Sukses

Tips Diet dan Pola Makan dari Ilmuwan bagi Anda yang Ingin Berumur Panjang

Diet yang Anda makan – dan cara Anda memakannya – dapat menentukan masa umur Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Tergantung pada gen yang ada pada Anda, tubuh Anda bisa ditakdirkan untuk masa depan yang panjang dan sehat yang membentang selama beberapa dekade mendatang.

Tentu saja, nasib Anda tidak terukir di batu. Diet yang Anda makan – dan cara Anda memakannya – dapat menentukan masa umur Anda.

Gerontologis Valter Longo dari University of Southern California di AS yakin ada formula optimal untuk puasa dan diet yang dapat memberi kita kesempatan terbaik untuk memaksimalkan rentang hidup individu kita.

Untuk mengetahui seperti apa formula itu, Longo dan rekannya Rozalyn Anderson dari University of Wisconsin mengeksplorasi literatur tentang umur panjang dan nutrisi di berbagai makhluk hidup, menghubungkan semuanya kembali ke spesies kita sendiri.

"Kami mengeksplorasi hubungan antara nutrisi, puasa, gen dan umur panjang pada spesies berumur pendek, dan menghubungkan hubungan ini dengan studi klinis dan epidemiologi pada primata dan manusia - termasuk centenarians (orang yang berumur panjang)," kata Longo.

Tentu saja, satu metode makan yang ditentukan tidak akan pernah menjadi pendekatan satu ukuran untuk semua.

Sama seperti variasi dalam kebiasaan makanan memperkenalkan litani pro dan kontra untuk kesehatan spesies lain, dari mikroba sederhana hingga cacing hingga mamalia seperti kita, perbedaan kita sendiri dalam gen dan tahap perkembangan akan menentukan risiko dan manfaat dari berbagai makanan.

Orang yang lebih tua dari 65, misalnya, mungkin perlu menambahkan sedikit lebih banyak protein dalam makanan mereka, hanya untuk memastikan tubuh mereka memiliki banyak bahan untuk meningkatkan massa tubuh dan menjaga terhadap kelemahan yang semakin meningkat.

Bekerja dengan penyedia layanan kesehatan adalah cara terbaik untuk menyesuaikan kebutuhan ini dengan individu tertentu.

Tetapi industri perawatan kesehatan perlu diinformasikan oleh konsensus ilmiah tentang spesifik diet yang baik, yang merupakan sesuatu yang terbebani oleh kontroversi dan perdebatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang Dikatakan oleh Studi?

Studi Longo dan Anderson tentang literatur yang ada bertujuan untuk memberikan dasar yang kuat untuk penelitian yang sedang berlangsung ke dalam bidang diet umur panjang, yang dapat menggerakkan diskusi dan memberi spesialis perawatan kesehatan dengan diet berbasis bukti yang benar-benar akan memberikan kehidupan yang lebih lama.

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan detailnya (penelitian yang sudah direncanakan Longo), jenis makanan yang mungkin ingin kita fokuskan dalam daftar belanja kita sudah cukup jelas.

Menurut Longo, jumlah karbohidrat non-olahan yang baik, protein nabati dan lemak nabati yang cukup untuk memenuhi hanya di bawah sepertiga dari kebutuhan energi Anda hanyalah tiket yang Anda butuhkan, demikian seperti dikutip dari Science Alert, Sabtu (30/4/2022).

"Banyak kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran; beberapa ikan; tidak ada daging merah atau daging olahan dan daging putih yang sangat rendah; gula rendah dan biji-bijian olahan; kadar kacang dan minyak zaitun yang baik, dan beberapa cokelat hitam," kata Longo.

 

3 dari 3 halaman

Mengatur Pola Makan

Selain apa yang Anda makan, para peneliti juga menggarisbawahi pentingnya merencanakan kapan Anda harus makan, dengan pakar menganjurkan siklus beberapa jam berpuasa untuk membantu menjaga tekanan dan kadar gula darah.

Bagi mereka yang sangat tertarik untuk melihat setiap fajar yang mereka bisa, penelitian Longo dan Anderson mungkin menjadi pilihan yang bagus untuk berkonsultasi untuk dasar nutrisi.

"Dengan mengadopsi pendekatan berdasarkan lebih dari satu abad penelitian, kita dapat mulai mendefinisikan diet umur panjang yang merupakan dasar yang kuat untuk rekomendasi nutrisi dan untuk penelitian di masa depan," kata Longo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini