Sukses

Gedung Putih Bakal Gelar Resepsi Perayaan Idul Fitri 2022

Presiden AS Joe Biden bakal merayakan Idul Fitri, ia dijadwalkan menggelar resepsi pada Senin 2 Mei 2022 waktu setempat.

Liputan6.com, Washington DC - Presiden AS Joe Biden bakal merayakan Idul Fitri 2022, ia dijadwalkan menggelar resepsi pada Senin 2 Mei 2022.

Dalam perayaan Lebaran 2022 di Gedung Putih itu, Joe Biden akan ditemani oleh istrinya, Jill, serta Doug Emhoff, suami Wakil Presiden Kamala Harris.

"Tradisi kebebasan beragama bagi semua memperkuat negara kita, dan kita akan terus bekerja bersama dengan rakyat Amerika dari seluruh kepercayaan dan latar belakang untuk menjaga dan memperdalam komitmen bersama kita bagi prinsip fundamental ini," kata pasangan Biden dalam pernyataan pada Minggu 1 Mei malam seperti dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (3/5/2022).

"Tahun ini, kami akan memulai kembali tradisi merayakan Idul Fitri di Gedung Putih, dan menghormati Muslim Amerika yang menginspirasi yang memimpin upaya-upaya untuk membangun saling pengertian dan persatuan yang lebih besar di seluruh penjuru negara kita."

Perayaan Idul Fitri di Gedung Putih tahun lalu diadakan secara virtual karena pandemi Virus Corona COVID-19.

Pasangan Biden juga menyoroti “jutaan orang yang telantar dan pengungsi di seluruh dunia yang melewati perayaan hari suci ini terpisah dari keluarga mereka dan tidak yakin akan masa depan mereka." Mereka menyatakan negara harus "menjunjung komitmen kita untuk melayani sebagai suar harapan bagi orang-orang yang tertindas di seluruh dunia."

Presiden AS Joe Biden pada Senin 2 Mei menyerukan toleransi beragama saat ia menjadi tuan rumah perayaan Idul Fitri, yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan.

Biden memuji sumbangan warga muslim Amerika.

Ia mengatakan, "Warga muslim membuat negara kita semakin kuat setiap hari, sekalipun kita masih menghadapi tantangan dan ancaman nyata di dalam masyarakat kita, termasuk kekerasan yang menarget mereka dan Islamophobia."

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Persamaan dengan Tiga Agama Besar

Biden yang beragama Katolik, menyampaikan kepada hadirin yang berkumpul di East Room Gedung Putih, "Ada banyak persamaan di antara tiga agama besar ini."

Dia melanjutkan, "Untuk pertama kalinya selama berpuluh tahun, tiga keyakinan Ibrahim ini merayakan hari suci mereka pada saat yang sama," dan Biden menyebut Ramadan, Paskah, dan Passover atau Pesach (Paskah Yahudi-red).

Warga muslim merayakan Idul Fitri yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan.

"Dengan berpuasa, warga muslim menunjukkan empati atas penderitaan orang lain, memperkuat dan memperbarui tekad untuk berbuat amal, dan membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik, lebih baik untuk semua yang menderita," kata Biden.

Biden didampingi oleh istrinya Jill Biden, dan Doug Emhoff, suami Wakil Presiden Kamala Harris.

Harris tidak bisa hadir karena sedang melakukan karantina diri setelah dinyatakan positif COVID-19, minggu lalu. Kantor Wapres mengatakan, dia akan kembali bekerja pada Selasa minggu depan.

3 dari 4 halaman

Dubes Ukraina: Semoga Idul Fitri 2022 Membawa Kesehatan dan Kedamaian

Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Keputusan soal Lebaran 2022 tersebut diambil berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah pihak.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hitungan hisab telah dikonfirmasi petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 99 titik di seluruh Indonesia. 

"Sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022 Masehi," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Selasa 1 Mei 2021.

Suka cita Idul Fitri 2022 turut dirasakan oleh Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Ia pun menyampaikan selamat kepada umat Muslim di Tanah Air.

"Saya mengucapkan selamat Idul Fitri pada saudara dan saudari Muslim kami di Indonesia," ucap Dubes Ukraina dalam tayangan video yang dibagikan pihak Kedutaan Besar dan dikutip Selasa 3 Mei 2022.

Dalam kesempatan tersebut, ia turut menyampaikan doa terbaik bagi bangsa Indonesia. "Semoga Idul Fitri tahun ini membawa berkah kesehatan dan kedamaian untuk kita semua, amin," ucap Dubes Ukraina Vasyl Hamianin.

4 dari 4 halaman

Raja Salman Tekankan Nilai Toleransi dan Maaf dalam Pesan Idul Fitri Tahun Ini

Sementara itu, Raja Salman menyapa warga Saudi, penduduk dan umat Islam di seluruh dunia pada malam Idul Fitri.

Pesan Raja itu disampaikan oleh pejabat menteri media, Majid Al-Qasabi.

Dilansir dari laman Arab News, Senin 2 Mei 2022, Raja Salman berdoa kepada Allah, memohon kepada-Nya untuk meringankan rasa sakit dan dampak negatif dari pandemi virus corona.

“Kami dengan senang hati mengucapkan selamat atas Idul Fitri yang diberkati. Semoga Allah melindungi negara kita dan negara-negara di dunia dari semua kejahatan dan bahaya, ”kata Raja.

Dia menambahkan: “Kami bersyukur kepada Allah karena telah menganugerahkan kepada kami dan Anda puasa dan melakukan shalat malam di bulan suci Ramadhan, berdoa untuk menerima dari kami semua perbuatan baik.

“Kami juga bersyukur kepada Allah karena telah mencapai hari raya Idul Fitri, kami berharap semoga Allah SWT meridhoi hati kita dengan Idul Fitri dan membantu kita semua untuk mencapai tujuan Idul Fitri yang diberkati dengan menunjukkan kebahagiaan dan kegembiraan.”

Raja Salman melanjutkan: “Allah telah menjadikan Idul Fitri sebagai kesempatan untuk keagungan moral, harmoni, persaudaraan, toleransi, dan pengampunan. Kehormatan besar yang Allah limpahkan kepada negara kita adalah dengan melayani Dua Masjid Suci, menjamin kenyamanan jamaah, jamaah umrah dan pengunjung, serta memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, yang merupakan kebanggaan bagi kita semua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.