Sukses

Rusia Bantah Rencana Nyatakan Perang pada 9 Mei

Pihak Rusia membantah rencananya untuk menyatakan perang pada 9 Mei.

Liputan6.com, Jakarta - Rusia telah menepis spekulasi bahwa mereka akan menyatakan perang habis-habisan di Ukraina dalam beberapa hari mendatang sebagai "omong kosong".

Dilansir BBC, Kamis (5/5/2022), Moskow sampai sekarang membantah sedang berperang, malah menyebut invasi itu sebagai "operasi militer khusus".

Namun para pejabat Barat berspekulasi bahwa Presiden Vladimir Putin dapat menggunakan Parade Kemenangan 9 Mei untuk mengumumkan eskalasi aksi militer.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, bagaimanapun, mengatakan tidak ada kebenaran dari rumor itu "sama sekali".

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan pekan lalu bahwa parade Moskow - memperingati kekalahan Nazi dan berakhirnya Perang Dunia Kedua - mungkin digunakan untuk menggalang dukungan bagi mobilisasi massal pasukan dan dorongan baru ke Ukraina.

"Saya tidak akan terkejut, dan saya tidak memiliki informasi tentang ini, bahwa dia mungkin akan menyatakan pada May Day ini bahwa 'kita sekarang berperang dengan Nazi dunia dan kita perlu memobilisasi massa rakyat Rusia' ," katanya kepada radio LBC. 

Para pejabat Rusia hanya menyebut invasi itu sebagai "operasi militer khusus" untuk "demiliterisasi" atau "de-Nazify" negara itu, merujuk pada klaim tak berdasar tentang Nazi di pemerintah Ukraina yang digunakan Moskow untuk membenarkan invasi.

Selain parade tahunan di Moskow, ada juga laporan lama bahwa Kremlin merencanakan semacam parade tambahan di kota Mariupol di Ukraina selatan, yang hampir semuanya sekarang berada di bawah kendali Rusia.

Pasukan Ukraina tetap berada di satu area kota - pabrik baja industri besar yang disebut Azovstal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemenangan Rusia

Laporan terbaru menunjukkan bahwa setelah evakuasi beberapa warga sipil yang berhasil baru-baru ini, serangan terhadap pabrik baja telah dilanjutkan dan kontak telah hilang dengan tentara terakhir yang tersisa di dalam.

Para pejabat Ukraina mengatakan jalan-jalan di pusat kota sedang dibersihkan dari puing-puing, mayat, dan bom yang tidak meledak. 

Sebagian besar kota itu berada dalam reruntuhan, setelah pasukan Rusia membombardirnya tanpa henti selama berminggu-minggu di bawah pengepungan.

Politisi Ukraina Alyona Shkrum mengatakan kepada BBC bahwa dia memperkirakan keadaan akan menjadi lebih sulit seiring dengan perayaan hari kemenangan Rusia.

"Untuk Putin dan untuk kekaisaran yang dia coba bangun, pada dasarnya ini adalah hari simbolis, kan?" dia berkata. 

"Jadi dia mengambil semacam hari kemenangan dan dia mengubahnya menjadi pertarungan besar saat ini melawan Nazi, yang jelas merupakan propaganda Rusia dan benar-benar konyol.

"Kami memperkirakan akan ada masa-masa sulit di sini di Kyiv dan di Odesa dan di Mariupol, dan di kota-kota lain pada 9 Mei."

3 dari 4 halaman

Anak-Anak Jadi Korban

Total 220 anak-anak Ukraina telah tewas akibat invasi Rusia. Sebanyak 407 anak-anak juga dilaporkan terluka.

Hal itu berdasarkan laporan dari Kantor Kejaksaan Agung di Ukraina.

"Lebih dari 627 anak-anak di Ukraina telah terdampak oleh agresi bersenjata Rusia. Pada 4 Mei 2022, jumlah yang terbunuh itu tetap belum berubah (220 anak). Angka yang terluka bertambah jadi 407," tulis pernyataan tersebut, dikutip media pemerintah Rusia, Ukrinform, Rabu (4/5/2022).

Data-data itu masih belum final, sebab masih ada investigasi di daerah-daerah yang berbahaya.

Korban paling banyak berada di Donetsk Region (139), Kiev Region (115), Kharkiv Region (95), Chernihiv Region (68), Kherson Region (46), Mykolaiv Region (43), Luhansk Region (37), Zaporizhzhia Region (27), Sumy Region (17), kota Kiev (16) dan Zhytomyr Region (15).

Pada 2 Mei 2022, seorang gadis 6 tahun dilaporkan menderita luka serius akibat serangan Rusia di desa Vysokopillia, Kherson Region.

Ada pula kerusakan sebanyak 1.584 institusi pendidikan di seantero Ukraina karena invasi Rusia. Sebanyak 188 bangunan tersebut hancur seluruhnya.

4 dari 4 halaman

Serangan ke Pabrik

Rusia melancarkan serangan kembali yang kali ini menargetkan sebuah pabrik di Kota Avdiivka, Ukraina timur pada Selasa 3 Mei 2022, kata gubernur setempat. Menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 15 lainnya.

"Setidaknya 10 orang tewas dan 15 orang lainnya terluka, akibat peledakan pabrik kokas Avdiivka oleh Rusia," kata gubernur wilayah Donetsk Pavlo Kyrylenko di Telegram.

Dia memperingatkan bahwa jumlah korban mungkin meningkat.

Kyrylenko mengatakan serangan Rusia itu terjadi ketika "para pekerja baru saja menyelesaikan shift mereka dan sedang menunggu bus untuk membawa mereka pulang dari pabrik di halte bus.

"Rusia tahu ke mana mereka membidik."

Avdiivka -- kota industri di utara Donetsk yang dikuasai separatis -- berada di garis depan perang dengan Rusia.

Pabrik kokas -- salah satu yang terbesar di Eropa -- telah menjadi sasaran berbagai serangan dalam beberapa tahun terakhir ketika pasukan separatis yang didukung Rusia memerangi pasukan Ukraina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.