Sukses

Ledakan Keras dan Bola Api 10 Kali Lebih Terang dari Purnama Bikin Kaget Warga 3 Negara Bagian AS

Ledakan keras dan bola api yang melesat membuat warga di tiga negara bagian AS terkejut.

Liputan6.com, Mississippi - Sebuah ledakan keras mendahului bola api melesat terlihat di tiga negara bagian Selatan AS, para ilmuwan mengkonfirmasi Kamis 28 April 2022.

Lebih dari 30 orang di Arkansas, Louisiana dan Mississippi melaporkan melihat meteor yang sangat terang di langit Rabu 27 April sekitar pukul 08.00 pagi, setelah mendengar ledakan keras di daerah Claiborne, Mississippi, dan daerah sekitarnya, NASA melaporkan.

Ini pertama kali (bola api) terlihat 54 mil (87 km) di atas Sungai Mississippi, dekat Alcorn, Mississippi, kata para pejabat.

"Ini adalah salah satu peristiwa terbaik yang pernah saya lihat dalam data GLM (Geostationary Lightning Mappers)," kata Bill Cooke, kepala Kantor Lingkungan Meteoroid NASA di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall di Huntsville, Alabama.

Objek, yang oleh para ilmuwan disebut bolide, bergerak ke barat daya dengan kecepatan 55.000 mil per jam, pecah berkeping-keping saat turun lebih dalam ke atmosfer Bumi. Itu hancur sekitar 34 mil (55 km) di atas daerah berawa di utara komunitas Paroki Concordia Minorca di Louisiana.

Seorang saksi mengatakan kepada Vicksburg Post bahwa dia mendengar suara keras dan kemudian melihat ke atas lalu melihat "bola api oranye seukuran bola basket, dengan ekor putih di belakangnya", menuju ke barat arah Sungai Mississippi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NASA: 10 Kali Lebih Terang dari Bulan Purnama

Badan manajemen darurat Claiborne County memposting pernyataan di Facebook yang mengkonfirmasi laporan bolide dan mencatat bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir di dekatnya tak terdampak.

"Stasiun Nuklir Grand Gulf … aman. Tidak ada ancaman terhadap county dan tidak ada tindakan yang harus diambil," posting agensi tersebut.

Fragmentasi bola api menghasilkan energi yang cukup untuk menciptakan gelombang kejut yang menyebar ke tanah, menghasilkan ledakan dan getaran yang dirasakan oleh orang-orang di daerah tersebut, kata NASA.

Pada puncaknya, bola api itu lebih dari 10 kali lebih terang dari bulan purnama, kata NASA.

3 dari 4 halaman

Bola Api Besar Terlihat Lintasi Langit Norwegia, Diduga Meteor Jatuh

Sebuah meteor yang luar biasa besar diduga jatuh di Norwegia. Peristiwa itu diduga memicu bola api besar yang melintasi langit bagian selatan negara tersebut.

Dikutip dari US News, Senin (26/7/2021) meteor tersebut jatuh pada Minggu (25/7) dan menciptakan suara dan tampilan cahaya yang spektakuler saat melintasi langit. Sebagian sisa dari meteor itu diduga jatuh di sekitar Oslo.

Laporan menyebut penampakan mulai terlihat sekitar pukul 1 pagi waktu setempat, dengan fenomena yang terlihat sejauh utara Trondheim.

Sebuah kamera web di Holmestrand, selatan Oslo, menangkap bola api yang jatuh dari langit dan meledak menjadi kilatan terang yang menerangi marina.

Jaringan Meteor Norwegia sedang menganalisis rekaman video dan data lainnya pada Minggu (25/7) untuk mencoba menentukan asal dan tujuan meteor tersebut.

Data awal menunjukkan sebuah meteorit mungkin telah menabrak Bumi di daerah berhutan besar, yang disebut Finnemark, yang berjarak 60 kilometer arah barat Oslo.

"Ini gila," kata Morten Bilet, salah satu anggota Jaringan Meteor Norwegia, kepada kantor berita Reuters.

Bilet mengatakan bahwa tak ada puing-puing yang ditemukan di lokasi  dan mengingat lokasi yang "menuntut", seseorang bisa memakan waktu "sekitar 10 tahun" untuk mencari kemungkinan meteorit.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Cahaya Bola Api dari Meteor di Langit Jepang Disebut Mirip Bulan Purnama

Sebuah meteor melesat di langit malam Jepang, diakhiri suatu kilatan cahaya yang banyak saksi sebut mirip seperti terang bulan purnama.

Dilansir dari UPI, Selasa (1/12/2020), saksi mata melaporkan bahwa bola api, terlihat dan menerangi langit malam di seluruh Jepang pada Minggu 29 November sekitar pukul 01.35 pagi. Objek tersebut terekam dalam video, di berbagai lokasi di seluruh negeri.

Takeshi Inoue, selaku direktur Planetarium Kota Akashi di Prefektur Hyogo, mengatakan bahwa bola api itu diklasifikasikan sebagai bolide, yaitu meteor yang sangat terang.

“Kami yakin semburan cahaya terakhir seterang bulan purnama,” katanya kepada Kyodo News.

Media sosial ramai pada hari Minggu setelah laporan bahwa objek yang memancarkan cahaya kuat terlihat jatuh dari langit di atas Jepang pada dini hari.

Bola api, yang diyakini sebagai bolide - sejenis bintang jatuh yang kecerahannya sering dibandingkan dengan bulan purnama - dapat dilihat dengan jelas dari bagian barat dan tengah Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.