Sukses

Ribuan Masyarakat Indonesia di Belanda Ikuti Salat Idul Fitri Pasca-pembukaan Pembatasan COVID-19

Sebelumnya selama 2 tahun, Salat Idul Fitri tidak bisa dihadiri secara luas karena pembatasan jumlah orang yang hadir hanya 75% dari kapasitas ruangan.

Liputan6.com, Den Haag - Salat Idul Fitri 1443 H yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 diikuti oleh ribuan warga masyarakat Indonesia yang bermukim di Belanda.

Dengan telah diangkatnya seluruh pembatasan sosial terkait COVID-19 sejak Maret 2022, masyarakat Indonesia memenuhi sejumlah masjid Indonesia yang tersebar di beberapa kota di Belanda seperti Den Haag, Amsterdam, Rotterdam, Delft, Waalwijk, dan Eindhoven.

Sebelumnya selama 2 tahun, Salat Idul Fitri tidak bisa dihadiri secara luas karena pembatasan jumlah orang yang hadir hanya 75% dari kapasitas ruangan.

Duta Besar (Dubes) RI untuk Kerajaan Belanda, Mayerfas, menghadiri Salat Idul Fitri di Masjid Indonesia Al-Hikmah di Den Haag Bersama sekitar 900 masyarakat Indonesia.

Dubes Mayerfas mensyukuri normalisasi kehidupan di Belanda yang dimulai sebelum bulan puasa sehingga masyarakat dapat melakukan ibadah Ramadhan sewajarnya.

“Alhamdulillah, setelah 2 tahun ada pembatasan, tahun ini kita bisa menghadiri dan melaksanakan sholat Idul Fitri dengan normal. Semoga kondisi akan semakin membaik ke depannya sehingga pelaksanaan ibadah di tahun mendatang bisa semakin maksimal," jelas Dubes Mayerfas.

Salat Idul Fitri di Masjid Al Hikmah Den Haag dipimpin oleh Khatib Dr. Syahril Siddik, Peneliti di Universitas Leiden yang juga tenaga pengajar UIN Malang, Jawa Timur dan Pengurus PCINU Belanda.

Dalam khutbahnya yang bertemakan “Hari Raya dan Hari Kemenangan”, Dr. Siddik mengajak seluruh hadirin untuk memaknai kemenangan di hari Idul Fitri sebagai momentum untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di tengah situasi COVID-19 yang masih melanda.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pusat Astronomi Internasional UEA Sebut Idul Fitri 2 Mei 2022

Menurut kantor berita negara WAM pada Kamis 21 April 2022, Pusat Astronomi Internasional Uni Emirat Arab (UEA) telah mengkonfirmasi bahwa Idul Fitri tahun ini akan jatuh pada 2 Mei 2022 di sebagian besar negara. Di mana bulan suci Ramadhan 2022 dimulai pada 1 April.

"Melihat bulan sabit pada 30 April tidak mungkin karena bulan akan terbenam sebelum matahari," jelas Direktur Pusat Astronomi Internasional UEA Insinyur Mohammed Shawkat Odeh  seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (23/4/2022).

"Oleh karena itu negara-negara yang menandai awal Ramadhan pada 2 April akan menutup Ramadhan pada 1 Mei dan merayakan Idul Fitri pada 2 Mei," imbuh Odeh.

Perayaan Idul Fitri mengikuti akhir bulan suci Ramadhan yang berlangsung 29 atau 30 hari berdasarkan kapan bulan sabit terlihat.

Negara-negara yang menandai awal bulan suci Ramadhan pada 3 April, seperti Pakistan, Bangladesh, Indonesia, Malaysia, Brunei, India, Oman, Yordania dan Maroko, akan melihat bulan sabit pada 1 Mei – yang akan menandai 29 Ramadhan bagi mereka – untuk menentukan kapan hari pertama Idul Fitri 2022.

"Penampakan bulan sabit pada 1 Mei tidak mungkin sama sekali di Australia dan sekitarnya," tutur Odeh.

Odeh menambahkan bahwa mungkin untuk melihat bulan sabit melalui teleskop hanya di Asia tengah dan barat, sebagian besar Eropa dan selatan Afrika.

"Sebagian besar negara yang akan mencoba melihat bulan sabit pada 1 Mei kemungkinan besar akan mengumumkan bahwa 2 Mei adalah hari pertama Idul Fitri (Lebaran)," kata Odeh, seraya menambahkan bahwa India, Bangladesh, dan Pakistan diperkirakan akan mengumumkan 3 Mei sebagai hari pertama Idul Fitri.

3 dari 5 halaman

Arab Saudi Tetapkan Awal Ramadhan 1443 Hijriah 2 April 2022

Mahkamah Agung Saudi mengucapkan selamat atas datangnya bulan suci Ramadhan kepada Raja Salman, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, semua warga negara Saudi dan ekspatriat di negara kerajaan, dan semua Muslim.

Mengutip Arab News, Sabtu (2/4/2022), Bahrain, Kuwait, Qatar dan UEA mengatakan Ramadhan juga akan dimulai di sana pada hari Sabtu, dan di Oman diperkirakan akan dimulai sehari kemudian yakni 3 April, tanggal mulai ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisik bulan baru.

Ramadhan 1443 Hijriah atau Ramadhan 2022 akan menjadi tahun pertama sejak Ramadhan 2019 di Arab Saudi tanpa pembatasan Virus Corona COVID-19.

