Sukses

Rusia Serang Pabrik Kokas di Kota Avdiivka Ukraina Timur, 10 Orang Tewas

Rusia melancarkan serangan kembali yang kali ini menargetkan sebuah pabrik di Kota Avdiivka, Ukraina timur pada Selasa 3 Mei 2022.

Liputan6.com, Avdiivka - Rusia melancarkan serangan kembali yang kali ini menargetkan sebuah pabrik di Kota Avdiivka, Ukraina timur pada Selasa 3 Mei 2022, kata gubernur setempat. Menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 15 lainnya.

"Setidaknya 10 orang tewas dan 15 orang lainnya terluka, akibat peledakan pabrik kokas Avdiivka oleh Rusia," kata gubernur wilayah Donetsk Pavlo Kyrylenko di Telegram.

Dia memperingatkan bahwa jumlah korban mungkin meningkat.

Kyrylenko mengatakan serangan Rusia itu terjadi ketika "para pekerja baru saja menyelesaikan shift mereka dan sedang menunggu bus untuk membawa mereka pulang dari pabrik di halte bus.

"Rusia tahu ke mana mereka membidik."

Avdiivka -- kota industri di utara Donetsk yang dikuasai separatis -- berada di garis depan perang dengan Rusia.

Pabrik kokas -- salah satu yang terbesar di Eropa -- telah menjadi sasaran berbagai serangan dalam beberapa tahun terakhir ketika pasukan separatis yang didukung Rusia memerangi pasukan Ukraina.

Perang Rusia Ukraina dalam beberapa pekan terakhir terpantau Moskow meningkatkan serangan terhadap wilayah yang dikuasai Kiev di wilayah Donbas timur, yang sekarang menjadi fokus invasinya ke Ukraina.

Kokas adalah bahan bakar dengan kandungan karbon tinggi dan merupakan produk industri yang penting, digunakan terutama dalam peleburan bijih besi, tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan bakar di kompor dan penempaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Segelintir Warga Ukraina Berhasil Evakuasi dari Pabrik Baja yang Dikepung Rusia

Sekitar 20 warga sipil telah meninggalkan pabrik baja Azovstal di Mariupol, bagian terakhir dari kota selatan yang masih berada di tangan pasukan Ukraina.

Mereka adalah kelompok pertama yang pergi sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan kawasan industri yang luas ditutup pekan lalu.

Pembicaraan sedang berlangsung tentang membebaskan 1.000 warga sipil yang dilaporkan masih terperangkap di dalam, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (1/5/2022).

Sementara itu Rusia dikatakan meningkatkan serangannya di timur.

Lebih dari seminggu yang lalu, setelah mengatakan Mariupol telah ditangkap, Presiden Putin mengatakan kepada pasukannya: "Blokir kawasan industri ini sehingga seekor lalat tidak dapat melewatinya."

Tetapi media Rusia telah melaporkan bahwa 25 warga sipil berhasil meninggalkan pabrik Azovstal pada hari Sabtu, termasuk enam anak di bawah usia 14 tahun - tetapi tidak mengatakan di mana kelompok itu telah dibawa.

Itu dikonfirmasi oleh tentara di dalam pabrik baja, yang menempatkan jumlahnya pada 20 wanita dan anak-anak.

Wakil komandan resimen Azov, Sviatoslav Palamar, mengatakan mereka "dipindahkan ke tempat yang cocok dan kami berharap mereka akan dievakuasi ke Zaporizhzhia, di wilayah yang dikendalikan oleh Ukraina."

Walikota Mariupol, Vadym Boychenko, mengatakan kepada BBC bahwa orang-orang di sana "berada di garis batas antara hidup dan mati".

"[Orang-orang] sedang menunggu, mereka berdoa untuk penyelamatan ... Sulit untuk mengatakan berapa hari atau jam kita harus menyelamatkan hidup mereka."

3 dari 4 halaman

Rusia Bersikukuh Merebut Mariupol

Mengambil Mariupol akan membantu rencana Moskow untuk merebut seluruh pantai selatan Ukraina, yang akan menyatukan wilayah separatis pro-Rusia seperti Donetsk dan Luhansk di Ukraina timur dengan Krimea, yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014. Ini juga akan meningkatkan akses ke daerah Transnistria pro-Rusia di perbatasan barat Ukraina di Moldova.

Pada hari Sabtu, tiga ledakan keras terdengar di kota pelabuhan barat daya Odesa, yang menurut para pejabat menghancurkan landasan pacu bandara sehingga tidak dapat digunakan.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina, Oleksandr Motuzyanyk, mengatakan pasukan Rusia "secara bertahap meningkatkan intensitas serangan mereka di Ukraina timur secara bersamaan di sepanjang semua arah".

Moskow menarik pasukannya dari daerah-daerah di sekitar ibukota, Kyiv, beberapa minggu yang lalu untuk memindahkan mereka ke timur Ukraina.

"Ada tanda-tanda bahwa agresor sedang mempersiapkan aktivasi tindakan militer yang lebih besar," kata Kolonel Motuzyanyk.

Para pejabat Barat mengatakan Moskow menghadapi tantangan signifikan di timur.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan Rusia telah "dipaksa untuk bergabung dan memindahkan unit-unit yang habis dan berbeda dari kemajuan yang gagal" dan "banyak dari unit-unit ini kemungkinan menderita moral yang melemah". Itu menggemakan pernyataan oleh para pejabat AS semalam bahwa Rusia "setidaknya beberapa hari di belakang tempat yang mereka inginkan".

4 dari 4 halaman

Perkembangan Lain

Mengutip BBC, berikut sejumlah perkembangan lain dari perang Ukraina-Rusia

  • Pertukaran tahanan melihat kembalinya 14 warga Ukraina - termasuk satu tentara yang sedang hamil lima bulan - untuk sejumlah tawanan Rusia yang tidak diketahui.
  • Wakil menteri pertanian Ukraina menuduh Rusia mencuri beberapa ratus ribu ton biji-bijian dari wilayah pendudukan, menyebutnya "perampokan langsung" - sesuatu yang dibantah Moskow.
  • Di Bucha, di mana Ukraina menuduh Rusia melakukan kejahatan perang, polisi mengatakan mereka menemukan tiga mayat pria yang telah diikat, ditutup matanya dan tampaknya disiksa.
  • Seorang diplomat Rusia yang bertanggung jawab atas non-proliferasi nuklir, Vladimir Yermakov, mengatakan Moskow berpegang teguh pada cita-citanya bahwa konflik nuklir tidak dapat diterima – tetapi menuduh Barat meningkatkan ketegangan.
  • Seorang pejabat militer Ukraina mengatakan dua dari tiga bus yang dikirim untuk menyelamatkan warga sipil dari Popasna, sebuah kota yang diserang di wilayah Donbas, telah hilang.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan telah mencapai 17 target militer di Ukraina pada hari Sabtu dengan rudal dan serangan udara, menewaskan lebih dari 200 warga Ukraina bersama dengan 23 kendaraan lapis baja dan peralatan militer lainnya.

Masing-masing pihak dalam konflik membuat klaim reguler - yang tidak dapat diverifikasi oleh BBC - tentang kerugian yang ditimbulkan pada yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.