Sukses

Hampir 300 Anak di Seluruh Dunia Terinfeksi Hepatitis

Wabah hepatitis menyerang ratusan anak di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir 300 kemungkinan kasus anak-anak dengan hepatitis parah telah terdeteksi di 20 negara di seluruh dunia, dengan beberapa di Asia Tenggara, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dilansir dari laman BBC, Kamis (5/5/2022), pejabat kesehatan di seluruh dunia sedang menyelidiki peningkatan misterius dalam kasus kondisi hati yang pertama kali terlihat di Inggris.

Virus umum yang disebut adenovirus, yang pulih kembali setelah pandemi, dapat menyebabkan lonjakan. Satu kematian telah dilaporkan oleh WHO.

Pada 1 Mei, dikatakan sebagian besar kasus anak kecil dengan hepatitis telah terdeteksi di Eropa dengan sejumlah kecil juga dilaporkan di Amerika, Pasifik barat dan Asia Tenggara.

Kasus pertama dari hepatitis yang tidak biasa ini ditemukan di Skotlandia pada anak-anak di bawah usia 10 tahun. Lebih dari 140 kasus sekarang sedang diselidiki di Inggris.

Sebagian besar anak-anak Inggris mengalami peradangan hati ringan, meskipun 10 anak membutuhkan transplantasi hati.Mereka memiliki gejala awal muntah dan diare diikuti dengan menguningnya kulit atau putih mata, yang disebut penyakit kuning.

Virus hepatitis yang biasanya menyebabkan kondisi tersebut (virus A, B, C, D dan E) tidak terdeteksi pada anak-anak.

Negara-negara di seluruh dunia mulai mencari kondisi hati yang tidak dapat dijelaskan 'asalnya tidak diketahui' pada anak-anak setelah disorot oleh pejabat kesehatan Inggris.

Tidak ada alasan untuk percaya bahwa kondisi langka itu sendiri menyebar ke seluruh dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Level yang Lebih Tinggi

WHO mengatakan belum jelas apakah ada peningkatan kasus hepatitis, atau peningkatan kesadaran akan kondisi yang biasanya tidak terdeteksi. 

Para ilmuwan percaya bahwa virus umum yang telah pulih sejak pandemi dapat berperan. 

Telah beredar pada tingkat yang jauh lebih tinggi dari biasanya baru-baru ini.Adenovirus adalah patogen paling umum yang terdeteksi pada sekitar tiga perempat anak-anak Inggris dengan hepatitis yang dikonfirmasi yang diuji.

Dan jenis adenovirus tertentu, yang disebut F41, ditemukan pada seperempat dari darah anak-anak itu.Adenovirus yang sama juga dilaporkan ditemukan pada sembilan anak dengan hepatitis di Amerika Serikat.

Pejabat kesehatan Inggris percaya anak-anak kecil, yang tidak terpapar virus umum selama pandemi Covid karena berkurangnya pergaulan, sekarang terinfeksi ketika mereka tidak memiliki perlindungan sebelumnya.

Ada 50 jenis adenovirus yang berbeda dan umumnya menyebabkan pilek, dan terkadang sakit dan diare. Mereka jarang menyebabkan hepatitis pada anak-anak yang sehat. 

Pakar kesehatan juga sedang menyelidiki penyebab lain, seperti munculnya strain baru adenovirus, infeksi Covid sebelumnya, atau keduanya terjadi secara bersamaan.

"Sementara adenovirus adalah hipotesis yang mungkin, penyelidikan sedang berlangsung untuk agen penyebab," kata WHO.

3 dari 4 halaman

Bikin Ilmuwan Bingung, Adenovirus atau Mutasi COVID-19?

Para ahli mengatakan hitungan saat ini bisa menjadi 'puncak gunung es', dengan banyak negara baru sekarang meningkatkan pengawasan untuk komplikasi yang tidak biasa.

Sebagian besar kasus sejauh ini telah terdeteksi di Eropa tetapi ada yang lain di Amerika, Pasifik Barat dan Asia Tenggara.

Para ilmuwan dibingungkan oleh banyaknya kasus karena tidak ada anak-anak yang terkena dampak positif virus penyebab hepatitis yang normal.

Adenovirus – yang biasanya menyebabkan flu biasa dan penyakit perut – dianggap sebagai biang keladinya, meskipun jarang menyebabkan peradangan hati.

Ada kekhawatiran lockdown mungkin telah melemahkan kekebalan anak-anak terhadap virus yang biasanya jinak, dan penyelidikan juga melihat apakah adenovirus yang bermutasi atau COVID-19 terlibat.

Tetapi para ilmuwan Inggris telah mengakui bahwa dibutuhkan setidaknya tiga bulan sampai kepala kesehatan tahu persis apa yang ada di balik serentetan kasus.

4 dari 4 halaman

Jaga Kebersihan, Meski Penularan Rendah pada Anak

WHO pertama kali diberitahu tentang kasus tersebut oleh kepala kesehatan di Skotlandia pada 5 April, setelah mereka mendeteksi 10 kasus pada anak-anak di bawah usia 10 tahun, yang paling awal terjadi pada Januari.

Ini lebih dari rata-rata tujuh hingga delapan kasus hepatitis non-A hingga E yang biasanya dicatat Skotlandia selama setahun.

Dr Meera Chand, direktur klinis dan infeksi yang muncul di UKHSA, mengatakan orangtua mungkin khawatir tetapi kemungkinan anak mereka mengembangkan hepatitis 'sangat rendah'.

'Namun, kami terus mengingatkan orang tua untuk waspada terhadap tanda-tanda hepatitis - terutama penyakit kuning, yang paling mudah dikenali sebagai semburat kuning di bagian putih mata - dan hubungi dokter Anda jika Anda khawatir,' katanya.

Dr Chand menambahkan: 'Langkah-langkah kebersihan normal termasuk mencuci tangan secara menyeluruh dan memastikan anak-anak mencuci tangan mereka dengan benar, membantu mengurangi penyebaran banyak infeksi umum.

'Seperti biasa, anak-anak yang mengalami gejala seperti muntah dan diare harus tinggal di rumah dan tidak kembali ke sekolah atau penitipan anak sampai 48 jam setelah gejalanya berhenti.'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.