Masjidil Haram Terima 19 Juta Jemaah Selama Bulan Ramadhan 2022

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 02 Mei 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 02 Mei 2022, 13:00 WIB
Satu Juta Jemaah Dapat Beribadah Haji Tahun Ini
Perbesar
Umat Muslim berdoa selama bulan puasa Ramadhan di sekitar Ka'bah, tempat suci umat Islam, di kompleks Masjidil Haram di kota Saudi Mekah (9/4/2022). Pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. (AFP/Abdel Ghani Bashir)

Liputan6.com, Jakarta - Hampir 19 juta orang beribadah di perluasan ketiga Masjidil Haram di Makkah selama Ramadhan, Saudi Press Agency melaporkan.

Direktur Administrasi Umum Ekspansi Saudi Ketiga di Masjidil Haram, Walid Al-Masoudi, mengatakan perluasan tersebut telah menerima lebih dari 500.000 jamaah per jam dengan laju 250.000 di dalam perluasan dan lebih dari 250.000 di alun-alun.

Dilansir dari laman Arab News, Senin (2/5/2022), ia menekankan bahwa upaya ini berada di bawah arahan Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci dalam memenuhi aspirasi kepemimpinan Saudi.

Pada awal Ramadhan, 80 aula baru yang merupakan bagian dari perluasan fase ketiga dibuka untuk jamaah untuk pertama kalinya.

Al-Masoudi mengatakan jamaah dibagi sepanjang hari-hari bulan suci di semua lantai gedung ekspansi, di lantai dasar, lantai pertama, mezzanine pertama, lantai dua, mezzanine kedua, balkon, dan alun-alun utara dan barat di sekitarnya.

Ketika Raja Abdulaziz menyatukan negara dan mendirikan Arab Saudi, dia menjadikan Dua Masjid Suci sebagai prioritas utama dan memastikan mereka mendapat perhatian khusus.

Pada tahun 1926, ia memerintahkan renovasi total Masjidil Haram, termasuk perintah untuk menutupi seluruh lantai dengan marmer. Setahun kemudian, menurut kepresidenan umum, dia memerintahkan agar tenda didirikan di Mataf (ruang keliling) untuk melindungi jamaah dari panas matahari. Dia juga memerintahkan agar Masa, daerah antara Safa dan Marwah di mana para peziarah berjalan di tempat yang dikenal sebagai Saee, diaspal dengan batu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perluasan Bangunan

FOTO: Jemaah Mulai Rangkaian Ibadah Haji 2021
Perbesar
FOTO: Jemaah Mulai Rangkaian Ibadah Haji 2021

Penerus Saud, Raja Faisal, melanjutkan pekerjaan perluasan dan pembangunan. Bangunan di sekitar Maqam Ibrahim dipindahkan untuk memberikan lebih banyak ruang bagi jamaah saat mengelilingi Ka'bah.

Setelah Raja Khalid mengambil alih pada tahun 1975, area Mataf diperluas dan trotoar batu Masa diganti dengan marmer Yunani tahan panas sehingga para jamaah dapat mengelilingi Ka'bah dengan lebih nyaman, terutama pada siang hari.

Pada 14 September 1988, Raja Fahd meletakkan batu fondasi untuk perluasan Masjidil Haram terbesar dalam 14 abad. Proyek ini meningkatkan ukurannya menjadi 356.000 meter persegi, ruang yang cukup untuk 1,5 juta jamaah untuk melakukan ritual mereka dengan nyaman. Dua menara ditambahkan ke tujuh yang ada.

Pemimpin Saudi keenam, Raja Abdullah, yang naik takhta pada 2005, memprakarsai proyek ekspansi besar lainnya. Ini termasuk peningkatan arsitektur, teknis, dan keamanan. Kapasitas area Mataf ditingkatkan dari sekitar 50.000 orang per jam menjadi lebih dari 130.000 orang untuk mengatasi meningkatnya jumlah jamaah haji dan umrah.

