Sukses

COVID-19 Kembali Merebak di Beijing China, Tes Massal Jadi Rutinitas Harian

Pembatasan COVID-19 yang ketat di Beijing, Shanghai dan puluhan kota besar lainnya di seluruh China berdampak psikologis pada rakyatnya, membebani ekonomi terbesar kedua di dunia.

Liputan6.com, Beijing - Jutaan warga Beijing mengantri untuk tes COVID-19 lagi pada Minggu (8 Mei) ketika ibu kota China berusaha melacak dan mengisolasi setiap infeksi untuk menahan wabah kecil namun keras kepala - dan menghindari penguncian berkepanjangan tipe Shanghai.

Pembatasan COVID-19 yang ketat di Beijing, Shanghai dan puluhan kota besar lainnya di seluruh China berdampak psikologis pada rakyatnya, membebani ekonomi terbesar kedua di dunia dan mengganggu rantai pasokan global dan perdagangan internasional.

Tetapi pihak berwenang China tidak tergoyahkan dalam komitmen mereka untuk membasmi virus corona, daripada hidup dengan COVID-19 seperti banyak negara yang melonggarkan atau membuang langkah-langkah virus, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (8/5/2022).

Pekan lalu pihak berwenang mengancam tindakan terhadap kritik terhadap kebijakan zero-COVID.

Sebagian besar dari 25 juta orang di pusat komersial Shanghai, kota terpadat di China, telah dikurung di kompleks perumahan mereka selama lebih dari sebulan.

Banyak yang mengeluh tidak bisa mendapatkan makanan atau mengakses perawatan kesehatan darurat atau layanan dasar lainnya.

Beberapa bagian Shanghai telah melihat tingkat risiko mereka secara resmi diturunkan ke titik di mana aturan pemerintah secara teori akan memungkinkan mereka untuk meninggalkan tempat tinggal mereka.

Tetapi sementara beberapa diizinkan keluar untuk berjalan-jalan singkat atau perjalanan belanjaan, sebagian besar masih terjebak di belakang gerbang kompleks mereka yang terkunci, menyebabkan frustrasi yang meluas dan kadang-kadang menyebabkan pertengkaran langka dengan pihak berwenang yang cocok dengan hazmat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beijing Menghindari Penguncian Total

Beijing sangat ingin menghindari drama semacam itu, tanpa henti bekerja untuk melacak dan mengisolasi infeksi.

Pada hari Minggu, warga berbaris untuk putaran tes lain di distrik Chaoyang, Fangshan dan Fengtai dan sebagian kecil dari lainnya di mana infeksi telah terdeteksi selama dua minggu terakhir.

Ini telah menjadi rutinitas hampir setiap hari di ibu kota. Bahkan jika mereka tidak tunduk pada tes massal, banyak yang masih perlu menunjukkan hasil negatif baru-baru ini untuk mulai bekerja atau memasuki berbagai tempat.

Beijing telah menutup pusat kebugaran dan tempat hiburan, melarang layanan makan di restoran dan menutup sejumlah rute bus dan hampir 15 persen dari sistem kereta bawah tanahnya yang luas.

Jalan-jalan kurang sibuk dari biasanya, dengan banyak yang tidak ingin mengambil risiko aktivitas apa pun yang dapat mengklasifikasikan mereka sebagai kontak dekat pasien COVID-19, memaksa mereka dikarantina. Bisnis yang tetap terbuka menderita.

Seorang tukang cukur yang meminta untuk diidentifikasi hanya dengan nama keluarganya Song mengatakan salonnya di pusat perbelanjaan kelas atas di Chaoyang telah melihat klien yang jauh lebih sedikit sejak wabah.

 

3 dari 3 halaman

Kasus Masih Rendah Namun Mengkhawatirkan

Kasus COVID-19 harian Beijing berada di puluhan, jauh lebih rendah daripada Shanghai pada saat ini dalam wabahnya sendiri, ketika infeksi berada di tiga digit dan meningkat.

Kasus Shanghai turun untuk hari kesembilan, data hari Minggu menunjukkan, tetapi tetap dalam ribuan.

Seperti kota-kota lain di China, Shanghai sedang membangun ribuan stasiun pengujian PCR permanen. Dengan sebagian besar penduduk masih di dalam rumah, ini tampaknya mengantisipasi kembalinya kehidupan normal secara bertahap ketika orang-orang kembali keluar di jalanan.

Tetapi pihak berwenang telah memperingatkan bahwa itu masih jauh.

Pertemuan para pemimpin top China pekan lalu mengatakan negara itu akan melawan komentar atau tindakan apa pun yang menyimpang, meragukan atau menolak kebijakan COVID-19. Pejabat partai dan kota Shanghai juga telah memperingatkan agar tidak berpuas diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini