Sukses

Jelang Libur Panjang, Beijing Perketat Aturan COVID-19

Otoritas berwenang Beijing memperketat aturan COVID-19 menjelang libur panjang.

Liputan6.com, Beijing - Penduduk Beijing akan membutuhkan tes COVID-19 yang jelas untuk memasuki ruang publik, kata para pejabat pada Sabtu (30 April), mengumumkan kontrol virus baru pada awal liburan Hari Buruh yang diredam oleh infeksi yang merayap di ibu kota.

Libur panjang selama lima hari biasanya merupakan salah satu periode perjalanan tersibuk di China, tetapi kebangkitan COVID-19 terburuk di negara itu sejak awal pandemi diperkirakan membuat orang tetap di rumah. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu (1/5/2022). 

Dihadapkan dengan varian Omicron yang sangat menular, pejabat China telah menggandakan kebijakan nol-COVID mereka, menghancurkan kluster virus melalui pengujian massal dan penguncian.

Meskipun biaya ekonomi meningkat dan frustrasi publik, ibu kota mengumumkan akan semakin membatasi akses ke ruang publik setelah masa liburan.

Mulai 5 Mei, tes COVID-19 negatif yang diambil dalam seminggu terakhir akan diperlukan untuk memasuki "semua jenis area umum dan naik transportasi umum", menurut pemberitahuan di halaman WeChat resmi kota.

Untuk kegiatan seperti acara olahraga dan perjalanan kelompok, peserta juga harus menunjukkan tes COVID-19 negatif yang diambil dalam waktu 48 jam, bersama dengan bukti "vaksinasi penuh", menurut aturan baru.

China melaporkan lebih dari 10.700 kasus domestik pada hari Sabtu, dengan sebagian besar kasus di Shanghai.

Shanghai telah ditutup selama sekitar sebulan setelah menjadi pusat wabah terbaru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Protes Lockdown

Kasus-kasus cenderung menurun, namun frustrasi dan kemarahan mendidih di kota berpenduduk 25 juta di mana banyak yang diperintahkan untuk tinggal di rumah selama beberapa minggu.

Pejabat Shanghai mengatakan pada hari Sabtu bahwa kasus barunya semua ditemukan di antara kelompok yang dikarantina atau dibatasi, menandakan bahwa infeksi masyarakat dapat melambat.

Mereka menambahkan bahwa ratusan perusahaan dalam "daftar putih" telah kembali bekerja, dengan sekitar 1.000 perusahaan diizinkan untuk memulai kembali operasi juga, kata media pemerintah.

Di Beijing, kasus baru mencapai 54, menurut Komisi Kesehatan Nasional.

Saat libur panjang dimulai, konsumen di ibu kota diminta menunjukkan bukti tes COVID-19 negatif dalam waktu 48 jam untuk memasuki area publik seperti mal, pertokoan, dan tempat wisata.

Kota itu akan membuat tes COVID-19 gratis untuk penduduk mulai Selasa, kata pihak berwenang.

3 dari 4 halaman

Uji Massal COVID-19 Ketiga

Beijing melakukan pengujian massal putaran ketiga, Jumat (29/4), dan menutup semua sekolah di kota itu dalam usaha mencegah merebaknya wabah COVID-19.

Kota itu melaporkan 49 kasus baru, Kamis (28/4), dua di antaranya tanpa gejala, sehingga meningkatkan jumlah total kasus aktif menjadi hampir 200.

Sejak Kamis, warga dua kompleks perumahan di distrik Chaoyang, Beijing, dianjurkan untuk tidak keluar rumah, sementara beberapa klinik dan bisnis ditutup.  

Pagar besi dipasang di pintu masuk kawasan permukiman di mana kedua kompleks perumahan itu berlokasi. Penjaga keamanan dan polisi terlihat memeriksa dokumen kesehatan warga.

Penduduk di kawasan permukiman tersebut dapat berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal mereka dan menerima pengiriman, tetapi restoran-restoran dan pusat-pusat perbelanjaan ditutup.

Beijing bergerak lebih cepat daripada banyak kota di China. Pihak berwenang memberlakukan berbagai pembatasan meski jumlah kasus masih rendah dan skala wabah masih terkendali.

Beijing berusaha menghindari apa yang terjadi di Shanghai, di mana pihak berwenang setempat terpaksa memberlakukan lockdown menyusul melonjaknya kasus Omicron di kota berpenduduk 25 juta itu.

4 dari 4 halaman

Picu Panic Buying

Kekhawatiran akan lockdown akibat COVID-19 memicu panic buying di Beijing ketika antrian panjang terbentuk pada Senin (25 April) di sebuah distrik pusat yang besar untuk pengujian massal yang diperintahkan oleh otoritas China.

Dilansir dari laman Channel News Asia, China sudah berusaha menahan gelombang infeksi di kota terbesarnya Shanghai, yang hampir seluruhnya dikunci selama berminggu-minggu dan melaporkan 51 kematian COVID-19 baru pada hari Senin. 

Shanghai telah berjuang untuk menyediakan makanan segar bagi mereka yang terkurung di rumah, sementara pasien telah melaporkan kesulitan mengakses perawatan medis non-COVID-19 dan meningkatnya kasus di ibu kota memicu kekhawatiran penguncian serupa.

Distrik terbesar di pusat kota Beijing, Chaoyang, yang berpenduduk sekitar 3,5 juta orang, memerintahkan pengujian massal mulai Senin untuk penduduk dan mereka yang datang untuk bekerja di sana - daerah itu menjadi markas banyak perusahaan multinasional dan kedutaan.

Antrean meliuk-liuk di sekitar mal dan di luar kompleks perkantoran pada hari Senin ketika orang-orang menunggu untuk diambil sampelnya oleh petugas kesehatan dengan alat pelindung.

"Jika satu kasus ditemukan, daerah ini bisa terpengaruh," kata pekerja kantor Yao Leiming, 25, saat dia menuju lokasi pengujian di Chaoyang bersama sekelompok rekannya.

Perintah pengujian massal, dan peringatan tentang situasi COVID-19 yang "suram" di kota itu, memicu padatnya supermarket Beijing pada hari Minggu ketika penduduk bergegas untuk menimbun kebutuhan pokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.