Lebaran 2022, Jalan Tol Malaysia Gratis

Oleh Tanti Yulianingsih pada 30 Apr 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 30 Apr 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi bendera Malaysia (pixabay)
Perbesar
Ilustrasi bendera Malaysia (pixabay)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Warga Malaysia yang berkendara pulang untuk merayakan Hari Raya Puasa tahun ini atau Lebaran 2022 yang telah lama ditunggu-tunggu, bakal mendapat tarif yang lebih murah atau bahkan bebas bayar alias gratis di 30 jalan raya nasional.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan diskon dan pembebasan tarif tol diperkirakan menghemat biaya pengendara RM77,1 juta atau sekitar Rp 257 miliar, seraya menambahkan bahwa operator jalan raya akan menanggung biayanya.

"Sejalan dengan fase transisi menuju endemisitas sejak 1 April 2022 dan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 3 Mei 2022, pemerintah telah sepakat untuk memberikan tarif tol gratis dan diskon bagi Keluarga Malaysia yang pulang untuk merayakannya," ujar Ismail Sabri Yaakob dalam sebuah pernyataan pada 25 April 2022 seperti dikutip dari Malay Mail.

PLUS, yang mengoperasikan jalan tol lingkar utara-selatan Malaysia, akan membebaskan tol mulai Sabtu 30 April  tengah malam hingga Minggu 1 Mei pukul 23.59 untuk semua kelas kendaraan.

Operator tol lain yang akan membebaskan tarif adalah Anih Berhad, yang mengoperasikan jalan tol pantai timur. Pengabaian tersebut akan berlaku dalam periode yang sama.

Kedua pemegang konsesi juga akan membebaskan biaya tol untuk perjalanan pulang. Pemberlakuan tarif tol gratis tersebut akan berlaku mulai 7 Mei tengah malam hingga 8 Mei pukul 23.59 WIB.

Pertama Kali

PM Ismail mengatakan, ini akan menjadi pertama kalinya bagi kedua pemegang konsesi membebaskan tarif tol untuk kedua perjalanan tersebut.

Sementara itu, operator lain telah setuju untuk memberikan diskon antara 30 hingga 50 persen bagi pengendara yang menggunakan jalan mereka.

"Semoga dengan adanya potongan harga dan bebas biaya atau jalan tol gratis membuat perayaan Idul Fitri bersama orang-orang terkasih tahun ini semakin meriah," kata Ismail.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini


Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Beroperasi Gratis saat Mudik Lebaran, Mulai Kapan?

H-2 Idul Fitri 1443H, Gerbang Tol Cikampek Masih Padat
Perbesar
H-2 Idul Fitri 1443H, Gerbang Tol Cikampek Masih Padat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, di Indonesia, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usaha PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan secara gratis pada arus balik mudik Lebaran 2022. Ruas tol yang akan dioperasikan secara fungsional yakni dari Simpang Susun (SS) Sadang hingga SS Kutanegara sepanjang 8,5 km.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra mengatakan, Jalan Tol Japek II Selatan ini akan dibuka secara situasional jika nantinya terjadi kepadatan di SS Dawuan Km 67, yang merupakan titik temu lalu lintas dari arah Tol Cipularang dan ujung Tol Jakarta-Cikampek yang tersambung dengan Tol Trans Jawa.

"Untuk ruas Japek Selatan ini kita sudah siap mulai dari Jumat (22/4/2022) kemarin, semua sarananya sudah siap semua. Jadi kami menunggu kondisi lalu lintas dari ruas Tol Jakarta-Cikampek," kata Charles di SS Sadang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (25/4/2022).

Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga merupakan salah satu alternatif pengguna jalan dari arah Bandung menuju Jakarta pada saat diberlakukannya rekayasa lalu lintas one way arus mudik lebaran oleh pihak Kepolisian.

"Sampai saat ini masih kami menunggu kondisi di ruas Tol Jakarta-Cikampek, kan belum ada one way. Ini masih kami stand by terus. Nanti diskresi Kepolisian kapan akan difungsionalkan," ungkapnya.

