di dunia, dalam upaya untuk menyelamatkan spesies yang terancam punah. Konservasionis, yang telah bertahun-tahun berusaha untuk melindungi hiu mako dengan baik, mengatakan larangan itu adalah "terobosan kritis".

Dilansir The Guardian, Kamis (25/11/2021), Upaya untuk memastikan kesepakatan antara negara-negara nelayan di Atlantik, tindakan ini dipimpin oleh Inggris, Kanada dan Senegal. Pada pertemuan tahunan International Commission for the Conservation of Atlantic Tunas (ICCAT) atau Komisi Internasional untuk Konservasi Tuna Atlantik di di minggu ini, negara-negara sepakat untuk segera mengakhiri penangkapan ikan yang berlebihan.

Tindakan ini akan secara bertahap mencapai tingkat biomassa yang cukup, untuk mendukung hasil maksimum yang berkelanjutan pada tahun 2070 untuk hiu mako. Hiu mako, kadang-kadang disebut sebagai "cheetah lautan", karena mereka dapat mencapai kecepatan sekitar 72km/jam.

Spesies ini diklasifikasikan sebagai hewan terancam punah dalam daftar merah spesies terancam di International Union for Conservation of Nature dan dianggap sangat rentan di Atlantik Utara. Kekhawatiran di seluruh dunia atas penurunan tersebut disorot pada tahun 2019, ketika sejumlah besar negara memilih untuk mengatur perdagangan di bawah Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah.

5 dari 5 halaman

Infografis 4 Cara Tampil Menawan Saat Foto Pakai Masker Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.