Sukses

Dubes Ukraina: Semoga Idul Fitri 2022 Membawa Kesehatan dan Kedamaian

Suka cita Idul Fitri 2022 turut dirasakan oleh Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Ia pun menyampaikan selamat kepada umat Muslim di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Keputusan soal Lebaran 2022 tersebut diambil berdasarkan sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah pihak.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, hitungan hisab telah dikonfirmasi petugas Kementerian Agama di daerah yang ditempatkan di 99 titik di seluruh Indonesia

"Sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022 Masehi," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kementerian Agama, Selasa (1/5/2021).

Suka cita Idul Fitri 2022 turut dirasakan oleh Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Ia pun menyampaikan selamat kepada umat Muslim di Tanah Air.

"Saya mengucapkan selamat Idul Fitri pada saudara dan saudari Muslim kami di Indonesia," ucap Dubes Ukraina dalam tayangan video yang dibagikan pihak Kedutaan Besar dan dikutip Selasa (3/5/2022).

Dalam kesempatan tersebut, ia turut menyampaikan doa terbaik bagi bangsa Indonesia. "Semoga Idul Fitri tahun ini membawa berkah kesehatan dan kedamaian untuk kita semua, amin," ucap Dubes Ukraina Vasyl Hamianin.

Raja Salman Tekankan Nilai Toleransi dan Maaf dalam Pesan Idul Fitri Tahun Ini

Sementara itu, Raja Salman menyapa warga Saudi, penduduk dan umat Islam di seluruh dunia pada malam Idul Fitri.

Pesan Raja itu disampaikan oleh pejabat menteri media, Majid Al-Qasabi.

Dilansir dari laman Arab News, Senin 2 Mei 2022, Raja Salman berdoa kepada Allah, memohon kepada-Nya untuk meringankan rasa sakit dan dampak negatif dari pandemi virus corona.

“Kami dengan senang hati mengucapkan selamat atas Idul Fitri yang diberkati. Semoga Allah melindungi negara kita dan negara-negara di dunia dari semua kejahatan dan bahaya, ”kata Raja.

Dia menambahkan: “Kami bersyukur kepada Allah karena telah menganugerahkan kepada kami dan Anda puasa dan melakukan shalat malam di bulan suci Ramadhan, berdoa untuk menerima dari kami semua perbuatan baik.

“Kami juga bersyukur kepada Allah karena telah mencapai hari raya Idul Fitri, kami berharap semoga Allah SWT meridhoi hati kita dengan Idul Fitri dan membantu kita semua untuk mencapai tujuan Idul Fitri yang diberkati dengan menunjukkan kebahagiaan dan kegembiraan.”

Raja Salman melanjutkan: “Allah telah menjadikan Idul Fitri sebagai kesempatan untuk keagungan moral, harmoni, persaudaraan, toleransi, dan pengampunan. Kehormatan besar yang Allah limpahkan kepada negara kita adalah dengan melayani Dua Masjid Suci, menjamin kenyamanan jamaah, jamaah umrah dan pengunjung, serta memberikan pelayanan terbaik kepada mereka, yang merupakan kebanggaan bagi kita semua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wawancara Dubes Vasyl Hamianin: Jalan Panjang Harapan Ukraina Akhiri Perang dengan Rusia

Tak ada yang menduga bahwa serangan militer Rusia ke Ukraina akan berlangsung sampai satu bulan lebih. Dan negeri yang dipimpin Presiden Volodymyr Zelensky masih bertahan sekuat tenaga mempertahankan tanah airnya.

"Militer terkuat nomor dua di dunia menyerang sebuah negara kecil yang lemah dan tidak memiliki peralatan memadai," kata Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin dalam wawancara khusus program Liputan6.com The Ambassador.

Dubes Ukraina untuk Indonesia itu pun berharap bahwa eskalasi antara Rusia Ukraina akan mereda, seiring berakhirnya konflik. 

"Jadi, harapan saya hanya satu. Yakni untuk mengakhiri perang ini secepatnya," tegas Dubes Vasyl Hamianin.

Berikut ini bincang-bincang Liputan6.com selengkapnya dengan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin dalam program The Ambassador: klik di sini...

3 dari 4 halaman

Warga Muslim di Singapura Rayakan Idul Fitri pada 3 Mei 2022

Sementara itu, umat Islam di Singapura akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pada Selasa (3 Mei) dengan Ramadhan tahun ini berlangsung selama 30 hari. 

Demikian disampaikan Mufti Singapura dalam keterangannya yang dirilis Senin dini hari.

Bulan sabit untuk bulan Islam Syawal tidak terlihat di Singapura saat matahari terbenam pada hari ke-29 bulan Ramadhan, kata pernyataan itu. 

Untuk konfirmasi, Kantor Mufti bersama para ahli berusaha untuk melakukan "penampakan fisik" bulan sabit. Ini tidak berhasil karena bulan baru tidak terlihat. 

Dilansir dari laman Channel News Asia, Senin (2/5/2022), pernyataan itu menambahkan juga jelas bahwa ufuk barat mendung dengan awan selama penampakan. 

Ini menandakan bahwa Senin akan menjadi akhir dari 30 hari Ramadhan, kata Mufti Nazirudin Mohd Nasir dalam sebuah video yang diposting ke Instagram.

“Dengan demikian, saya dengan senang hati mengumumkan bahwa hari pertama Syawal tahun 1443H jatuh pada hari Selasa, 3 Mei.” 

4 dari 4 halaman

Arab Saudi: Lebaran 2022 Jatuh pada Senin 2 Mei

Idul Fitri atau Lebaran 2022 akan dimulai pada hari Senin 2 Mei karena bulan Syawal tidak terlihat pada hari Sabtu, Mahkamah Agung Arab Saudi mengatakan menurut kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA).

Negara-negara yang menandai awal bulan suci Ramadhan pada 2 April akan mengakhiri hari ke-30 Ramadhan pada 1 Mei, demikian seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (1/5/2022).

UEA, Qatar, Irak, Kuwait, Bahrain, Palestina, Suriah, Yaman, Lebanon, Mesir, Sudan dan Turki juga mengumumkan bahwa hari pertama Idul Fitri adalah 2 Mei, pusat astronomi internasional mengatakan di Twitter.

Perayaan Idul Fitri mengikuti akhir Ramadhan yang berlangsung 29 atau 30 hari berdasarkan kapan bulan sabit terlihat.

Muslim mengikuti kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam setahun 354 atau 355 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.