Seperti Indonesia, Negara dan Wilayah Ini Mulai Puasa Ramadhan 3 April 2022

3 April 2022 telah ditetapkan sebagai 1 Ramadhan 1443 Hijriah Pemerintah melalui Kementerian Agama. Keputusan tersebut berdasarkan hasil sidang isbat penentuan awal puasa di Kementerian Agama, Jakarta.

"Secara mufakat, 1 Ramadhan 1443 jatuh pada Ahad 3 April 2022 masehi," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 1 April 2022.

Menag berharap dengan hasil sidang isbat ini, maka semua umat Islam di Indonesia bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan bersama-sama.

Seperti mayoritas warga Muslim di Indonesia, sejumlah negara ini juga memulai puasa 3 April:

- Filipina

- Brunei Darussalam

- Oman

- Malaysia

- Indonesia

- Maroko

- China

- Hong Kong

- Taiwan 

4 dari 5 halaman

Daftar Negara dengan Puasa Ramadhan 2022 Terlama dan Tercepat di Dunia, Kamu yang Mana?

Ramadhan 2022 dimulai pada awal April tahun ini. Lebih dari satu miliar Muslim akan mulai menjalankan puasa selama sebulan di siang hari.

Bulan suci Ramadhan dimulai kira-kira dua minggu lebih awal setiap tahun dan, untuk separuh dunia, Bulan akan menjauh dari hari-hari musim panas yang lebih panjang dan lebih panas menuju musim dingin yang lebih pendek dan lebih dingin.

Tetapi negara mana yang memiliki jam siang hari paling banyak dan puasa terpendek pada Ramadhan 2022?

Jawabannya, mengutip thenationalnews, Sabtu (2/4/2022), puasa Ramadhan terpendek di tahun 2022 ada di Selandia Baru, Argentina dan Afrika Selatan. Antara 11 dan 12 jam selama sebulan.

Sementara puasa Ramadhan 2022 terpanjang akan dirasakan Muslim di kota Reykjavík, Islandia, akan memiliki rekor tahun ini sebagai penduduk kota dengan jam puasa terpanjang. Mereka diharapkan menjalani puasa 16 jam 50 menit selama bulan suci.

Berikut ini negara dengan waktu puasa terlama dan terpendek pada Ramadhan 2022:

- Johannesburg, Afrika Selatan: 11 hingga 12 jam

- Buenos Aires, Argentina: 11 hingga 12 jam

- Cape Town, Afrika Selatan: 11 hingga 12 jam

- Christchurch, Selandia Baru: 11 hingga 12 jam

- Ciudad del Este, Paraguay: 11 hingga 12 jam

- Montevideo, Uruguay: 11 hingga 12 jam

- Brasilia, Brasil: 12 hingga 13 jam

- Harare, Zimbabwe: 12 hingga 13 jam

Waktu Puasa Terlama:

- Reykjavík, Islandia: 16 jam 50 menit

- Warsawa, Polandia: 15 jam

- London, Inggris: 15 jam

- Paris, Prancis: 16 hingga 17 jam

- Lisbon, Portugal: 15 hingga 16 jam

- Athena, Yunani: 15 hingga 16 jam

- Beijing, Cina: 15 hingga 16 jam

- Washington DC, AS: 15 hingga 16 jam

- Ankara, Turki: 15 hingga 16 jam

5 dari 5 halaman

Bagaimana Anda Bisa Berpuasa Ramadhan Ketika Hari Tidak Pernah Gelap?

Meskipun tidak ada tempat yang diprediksi mendapat matahari tengah malam di bulan Ramadhan tahun 2022 ini, umat Islam di negara-negara dengan siang hari yang sangat panjang selama bulan suci tidak sesungguhnya menjalankan puasa 20 jam.

Jadi, apa yang mereka lakukan?

Di negara-negara di mana matahari terbenam dan matahari terbit berjarak kurang dari tiga jam, fatwa telah diumumkan untuk memungkinkan penduduk mengikuti jadwal kota lain. Misalnya, bisa mengikuti puasa Makkah di Arab Saudi.

Tahun ini, Arab Saudi dan sebagian besar Timur Tengah akan berpuasa selama sekitar 15 jam sehari.

Daftar 45 Negara Mulai Puasa Ramadhan Sabtu 2 April 2022, Arab Saudi hingga Inggris 

Mengutip live update Hindustan Times, diketahui terdapat 44 negara, yang mengikuti jejak Arab Saudi untuk melaksanakan puasa Ramadhan 1443 Hijriah hari pertama pertama pada Sabtu 2 April 2022.

Berikut ini daftar selengkapnya:

- Arab Saudi

- Afghanistan

- Albania

- Armenia

- Austria

- Azerbaijan

- Bahrian

- Belgia

- Bolivia

- Bulgaria

- Burkina Faso

- Chechnia

- Denmark

- Finlandia

- Georgia

- Hongaria

- Islandia

- Irak (Sunni mengikuti Saudi)

- Italia

- Jepang

- Yordania

- Kazakhstan

- Kuwait

- Kirgizstan

- Lebanon

- Mauritania

- Belanda

- Palestina

- Qatar

- Rumania

- Rusia

- Singapura

- Sudan

- Swedia

- Swiss

- Suriah

- Taiwan

- Tajikistan

- Tatarstan

- Togo

- Turkmenistan

- UEA

- Inggris

- Uzbekistan

- Yaman 

Sementara sejumlah negara di dunia memulai Ramadhan 2022 pada Minggu 3 April 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.