Sukses

Vladimir Putin Bangkitkan Semangat Kemenangan Rusia di Perang Dunia II untuk Lawan Ukraina

Vladimir Putin mengutuk apa yang disebutnya ancaman eksternal untuk melemahkan dan memecah belah Rusia.

Liputan6.com, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin membangkitkan memori kepahlawanan Soviet dalam Perang Dunia II pada Senin (9 Mei) dan mendesak pasukannya menuju kemenangan di Ukraina.

Berpidato di depan barisan prajurit di Lapangan Merah pada peringatan 77 tahun kemenangan atas Nazi Jerman, Putin mengutuk apa yang disebutnya ancaman eksternal untuk melemahkan dan memecah belah Rusia.

Ia mengulangi argumen yang biasa dia gunakan untuk membenarkan invasinya, dan menyebut bahwa NATO menciptakan ancaman tepat di sebelah wilayah Rusia.

Dia secara langsung berbicara kepada tentara yang bertempur di wilayah Donbas di Ukraina timur yang telah dijanjikan Rusia untuk "dibebaskan" dari Kiev.

"Membela Tanah Air ketika nasibnya sedang diputuskan," katanya.

"Hari ini Anda berjuang untuk orang-orang di Donbas, untuk keamanan Rusia, Tanah Air kami."

Pidato 11 menit Putin pada hari ke-75 invasi tidak memberikan penilaian kemajuan dalam perang dan tidak memberikan indikasi berapa lama itu akan berlanjut.

Putin Beri Peringatan Soal Intervensi Asing

Setiap negara yang mencoba untuk campur tangan dalam perang Ukraina akan menghadapi tanggapan "secepat kilat", Presiden Rusia Vladimir Putin telah memperingatkan.

"Kami memiliki semua alat yang tidak dapat dibanggakan oleh siapa pun ... kami akan menggunakannya jika perlu", katanya, dalam apa yang dilihat sebagai referensi untuk rudal balistik dan senjata nuklir. Demikian seperti dilansir dari laman BBC, Kamis (28/4/2022). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AS Janjikan Pasokan Senjata Untuk Ukraina

Sekutu Ukraina telah meningkatkan pasokan senjata, dengan AS berjanji untuk memastikan Ukraina mengalahkan Rusia. Para pejabat Barat mengatakan Rusia sedang terhambat dalam upayanya di timur.

Pekan lalu, Rusia melancarkan serangan besar-besaran untuk merebut wilayah Donbas setelah menarik diri dari wilayah sekitar ibu kota Kyiv.Namun menurut seorang pejabat, pasukan Rusia "mendapatkan kesulitan untuk mengatasi perlawanan setia Ukraina dan mereka menderita kerugian". 

Dalam perkembangan lain, Komisi Eropa menuduh Rusia melakukan pemerasan setelah Moskow menghentikan ekspor gas ke Polandia dan Bulgaria.

Presiden Komisi, Ursula von der Leyen mengatakan itu menunjukkan "tidak dapat diandalkan" Rusia sebagai pemasok.Kremlin mengatakan Rusia telah dipaksa melakukan tindakan tersebut oleh "langkah-langkah tidak bersahabat" dari negara-negara Barat.

Pemutusan Gazprom mengikuti penolakan Polandia dan Bulgaria untuk membayar gas dalam rubel Rusia - permintaan yang dibuat oleh Presiden Vladimir Putin pada bulan Maret, yang dirancang untuk menopang mata uang yang goyah yang terpukul oleh sanksi Barat.

3 dari 4 halaman

Kecam Campur Tangan Asing

Putin membuat komentarnya berbicara kepada anggota parlemen Rusia di kota utara St Petersburg pada hari Rabu.

"Jika seseorang dari luar mencoba untuk campur tangan di Ukraina dan menciptakan ancaman strategis bagi Rusia, tanggapan kami akan secepat kilat," katanya. 

"Kami memiliki semua alat [untuk merespons] yang tidak dapat dibanggakan oleh siapa pun. Dan kami tidak akan menyombongkannya, kami akan menggunakannya jika perlu."

Pemimpin Rusia itu menambahkan bahwa semua keputusan tentang apa yang akan termasuk dalam tanggapan itu telah dibuat - tanpa memberikan rincian lebih lanjut.Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari, dan dalam beberapa hari Presiden Putin memerintahkan militernya untuk menempatkan pasukan penangkal nuklir Rusia dalam siaga tinggi.

Analis menyarankan ancaman semacam itu adalah upaya Putin untuk memperingatkan sekutu Ukraina agar tidak lebih banyak campur tangan dalam konflik.

Presiden Putin berbicara sehari setelah negara-negara Barat mengadakan pertemuan puncak di Jerman, berjanji untuk meningkatkan dukungan militer untuk Ukraina.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berjanji untuk menggerakkan "langit dan bumi" untuk memastikan Ukraina memenangkan perang.

4 dari 4 halaman

Singgung Bantuan untuk Ukraina

Baru-baru ini ada peningkatan jumlah janji untuk meningkatkan dukungan militer ke Ukraina, termasuk pengumuman Jerman bahwa mereka akan mengirim 50 tank anti-pesawat, dalam kebijakan putar balik yang tajam.

Amerika Serikat dan Ukraina "sebagian besar selaras" pada peralatan militer yang diyakini Ukraina perlu untuk memerangi invasi Rusia dan apa yang dapat diberikan Washington, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada Selasa (26 April).

Blinken mengatakan kepada Komite Hubungan Luar Negeri Senat bahwa dia membahas kebutuhan tersebut dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ketika keduanya bertemu dalam perjalanannya ke Ukraina pada hari Minggu dengan Menteri Pertahanan Lloyd Austin, kunjungan resmi pertama AS sejak serangan Rusia dimulai pada 24 Februari.

"Saya pikir kami sebagian besar selaras dengan apa yang mereka katakan mereka butuhkan dan apa yang kami pikir dapat kami berikan," kata Blinken pada jajak pendapat tahunan tentang anggaran Departemen Luar Negeri dan prioritas diplomatik.

Anggota komite, baik Partai Republik dan rekan Demokrat Presiden Joe Biden, mengatakan mereka setuju untuk memberikan bantuan tambahan ke Ukraina.

Blinken mengatakan senjata sampai ke Ukraina dengan kecepatan lebih tinggi. Di masa lalu, Blinken mengatakan itu bisa memakan waktu berminggu-minggu. Sekarang dia mengatakan bisa memakan waktu 72 jam antara keputusan Biden untuk mengirim material dan kedatangannya di tangan para pejuang Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.