Total ruang yang dicakup oleh Masjidil Haram dan area terbuka serta fasilitasnya meningkat menjadi 750.000 meter persegi, dengan total biaya lebih dari SR80 miliar ($21,3 miliar).

Pada 2015, Raja Salman meluncurkan lima proyek besar yang dirancang untuk memungkinkan masjid menampung hampir 2 juta jamaah di situs seluas 1,5 juta meter persegi.


Masjidil Haram Dibersihkan dengan Bantuan Robot

Satu Juta Jemaah Dapat Beribadah Haji Tahun Ini
Perbesar
Satu Juta Jemaah Dapat Beribadah Haji Tahun Ini

Kepresidenan Umum Arab Saudi untuk Urusan Dua Masjid Suci tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat dalam upayanya untuk membersihkan dan mendisinfeksi Masjidil Haram meskipun Kerajaan menyaksikan penurunan stabil dalam kasus COVID-19.

Mohammed Al-Jabri, di bawah sekretaris jenderal Badan Layanan, Urusan Lapangan dan Perlindungan Lingkungan, mengatakan bahwa serangkaian tindakan pencegahan akan memastikan lingkungan yang sehat dan aman bagi peziarah untuk melakukan ritual mereka.

Ada pengawasan konstan operasi desinfeksi dan sanitasi, serta transportasi dan layanan lain yang disediakan di gerbang Masjidil Haram.

Masjid memiliki 25.000 karpet, sementara sekitar 4.000 pekerja pria dan wanita dan 11 robot pintar dipekerjakan untuk mendisinfeksi dan membersihkan situs sepanjang waktu.

Mengomentari mesin pembersih, Al-Jabri mengatakan: “Badan tersebut menggunakan lebih dari 840 peralatan dan mesin untuk memurnikan dan membersihkan Masjidil Haram. Ini juga menindaklanjuti operasi pencegahan dan pengendalian infeksi lingkungan dengan memperlengkapi beberapa tim untuk membersihkan semua area Masjidil Haram, termasuk halaman luar, toilet, lantai dan karpet.”


Bantuan untuk Jemaah

Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi pada malam ke-27 Ramadhan 2022 membersihkan Masjidil Haram di Makkah. (reasahalharmain)
Perbesar
Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi pada malam ke-27 Ramadhan 2022 membersihkan Masjidil Haram di Makkah. (reasahalharmain)

Dia menambahkan: "Ada 8.000 kereta golf listrik dan biasa untuk melayani peziarah, termasuk 5.000 kereta biasa dan hampir 3.000 kereta listrik, yang disanitasi sebelum dan sesudah digunakan."

Untuk memastikan pergerakan jamaah yang lancar dan terorganisir, agensi telah menugaskan pengawas di masing-masing dari 150 pintu Masjidil Haram untuk menerima jamaah, dan membimbing mereka ke area sholat dan titik masuk dan keluar yang berbeda di Masjidil Haram.

Staf keamanan juga telah ditempatkan di sekitar masjid untuk memastikan bahwa jemaah tidak terganggu oleh orang lain yang melakukan kegiatan terlarang, seperti merokok, menjual barang atau mengemis.  

Al-Jabri mengatakan: “Badan telah melengkapi area dengan semua layanan yang diperlukan, termasuk wadah air Zamzam, AC, lemari untuk salinan Al-Qur'an, sound system, sistem pencahayaan, karpet, toilet, selain mengoperasikan banyak eskalator yang mengangkut jamaah dan lansia ke semua lantai yang tersedia.

“Pegawai lembaga mengawasi masuk dan keluar jamaah, memastikan keselamatan mereka, mengarahkan mereka ke ruang yang ditunjuk untuk melakukan sholat, dan mengatur trotoar dan koridor, dengan partisipasi otoritas yang berwenang, sesuai dengan rencana yang disiapkan sebelumnya untuk memfasilitasi pergerakan mereka yang menuju ekspansi utara dengan mudah. ​"

Infografis Hari Raya Idul Fitri
Perbesar
Infografis Hari Raya Idul Fitri
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya