Sukses

60 Orang Diduga Tewas dalam Aksi Pemboman Sekolah di Ukraina

Rusia diduga melakukan pemboman terhadap sekolah di Ukraina hingga menewaskan 60 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 60 orang dikhawatirkan tewas ketika sebuah bom menghantam sebuah sekolah desa di Ukraina timur, kata gubernur regional pada Minggu (8 Mei) sementara pasukan Rusia terus menembaki pertahanan terakhir perlawanan Ukraina di reruntuhan. pelabuhan tenggara Mariupol.

Gubernur wilayah Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan sekolah di Bilohorivka, tempat sekitar 90 orang berlindung, pada hari Sabtu terkena bom Rusia, yang membakarnya. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (9/5/2022).

"Hampir tidak ada harapan ada yang selamat. Bom udara meledak di tengah (gedung)," tulis Gaidai di aplikasi perpesanan Telegram. "Di sekolah itu ada sekitar 90 orang, 27 diselamatkan. Sekitar 60 orang kemungkinan tewas."

Reuters tidak dapat segera memverifikasi akunnya. Tidak ada tanggapan dari Moskow atas laporan tersebut.

Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh pasukan Rusia menargetkan warga sipil dalam perang, sesuatu yang dibantah Moskow.

Di Mariupol, wakil komandan resimen Azov yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal yang luas memohon kepada masyarakat internasional untuk membantu mengevakuasi tentara yang terluka.

"Kami akan terus berjuang selama kami masih hidup untuk mengusir penjajah Rusia," kata Kapten Sviatoslav Palamar dalam konferensi pers online.

 Lebih dari 170 warga sipil dievakuasi dari daerah Mariupol pada hari Minggu, sehingga total menjadi sekitar 600 orang yang selamat selama operasi penyelamatan selama seminggu, kata PBB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kecaman dari G7

Ketika invasi Rusia sekarang memasuki bulan ketiga, dengan pihak berwenang di wilayah Kharkiv timur melaporkan lebih banyak korban dari penembakan Rusia, para pemimpin negara-negara industri Kelompok Tujuh berjanji pada hari Minggu untuk memperdalam isolasi ekonomi Rusia dan "meningkatkan" kampanye melawan Elit terkait Kremlin.

Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin G7 lainnya mengadakan panggilan video dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam sebuah pertunjukan persatuan menjelang perayaan Hari Kemenangan Rusia pada hari Senin.

G7 mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menghapus atau melarang minyak Rusia dan mengecam invasi Presiden Vladimir Putin ke Ukraina.

"Tindakannya mempermalukan Rusia dan pengorbanan bersejarah rakyatnya," kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, merujuk pada peran Soviet Rusia dalam mengalahkan Nazi Jerman 77 tahun lalu.

Washington juga meluncurkan putaran sanksi lain yang menargetkan lebih banyak eksekutif dan bisnis sebagai bagian dari upaya luas untuk mengisolasi Rusia dan membatasi sumber daya yang digunakan untuk memajukan perang.

Ia juga mengumumkan kebijakan baru pembatasan visa pada lebih dari 2.500 pejabat militer Rusia dan paksaan yang didukung Rusia di Ukraina, menurut lembar fakta Departemen Luar Negeri.

3 dari 4 halaman

Situasi di Mariupol

Di kota Zaporizhzhia yang dikuasai Ukraina, sekitar 230 km barat laut Mariupol, puluhan orang yang telah meninggalkan kota dan daerah pendudukan di dekatnya menunggu untuk mendaftar di tempat parkir yang disiapkan untuk para pengungsi.

"Masih banyak orang di Mariupol yang ingin pergi tetapi tidak bisa," kata guru sejarah Viktoria Andreyeva, 46, yang mengatakan dia baru saja tiba di kota itu setelah meninggalkan rumahnya yang dibom di Mariupol bersama keluarganya pada pertengahan April.

"Udaranya terasa berbeda di sini, bebas," katanya di tenda di mana para sukarelawan menawarkan makanan, perlengkapan dasar, dan mainan kepada para pengungsi, banyak yang bepergian dengan anak-anak kecil.

Dalam pidato emosional pada hari Minggu untuk Hari Kemenangan, ketika Eropa memperingati penyerahan resmi Nazi Jerman kepada Sekutu dalam Perang Dunia Kedua, Zelenskyy mengatakan bahwa kejahatan telah kembali ke Ukraina dengan invasi Rusia, tetapi negaranya akan menang.

Putin mengatakan bahwa dia meluncurkan "operasi militer khusus" pada 24 Februari untuk melucuti senjata Ukraina dan menyingkirkan nasionalisme anti-Rusia yang dikobarkan oleh Barat. Ukraina dan sekutunya mengatakan Rusia melancarkan perang tanpa alasan.

Mariupol adalah kunci dari upaya Moskow untuk menghubungkan Semenanjung Krimea, yang direbut oleh Rusia pada tahun 2014, dan bagian dari wilayah timur Luhansk dan Donetsk yang telah dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia sejak saat itu.

4 dari 4 halaman

Dukungan untuk Ukraina

Wakil Perdana Menteri Rusia, Marat Khusnullin mengatakan di Telegram bahwa ia mengunjungi Mariupol pada hari Minggu, tokoh pemerintah paling senior negara itu untuk menginjakkan kaki di kota itu setelah berminggu-minggu pemboman Rusia.

Khusnullin, yang bertanggung jawab atas konstruksi dan pengembangan kota, mengunjungi pelabuhan komersial di sana dan mengatakan pelabuhan itu harus berfungsi untuk membawa bahan bangunan untuk memulihkan kota, menurut saluran TV Zvezda milik kementerian pertahanan Rusia.

Sejumlah pejabat Barat, termasuk ibu negara AS Jill Biden, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, seorang kepala parlemen Jerman dan menteri luar negeri Norwegia tiba di Ukraina pada Minggu untuk menunjukkan dukungan. Sebuah tim diplomat AS juga tiba di Kyiv untuk pertama kalinya sejak invasi.

Putin mengirim pesan Hari Kemenangan kepada para pemimpin separatis di Luhansk dan Donetsk, mengatakan Rusia berjuang bahu-membahu dengan mereka dan menyamakan upaya bersama mereka dengan perang melawan Nazi Jerman. "Kemenangan akan menjadi milik kita," kata Putin, menurut siaran pers Kremlin pada hari Minggu.

Upaya Rusia telah terhalang oleh masalah logistik dan peralatan dan korban yang tinggi dalam menghadapi perlawanan sengit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.