Idul Fitri 2022 India 3 Mei, Muslim Merayakan dalam Suasana Prihatin

Oleh Tanti Yulianingsih pada 03 Mei 2022, 20:41 WIB
Diperbarui 03 Mei 2022, 21:44 WIB
Pekerja Urban India Mudik
Perbesar
Buruh migran India menunggu bus untuk mengangkut mereka menuju kampung halaman setelah pemberlakukan lockdown di New Delhi, Sabtu (28/3/2020). Arus eksodus massal ini terjadi beberapa jam setelah otoritas setempat mengumumkan menyediakan ratusan bus bagi yang ingin meninggalkan Delhi. (AP Photo)

Liputan6.com, New Delhi - Selasa (3/5/2022) giliran Muslim di berbagai penjuru India merayakan Idul Fitri, dengan melakukan salat berjemaah di luar masjid. Perayaan Lebaran 2022 tahun ini berlangsung dalam suasana prihatin menyusul serangkaian serangan baru-baru ini terhadap komunitas Muslim selama bulan Ramadhan.

"Kami tidak memiliki kemeriahan yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Mohammad Habeeb ur Rehman, seorang insinyur sipil di ibu kota keuangan India, Mumbai seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (3/5/2022).

"Ini adalah Idul Fitri yang paling menyakitkan dengan kenangan terburuk bagi Muslim India," tambahnya.

Sentimen dan serangan anti-Muslim melonjak di berbagai penjuru India bulan lalu. Berbagai bentrokan kekerasan antara kelompok Hindu dan kelompok Muslim terjadi, termasuk penghancuran sejumlah properti oleh pihak berwenang.

Komunitas Muslim, yang merupakan 14% dari 1,4 miliar penduduk India, kerap terpojok oleh berbagai fitnah yang disebarkan oleh kelompok-kelompok nasionalis Hindu garis keras yang telah lama mendukung sikap anti-Muslim.

Beberapa pemimpin partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata yang berkuasa diam-diam mendukung kekerasan tersebut, sementara Perdana Menteri Narendra Modi sejauh ini bungkam tentang hal itu.

Seperti di banyak negara lain. Idul Fitri di India biasanya ditandai dengan salat berjemaah, pesta jamuan makan dan pakaian baru. Namun, perayaan pada dua tahun terakhir terhalang oleh pembatasan COVID-19, dan perayaan pada tahun ini terganggu karena sentimen anti-Muslim.

Di Kashmir yang dikuasai India, perayaan Idul Fitri selama tiga tahun terakhir ditiadakan sama sekali karena lockdown militer yang belum pernah terjadi sebelumnya, menyusul keputusan pemerintah India mencabut status semiotonomi kawasan itu pada 2019, dan kemudian pandemi.

Wilayah itu juga mengalami peningkatan kekerasan selama Ramadhan tahun ini , dengan sedikitnya 20 gerilyawan, dua warga sipil dan lima polisi dan tentara tewas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Arab Saudi: Lebaran 2022 Jatuh pada Senin 2 Mei

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Idul Fitri atau Lebaran 2022 akan dimulai pada hari Senin 2 Mei karena bulan Syawal tidak terlihat pada hari Sabtu, Mahkamah Agung Arab Saudi mengatakan menurut kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA).

Negara-negara yang menandai awal bulan suci Ramadhan pada 2 April akan mengakhiri hari ke-30 Ramadhan pada 1 Mei, demikian seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (1/5/2022).

UEA, Qatar, Irak, Kuwait, Bahrain, Palestina, Suriah, Yaman, Lebanon, Mesir, Sudan dan Turki juga mengumumkan bahwa hari pertama Idul Fitri adalah 2 Mei, pusat astronomi internasional mengatakan di Twitter.

Perayaan Idul Fitri mengikuti akhir Ramadhan yang berlangsung 29 atau 30 hari berdasarkan kapan bulan sabit terlihat.

Muslim mengikuti kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam setahun 354 atau 355 hari.


Dubes Ukraina: Semoga Idul Fitri 2022 Membawa Kesehatan dan Kedamaian

Dubes Ukraina Vasyl Hamianin. (Liputan6.com)
Perbesar
Dubes Ukraina Vasyl Hamianin. (Liputan6.com)

Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Keputusan soal Lebaran 2022 tersebut diambil berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah pihak.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hitungan hisab telah dikonfirmasi petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 99 titik di seluruh Indonesia. 

"Sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022 Masehi," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Selasa (1/5/2021).

Suka cita Idul Fitri 2022 turut dirasakan oleh Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Ia pun menyampaikan selamat kepada umat Muslim di Tanah Air.

"Saya mengucapkan selamat Idul Fitri pada saudara dan saudari Muslim kami di Indonesia," ucap Dubes Ukraina dalam tayangan video yang dibagikan pihak Kedutaan Besar dan dikutip Selasa (3/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, ia turut menyampaikan doa terbaik bagi bangsa Indonesia. "Semoga Idul Fitri tahun ini membawa berkah kesehatan dan kedamaian untuk kita semua, amin," ucap Dubes Ukraina Vasyl Hamianin.


Raja Salman Tekankan Nilai Toleransi dan Maaf dalam Pesan Idul Fitri Tahun Ini

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Sementara itu, Raja Salman menyapa warga Saudi, penduduk dan umat Islam di seluruh dunia pada malam Idul Fitri.

Pesan Raja itu disampaikan oleh pejabat menteri media, Majid Al-Qasabi.

Dilansir dari laman Arab News, Senin 2 Mei 2022, Raja Salman berdoa kepada Allah, memohon kepada-Nya untuk meringankan rasa sakit dan dampak negatif dari pandemi virus corona.

“Kami dengan senang hati mengucapkan selamat atas Idul Fitri yang diberkati. Semoga Allah melindungi negara kita dan negara-negara di dunia dari semua kejahatan dan bahaya, ”kata Raja.

Dia menambahkan: “Kami bersyukur kepada Allah karena telah menganugerahkan kepada kami dan Anda puasa dan melakukan shalat malam di bulan suci Ramadhan, berdoa untuk menerima dari kami semua perbuatan baik.

“Kami juga bersyukur kepada Allah karena telah mencapai hari raya Idul Fitri, kami berharap semoga Allah SWT meridhoi hati kita dengan Idul Fitri dan membantu kita semua untuk mencapai tujuan Idul Fitri yang diberkati dengan menunjukkan kebahagiaan dan kegembiraan.”

Raja Salman melanjutkan: “Allah telah menjadikan Idul Fitri sebagai kesempatan untuk keagungan moral, harmoni, persaudaraan, toleransi, dan pengampunan. Kehormatan besar yang Allah limpahkan kepada negara kita adalah dengan melayani Dua Masjid Suci, menjamin kenyamanan jamaah, jamaah umrah dan pengunjung, serta memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, yang merupakan kebanggaan bagi kita semua.

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran
Perbesar
Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya