Sukses

Serangan Mematikan di Tepi Barat Susul Serangan di Masjid Al-Aqsa

Serangan yang terjadi di Tepi Barat menyusul serangan di masjid Al-Aqsa.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria Palestina dan seorang penjaga Israel tewas dalam insiden terpisah di Tepi Barat yang diduduki setelah pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa pada hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan.

Pasukan Israel membunuh seorang pria Palestina pada Jumat malam di utara Tepi Barat yang diduduki, menurut kementerian kesehatan Palestina.

Yahya Adwan (27) ditembak di dada selama operasi tentara Israel di kota Azzun, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

Sementara itu, tentara Israel mengatakan seorang penjaga yang sedang bertugas di pintu masuk pemukiman Ariel pada Jumat malam diserang ketika orang-orang bersenjata melepaskan tembakan. Layanan darurat mengkonfirmasi bahwa pria itu, berusia 20-an, telah meninggal karena luka-lukanya.

Brigade Martir Al-Aqsa, salah satu kelompok militan utama yang hadir di Tepi Barat yang diduduki, mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

"Kami mengklaim bertanggung jawab atas operasi heroik di koloni Ariel di mana seorang perwira Zionis tewas, sebagai tanggapan atas pelanggaran yang dilakukan oleh pemerintah pendudukan di Yerusalem," kata kelompok itu.

Di pihaknya, Hamas, gerakan Palestina yang mengatur Jalur Gaza, memuji pembunuhan itu sebagai "operasi heroik", dengan juru bicara Hazem Qassem menyatakan itu sebagai tanggapan terhadap "serangan terhadap Al-Aqsa," situs tersuci ketiga Islam, yang telah menjadi salah satu titik fokus selama berminggu-minggu kekerasan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjagaan Tentara Israel

Menanggapi insiden itu, tentara Israel pada hari Sabtu meningkatkan kehadiran mereka terutama di pintu masuk ke komunitas tetangga Palestina Salfi, kata sebuah pernyataan militer.

Ia menambahkan bahwa pasukan keamanan telah melakukan penangkapan dan menyita senjata di Bruqin, juga di dekatnya, dan di kamp pengungsi Balata.

Kelompok yang pada hari Sabtu mengatakan melakukan serangan itu adalah sayap bersenjata dari faksi Fatah Presiden Palestina Mahmud Abbas.

Berbicara dari Ramallah di Tepi Barat yang diduduki, Nida Ibrahim dari Al Jazeera mengatakan bahwa kematian Adwan membuat jumlah orang Palestina yang terbunuh dalam sebulan terakhir menjadi 26.

“Mayoritas dari mereka yang tewas adalah selama konfrontasi dengan pasukan Israel karena jumlah serangan oleh militer Israel telah meningkat,” kata Ibrahim.

Dia menambahkan militer Israel terus mencari dua pria bersenjata yang diduga membunuh penjaga Israel di dekat pemukiman Ariel.

3 dari 5 halaman

Banyak Korban Tewas

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 42 orang terluka pada Jumat pagi di kompleks itu, situs tersuci ketiga Islam. Tembok Barat kompleks itu suci bagi orang Yahudi.

Kerusuhan, yang terjadi pada hari Jumat terakhir di bulan suci Ramadhan, membuat mereka yang terluka menderita "cedera tubuh bagian atas", kata Bulan Sabit Merah.

Seorang wartawan AFP mengatakan polisi Israel menembakkan peluru berlapis karet sementara saksi mata mengatakan mereka juga menggunakan gas air mata.

Ketenangan yang tidak nyaman telah dipulihkan di kompleks itu setelah kerusuhan yang mengelilingi doa pagi, tetapi ketegangan tetap tinggi.

Menjelang sore, kerumunan jamaah Muslim berkumpul di Al-Aqsha. Beberapa orang mengibarkan bendera Palestina dan warna Hamas, kata seorang wartawan AFP.

 

4 dari 5 halaman

Ketegangan Meningkat

Selama dua minggu terakhir, hampir 300 warga Palestina telah terluka dalam serangan oleh pasukan polisi Israel di kompleks Al-Aqsa. Kompleks seluas 35 hektar ini disebut sebagai al-Haram al-Sharif, atau Tempat Suci oleh umat Islam dan sebagai Bukit Bait Suci oleh orang Yahudi.

Situs tersebut berada di Yerusalem timur, yang direbut Israel dalam Perang Enam Hari 1967 dan kemudian dicaplok dalam sebuah langkah yang tidak diakui oleh sebagian besar masyarakat internasional.

Serangan Israel ke kompleks itu selama Ramadhan mendapat kecaman luas dan menimbulkan kekhawatiran akan mengobarkan ketegangan Israel-Palestina yang terus-menerus di seluruh Yerusalem.

Namun Israel bersikeras bahwa pihaknya telah dipaksa untuk bertindak melawan operasi dari Hamas dan kelompok Jihad Islam. Dikatakan anggota bersenjata mengancam jamaah Muslim di Al-Aqsa dan orang-orang Yahudi yang berdoa di Tembok Barat.

Dalam upaya nyata untuk meredakan ketegangan, menteri luar negeri Israel Yair Lapid telah menekankan bahwa pemerintah berkomitmen untuk status quo di kompleks tersebut, yang berarti kepatuhan pada konvensi lama bahwa hanya Muslim yang diizinkan untuk berdoa di sana.

Namun, para pemimpin Muslim marah dengan peningkatan kunjungan baru-baru ini. Beberapa menyuarakan ketakutan bahwa Israel sedang berusaha untuk membagi kompleks dan menciptakan ruang di mana orang Yahudi dapat beribadah. Lapid mengatakan kepada wartawan bahwa tidak ada rencana seperti itu.

5 dari 5 halaman

Kerusuhan di Akhir Ramadhan

Kerusuhan baru terjadi ketika akhir Ramadhan mendekati awal minggu depan dan ketika Israel mengizinkan pembangunan pemukiman baru di kota Hebron, Tepi Barat yang diduduki secara ilegal.

Pada hari Rabu, Pengadilan Tinggi Israel menyetujui pembangunan kompleks apartemen enam lantai 31 unit untuk pemukim di jantung kota.

Kekerasan di Yerusalem timur yang diduduki telah menimbulkan kekhawatiran akan konflik bersenjata lain yang serupa dengan serangan 11 hari Israel di Gaza tahun lalu, yang sebagian dipicu oleh kerusuhan serupa di Al-Aqsa. Sedikitnya 232 warga Palestina di Gaza dan 12 orang di Israel tewas.

Sejak awal pekan lalu, telah terjadi tembakan roket terisolasi dari Gaza ke Israel dan roket Israel di Jalur Gaza , tetapi tidak ada korban yang dilaporkan di kedua sisi.

Hamas dan para pemimpin Jihad Islam mengadakan rapat umum di Gaza pada Kamis malam, dengan seruan untuk “mempertahankan” Yerusalem, termasuk Al-Aqsa.

Dalam pertunjukan tahunan unjuk rasa pro-Palestina yang dikenal sebagai Hari Quds (Yerusalem), ribuan orang Iran turun ke jalan di seluruh republik Islam pada hari Jumat. Para pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera meneriakkan "Matilah Amerika" dan "Matilah Israel", lapor lembaga penyiaran negara IRIB.

Pemimpin Tertinggi Iran Ali Hosseini Khamenei membuat pernyataan langsung di televisi untuk mendukung orang-orang Palestina dan mengecam orang-orang di Barat yang mendukung Ukraina melawan invasi Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.