Sukses

Tornado Kansas AS Rusak 1.000 Rumah dan Tewaskan 3 Orang, Tinggalkan Jejak Kehancuran 13 Mil

Kepala Pemadam Kebakaran mengatakan bahwa setidaknya 300 hingga 400 bangunan hancur oleh badai, sebagai bagian dari total 1.074 bangunan yang rusak akibat tornado Kansas AS.

Liputan6.com, Wichita - Tornado yang merusak lebih dari 1.000 bangunan di selatan-tengah Kansas menghasilkan angin hingga 165 mil per jam dan mengukir jalur kehancuran sepanjang hampir 13 mil.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan tornado yang menyebabkan kerusakan parah pada Jumat 28 April 2022 sebagian besar di pinggiran Wichita, Andover dan melukai beberapa orang dengan peringkat EF-3 pada skala Enhanced Fujita yang digunakan untuk menilai tornado.

Kepala Pemadam Kebakaran Andover Chad Russell mengatakan bahwa setidaknya 300 hingga 400 bangunan hancur oleh badai, sebagai bagian dari total 1.074 bangunan yang rusak. Layanan Cuaca setempat mengatakan tornado itu berada di tanah selama 21 menit pada Jumat malam.

Empat orang, termasuk dua petugas pemadam kebakaran yang menanggapi panggilan di Andover, terluka selama badai tetapi luka mereka ringan.

Russell mengatakan akan memakan waktu bertahun-tahun bagi Andover untuk pulih dari badai ini.

"Kota Andover akan terpengaruh oleh ini selama bertahun-tahun," katanya. “Kami masih memiliki bekas luka dari tahun 1991 (tornado EF-5). Saya sangat bersyukur tornado ini tidak seburuk itu, tetapi kami benar-benar akan melakukan ini selama bertahun-tahun."

Pada hari Minggu, kru utilitas telah memulihkan listrik ke hampir semua dari lebih dari 15.000 pelanggan yang kehilangan daya selama badai. Evergy mengatakan kurang dari 1.000 orang masih kekurangan listrik di daerah Wichita pada Minggu pagi.

Selain kerusakan akibat badai, Patroli Negara Bagian Oklahoma mengatakan tiga mahasiswa meteorologi Universitas Oklahoma tewas dalam kecelakaan mobil sekitar 85 mil utara Kota Oklahoma di Oklahoma Jumat malam saat mereka kembali dari pengejaran badai di Kansas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

74 Orang Tewas, Tornado di Kentucky AS Tinggalkan Trauma

Gubernur Kentucky merenungkan "trauma yang tak terkatakan" di negara bagiannya, saat ia mengkonfirmasi bahwa tornado yang terjadi pada akhir pekan telah menewaskan sedikitnya 74 penduduk.

Dilansir BBC, Selasa (14/12/20021), para korban berusia berkisar dari semuda lima bulan sampai 86 tahun dan berasal dari setidaknya delapan kabupaten yang berbeda, dengan 18 orang masih belum teridentifikasi.

Gubernur Andy Beshear mengatakan pada hari Senin setidaknya 109 orang masih hilang dan lebih banyak kematian dapat dikonfirmasi segera.

Upaya pencarian dan penyelamatan terus berlanjut di Kentucky Barat.

Pekerja darurat, termasuk lebih dari 400 anggota Garda Nasional, telah menjelajahi puing-puing untuk mencari korban selamat dan mendistribusikan air dan generator kepada penduduk.

Beshear mengatakan anjing pelacak juga digunakan untuk membantu mencari korban di puing-puing, menambahkan bahwa "kami masih menemukan jenazah" di beberapa lokasi. 

"Orang-orang Kentucky Barat telah mengalami trauma yang tak terkatakan. Kehancurannya tidak seperti apa pun yang saya lihat dalam hidup saya," katanya.

Selengkapnya di sini...

3 dari 4 halaman

Tornado Hantam Pulau Pantelleria Italia, 2 Orang Tewas dan 4 Kritis

Setidaknya dua orang telah tewas setelah tornado menyapu sebuah pulau di Italia.

Menurut badan perlindungan sipil Italia, sembilan lainnya terluka, dengan empat di antaranya kritis, ketika tornado menjungkarbalikkan mobil dan mencabik atap di hotspot wisata Pantelleria pada hari Jumat 10 September 2021 waktu setempat.

Seorang petugas penyelamat menggambarkan adegan tersebut dengan kata "apokaliptik" pada kantor berita Italia, Ansa.

Media lokal melaporkan bahwa tornado telah menghancurkan jalan di pesisir.

Melansir dari laman BBC, Minggu (12/9/2021), badan perlindungan sipil mengatakan seorang petugas pemadam kebakaran yang sedang tak bertugas termasuk di antara korban jiwa.

Kantor berita Ansa melaporkan ia dan korban lainnya, yang adalah seorang pria 86 tahun, sedang mengendarai mobil saat itu.

Pekerja darurat berencana untuk memindahkan mereka yang terluka ke rumah sakit di kota Palermo dengan helikopter setelah kondisi cuaca lebih baik.

Pulau Pantelleria di Mediterania terkenal dengan tebing vulkanik dan sumber air panasnya yang merupakan tempat favorit para selebritas.

Sementara tornado bukanlah hal yang umum terjadi di Eropa, beberapa ratus diyakini mengantam benua itu tiap tahun. Banyak yang tidak dilaporkan karena mereka menyapu daerah pedesaan terpencil.]

4 dari 4 halaman

Tornado di Ceko Akibatkan Sejumlah Orang Tewas dan Puluhan Lainnya Cedera

Sejumlah orang yang belum diketahui jumlahnya tewas dan puluhan lainnya cedera akibat tornado meruntuhkan rumah-rumah di tenggara Republik Ceko pada Kamis 24 Juni 2021 waktu setempat.

"Sayangnya kami dapat memastikan ada korban, tetapi saya tidak dapat memberi tahu Anda jumlah pastinya," kata juru bicara layanan darurat lokal Hedvika Kropackova kepada AFP, seperti mengutip Channel News Asia, Jumat (25/6/2021).

Dia mengatakan jumlah korban tewas akan berada dalam "satu digit" daripada puluhan, tetapi menambahkan bahwa perkiraan apa pun terlalu dini karena orang masih terjebak di bawah puing-puing.

"Perkiraan pertama dari korban luka menyebutkan 100-150 orang, tetapi saat ini kami memperkirakan puluhan," tambah Kropackova.

Namun, rumah sakit di kota Hodonin di perbatasan Ceko-Slovakia mengatakan telah merawat hingga 200 orang yang terluka.

Menteri Dalam Negeri Jan Hamacek menulis di Twitter bahwa "semua unit penyelamat yang tersedia sedang beraksi atau pindah ke wilayah Hodonin, di mana beberapa kota telah dilanda tornado".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.