Sukses

Sosok Nikolai Patrushev yang Disebut Bakal Gantikan Vladimir Putin Jadi Presiden Rusia

Nikolai Patrushev disebut-sebut menggantikan posisi Presiden Rusia Vladimir Putin yang dikabarkan sakit, meskipun belum ada pernyataan resmi dari Kremlin.

Liputan6.com, Moskow - Nama Nikolai Patrushev belakangan mencuat. Sosok ini disebut-sebut menggantikan posisi Presiden Rusia Vladimir Putin yang dikabarkan sakit, meskipun belum ada pernyataan resmi dari Kremlin.

Menurut New York Post, dalam sebuah video di saluran Telegram diklaim bahwa Vladimir Putin baru-baru ini melakukan percakapan "dari hati ke hati" selama dua jam dengan ajudan dekat dan sekretaris dewan keamanan Rusia, Nikolai Patrushev.

Nikolai Patrushev, yang merupakan mantan kepala Dinas Keamanan Federal (FSB), diberitahu bahwa dia mungkin akan diberi tanggung jawab dalam serah terima yang berlangsung beberapa hari, demikian dikutip dari laman The Independent, Jumat (6/5/2022).

Dan presiden menjelaskan kepadanya bahwa dia memandang Patrushev sebagai "hampir satu-satunya orang yang benar-benar bisa dipercaya dan teman dalam sistem kekuasaan".

Theresa Fallon, pendiri dan direktur Pusat Studi Rusia Eropa Asia (CREAS) di Brussels mengatakan kepada The Independent bahwa Patrushev masuk akal sebagai pemimpin sementara. Alasannya, karena dia juga di usia tuanya dan tidak akan menjadi ancaman bagi Putin dibandingkan dengan pasangan yang lebih muda.

Anders slund, penulis buku Russia's Crony Capitalism, mengatakan kepada The Independent bahwa fakta laporan-laporan baru tersebut dikutip oleh General SVR berarti mereka tidak boleh diabaikan begitu saja. "Putin terlihat sangat berbeda, tidak sehat," katanya.

"Saya sangat menghargai laporan Jenderal SVR, tidak semuanya benar tetapi mereka cenderung memiliki sesuatu yang benar."

Roman Badanin dan sekelompok jurnalis Investigasi Rusia menulis laporan besar untuk publikasi web 'Proekt' yang menunjukkan bahwa Putin bepergian dengan sembilan dokter, salah satunya adalah spesialis bedah kanker tiroid.

Dia mengacu pada laporan investigasi jurnalis Rusia Badanin, yang merinci bahwa seorang spesialis kanker tiroid diduga melakukan 35 perjalanan untuk menemui presiden Rusia dan menghabiskan 166 hari bersamanya selama rentang empat tahun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cikal Bakal Kabar Putin Sakit Muncul

Klaim terbaru tentang kesehatan Putin dibuat di saluran Telegram yang konon dijalankan oleh mantan letnan jenderal Badan Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR), menggunakan nama samaran "Viktor Mikhailovich".

Pekan lalu, sebuah video muncul kembali dari pertemuan pertengahan Februari yang menunjukkan Putin tampak gemetar tak terkendali saat ia menyambut pemimpin Belarus Alexander Lukashenko.

Video lain bulan lalu menunjukkan Putin meraih sudut meja dengan tangan kanannya segera setelah dia duduk untuk rapat, dan memegangnya selama keseluruhan di video 12 menit.

Dia juga terlihat sesekali memegang ujung meja dengan tangan kirinya selama percakapan dengan menteri pertahanan Sergei Shoigu.

Laporan media sebelumnya telah menarik perhatian ke wajah Putin yang membengkak dan penggunaan meja setinggi 13 kaki untuk menjauhkan diri dari orang lain dalam pertemuan, termasuk dengan sesama pemimpin dunia, memicu desas-desus bahwa ada lebih banyak hal terjadi pada Putin selama pandemi.

“Dalam situasi perang dengan kepemimpinan yang sangat tidak transparan, para analis mengamati dengan cermat setiap petunjuk tentang kesehatan Putin [terutama] saat Hari Kemenangan 9 Mei mendekat,” kata Fallon, merujuk pada peringatan kekalahan Nazi di 1945, yang diharapkan Rusia akan ditandai dengan parade militer di Moskow.

“Akankah sesuatu yang berdampak terjadi pada hari itu adalah pertanyaan besar. Spekulasi tersebar luas karena ini adalah lanskap yang sangat tidak terduga saat ini.”

3 dari 4 halaman

Rumor Vladimir Putin Deklarasi Perang Rusia Ukraina

Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari 2022, dan sejak itu Presiden Vladimir Putin bersikeras bahwa pasukannya melakukan "operasi militer khusus" alih-alih perang.

Tetapi spekulasi berkembang bahwa ini bisa berubah dalam beberapa hari mendatang. Para pejabat Barat percaya bahwa Putin dapat secara resmi menyatakan perang terhadap Ukraina segera pada 9 Mei, bertepatan dengan hari simbolis bagi Rusia, membuka jalan baginya untuk melakukan kampanyenya.

Sejauh ini Rusia telah menepis spekulasi bahwa mereka akan menyatakan perang habis-habisan di Ukraina dalam beberapa hari mendatang dan menyebutnya sebagai "omong kosong".

Dilansir BBC, Kamis 5 Mei 2022, Moskow sampai sekarang membantah sedang berperang, dan hanya menyebut invasi itu sebagai "operasi militer khusus". Namun para pejabat Barat berspekulasi bahwa Presiden Vladimir Putin dapat menggunakan Parade Kemenangan 9 Mei untuk mengumumkan eskalasi aksi militer.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, bagaimanapun, mengatakan tidak ada kebenaran dari rumor itu "sama sekali". 

4 dari 4 halaman

Apa Itu 9 Mei?

Tanggal 9 Mei dikenal sebagai Victory Day atau Hari Kemenangan di Rusia. Pada momen tersebut memperingati keberhasilan negara itu dari Nazi pada 1945.

Hari tersebut ditandai dengan parade militer di Moskow, dan para pemimpin Rusia secara tradisional berdiri di makam Vladimir Lenin, tepatnya di Lapangan Merah untuk memberikan penghormatan.

"9 Mei dirancang untuk pamer ke penonton tuan rumah, untuk mengintimidasi oposisi dan untuk menyenangkan diktator saat itu," kata James Nixey, direktur Program Rusia-Eurasia di Chatham House kepada CNN.

Para pejabat Barat telah lama percaya bahwa Vladimir Putin akan memanfaatkan signifikansi simbolis dan nilai propaganda hari itu untuk mengumumkan pencapaian militer di Ukraina, eskalasi besar permusuhan -- atau keduanya.

Presiden Rusia memiliki mata yang tajam untuk simbolisme, setelah meluncurkan invasi ke Ukraina sehari setelah Defender of the Fatherland Day atau Hari Pembela Tanah Air, hari militer penting lainnya di Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.