Adapun para pemudik dari arah Bandung yang diarahkan melewati jalur fungsional ini, nantinya bakal melewati jalan non-tol sepanjang 15-20 km untuk masuk kembali ke Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Karawang Timur di Km 54 pada periode arus balik, dan GT Karawang Barat di Km 47 pada periode arus mudik.

Selengkapnya di sini...


Kemenhub Siapkan 11 Mobil Patroli Pelayanan Gratis di Mudik Lebaran 2022

[Bintang] 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi
Perbesar
[Bintang] 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil Pribadi.

Lalu Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyediakan sebanyak 11 mobil patroli pelayanan masyarakat gratis guna memberikan pelayanan serta membantu pemudik yang mengalami kesulitan di jalan. Adapun waktu pelayanannya untuk arus mudik Lebaran dimulai 24 April-2 Mei 2022 dilanjutkan saat arus balik mulai 3-11 Mei 2022.

"Sebagai bentuk kesiagaan pemerintah dalam mendukung Angkutan Lebaran yang aman dan sehat, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan 11 mobil patroli pelayanan masyarakat yang tidak dikenakan biaya sepeserpun dilengkapi dengan peralatan penunjang kendaraan disertai juga tim kompeten yang akan membantu," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, dalam keterangan resmi Selasa (26/4/2022).

Untuk peralatan penunjang yang disediakan dalam mobil patroli pelayanan berupa Bahan Bakar Minyak (BBM), kunci-kunci, kabel jumper atau sling, dongkrak, makanan, serta minuman kemasan.

Dirjen Budi menjabarkan mobil patroli pelayanan terbagi dalam beberapa rute yang menjadi prioritas jalur patroli pelayanan masyarakat.

"Dalam pelaksanaannya Ditjen Hubdat bekerja sama dengan pihak Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan 3 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD)," jelas Dirjen Budi.

Adapun ketiga BPTD tersebut yakni BPTD Wilayah IX Provinsi Jawa Barat, BPTD Wilayah X Provinsi Jawa Tengah-DIY, dan BPTD Wilayah VII Provinsi Banten.

"Untuk tim Ditjen Hubdat terdiri dari 4 tim dengan empat rute yakni Lintasan Karawang-Subang, Lintasan Indramayu-Cirebon, Lintasan Brebes-Pemalang, dan Lintasan Pekalongan-Semarang," urai Dirjen Budi.

Selanjutnya di sini...


Menhub: BUMN Sepakat Tambah 400 Angkutan Mudik Gratis Lebaran 2022

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat melakukan tinjauan langsung di Pelabuhan Indah Kiat, Banten, Sabtu (30/4/2022).
Perbesar
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut ada sejumlah BUMN yang siap menambah kuota mudik gratis. Hal ini sebagai tindak lanjut dari permintaannya.

Menhub Budi menyebut mudik gratis ini dibutuhkan masyarakat menyambut lebaran 2022 kali ini. Ia memandang masyarakat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.

Hal ini disampaikannya pasca melepas keberangkatan 20 ribu lebih peserta mudik gratis Kemenhub dari terminal Jatijajar, Depok. Ada sebanyak 686 bis yang diberangkatkan.

"Tadi waktu di depok saya anjurkan stakeholder yang lain, Kementerian/lembaga, perusahaan melakukan tambahan mudik gratis, dalam perjalanan saya telepon beberapa bumn kita dapat tambahan 400 bis," katanya kepada wartawan, Kamis (28/7/2022).

Ia bersyukur, dalam waktu singkat, ia mendapatkan kabar menggembirakan dengan adanya tambahan 400 bis mudik gratis ini. Dalam mengkoordinasikannya, Menhub Budi meminta Jasa Raharja yang melakukannya.

"Alhamdulillah bisa dilaksanakan, saya minta pak Dirut Jasa Raharja mengkoordinir karena BUMN," katanya.

Ia berharap dengan adanya turut serta dari perusahaan pelat merah ini, perusahaan swasta pun bisa ikut melakukannya.

"Langkah bumn ini supaya diikuti kemen lembaga lain, swasta dan lainnya," kata dia.

Selengkapnya di sini...

Infografis Journal Indonesia Sambut Endemi, Lebaran Bisa Mudik Lagi
Perbesar
Infografis Journal Indonesia Sambut Endemi, Lebaran Bisa Mudik Lagi
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya