Sukses

Masih Bingung Tomat Itu Buah Atau Sayur? Ini Penjelasannya

Tomat harus menjadi bagian rutin dari diet Anda. Lalu, banyak orang mungkin bertanya-tanya apakah tomat itu sayuran atau buah?

Liputan6.com, Jakarta - Tomat disebut makanan super, makanan fungsional, dan sangat lezat. Tomat memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang membantu menjaga tubuh kita serta membantu menangkal beberapa penyakit kronis dan beta-karoten menjadi Vitamin C.

Tomat harus menjadi bagian rutin dari diet Anda. Lalu, banyak orang mungkin bertanya-tanya apakah tomat itu sayuran atau buah?

Dikutip dari laman Mentalfloss, Kamis (14/5/2020) jawabannya adalah itu tergantung pada siapa yang bertanya.

Dalam dunia botani, buah didefinisikan sebagai bagian yang berkembang dari ovarium bunga yang dibuahi.

Sayuran adalah bagian tanaman yang bisa dimakan yang bukan buah. Menurut definisi ini, tomat adalah buah.

Ahli botani, bagaimanapun tidak memiliki kata terakhir pada subjek. Pada tahun 1893, Mahkamah Agung A.S. diminta untuk memutuskan apakah tomat adalah buah atau sayuran setelah importir John Nix ditampar dengan pajak impor 10 persen untuk sayuran yang masuk ke Otoritas Pelabuhan New York.

Dia memperdebatkan definisi botani, tetapi hakim tidak setuju, memutuskan bahwa dalam "bahasa umum masyarakat, baik penjual atau konsumen perbekalan," tomat adalah sayuran.

Ahli gizi khususnya suka mengkategorikan tomat sebagai sayur karena kekurangan jumlah fruktosa (gula) yang ditemukan di banyak buah-buahan seperti jeruk dan apel.

Dalam istilah yang kurang formal, buah-buahan juga diklasifikasikan berdasarkan kemampuannya untuk dimasukkan ke dalam makanan penutup karena rasa manisnya. Ada alasan mengapa kita memiliki pai apel dan bukan pai brokoli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi, apakah tomat itu buah?

Sebagai tumbuhan yang diunggulkan, ya. Secara nutrisi, tidak.

Jika Anda ingin berpegang pada ketentuan hukum, menurut kasus Nix, tomat adalah sayuran.

Dia tidak bisa membuktikan sebaliknya. Kemudian lagi, itu mungkin tergantung di mana Anda tinggal.

Tennessee menjadikannya sebagai buah resmi negara, sedangkan New Jersey menyebutnya sebagai sayur resmi negara. Arkansas memainkan kedua sisi pagar dengan mendeklarasikan tomat sebagai buah negara dan sayuran negara.

3 dari 4 halaman

Satu Pohon Berbuah 1.269 Tomat, Pria di Inggris Pecahkan Rekor Dunia

Douglas Smith, seorang tukang kebun dari Hertfordshire, Inggris baru-baru ini membuat Rekor Guinness baru untuk besaran buah tomat yang ditanam pada satu batang.

Tak tanggung-tanggung, satu pohon tomat yang ukurannya tak terlalu besar itu punya 1.269 buah, demikian dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (12/4/2022).

Hingga musim panas lalu, ada sebuah rekor yang tidak tertandingi selama lebih dari satu dekade.

Kemudian petani Inggris Douglas Smith mengarahkan pandangannya untuk memecahkan rekor tersebut.

Ia berpikir bahwa dirinya dapat menumbuhkan lebih dari 488 buah pada satu batang. Dan dia membuktikannya tahun lalu, ketika dia berhasil menghapus rekor lama dengan menanam 839 tomat di tanam rumah kaca.

Itu adalah pencapaian yang luar biasa, tetapi baru-baru ini ia kembali memulai eksperimennya.

Beberapa minggu kemudian Hertfordshire ia memecahkan rekornya sendiri dengan menanam tidak kurang dari 1.269 tomat pada satu batang.

Bisa dibilang Douglas Smith adalah seorang ahli hortikultura yang punya obsesi besar.

Dia menghabiskan hingga empat jam sehari di kebun belakangnya merawat tanamannya, dan telah bekerja keras untuk menjadi tukang kebun terbaik yang pernah ada di dunia.

4 dari 4 halaman

Rajin Baca Makalah Ilmiah

Untuk memaksimalkan peluangnya memecahkan rekor dunia baru, Smith membaca berbagai makalah ilmiah dan bahkan mengambil sampel tanah untuk diuji di laboratorium. Namun pada akhirnya, semua itu terbayar.

"Saya merasa bahagia," kata Douglas.

"Tahun ini hanya dimaksudkan sebagai tahun percobaan untuk melihat varietas mana yang akan menghasilkan buah paling banyak. Saya kagum dengan berapa banyak tomat yang ada di satu batang pada akhirnya."

"Tomat dihitung menjadi 10 kotak, dan 10 kotak ditempatkan di nampan. Setiap nampan berisi 100 tomat," kata tukang kebun tersebut.

Punya 1.269 buah tomat dalam satu batang hanyalah pencapaian terbaru Douglas Smith.

Pada tahun 2020, ia menanam bunga matahari setinggi 20 kaki, dan juga membuat rekor nasional baru untuk tomat terberat, dengan tomat 3,106 kg (6,85 pon).

Dia “suka melakukan eksperimen kecil-kecilan dengan sayuran raksasa dan tanaman raksasa lainnya”, dan saat ini dia sedang bereksperimen dengan kacang polong, terong, dan kentang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.