Sukses

Studi: Perubahan Iklim Tingkatkan Risiko Kemunculan Virus Pandemi Seperti COVID-19

Para ilmuwan memperkirakan bahwa saat ini setidaknya ada 10.000 virus yang beredar tidak mencolok di antara hewan liar yang berpotensi menginfeksi manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan memperkirakan bahwa saat ini setidaknya ada 10.000 virus yang beredar tidak mencolok di antara hewan liar yang berpotensi menginfeksi manusia. Dan, perubahan iklim dapat menjadi faktor penentu yang menentukan apakah mereka akan benar-benar menginfeksi manusia serta menjadi pandemi, atau tidak sama sekali.

Di tengah-tengah pandemi COVID-19, para peneliti telah menyarankan bahwa cuaca yang memanas yang disebabkan oleh perubahan iklim dapat mempengaruhi banyak spesies mamalia untuk bermigrasi ke daerah yang lebih dingin, di mana pertemuan pertama mereka dengan spesies lain dapat sangat meningkatkan risiko virus baru menginfeksi manusia.

Menurut sebuah penelitian, pertemuan pertama antara spesies yang berbeda bisa berakhir menciptakan setidaknya 15.000 strain virus baru yang bergerak di antara hewan-hewan ini pada tahun 2070, demikian seperti dikutip dari Mashable Asia, Sabtu (30/4/2022).

Selama rentang lima tahun, 3.139 spesies mamalia dilihat, dengan pola gerakan potensial berikutnya dimodelkan menggunakan sejumlah skenario masa depan di mana pemanasan global telah sangat mempengaruhi planet ini.

Ingin menganalisis bagaimana penularan virus akan terpengaruh melalui pola-pola ini, para peneliti menemukan bahwa jumlah kontak baru antara spesies mamalia yang berbeda akan hampir dua kali lipat jumlahnya, dengan konsentrasi tertinggi dari interaksi baru ini terjadi di Afrika tropis dan Asia Tenggara.

"Kami telah menunjukkan mekanisme baru dan berpotensi menghancurkan munculnya penyakit yang dapat mengancam kesehatan populasi hewan di masa depan, yang kemungkinan besar akan memiliki konsekuensi bagi kesehatan kita juga," kata Gregory Albery, seorang ahli ekologi penyakit di Georgetown University yang ikut menulis penelitian ini.

"Pekerjaan ini memberi kita bukti yang lebih tak terbantahkan bahwa dekade mendatang tidak hanya akan lebih panas, tetapi lebih sakit."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wilayah Padat Penduduk

Studi ini juga menemukan bahwa kontak pertama ini sangat mungkin terjadi di daerah yang padat penduduknya oleh manusia, membuat orang yang tinggal di daerah tersebut cenderung rentan dan bertanggung jawab untuk menjadi kelompok dari mana virus ini dapat menyebar secara global.

Ditentukan bahwa hotspot yang paling berisiko termasuk Sahel, Dataran Tinggi Ethiopia dan Rift Valley, India, China timur, Indonesia, Filipina, dan beberapa lokal di Eropa.

Ada juga penekanan yang ditempatkan pada kelelawar. Sebagai satu-satunya mamalia yang mampu terbang, kelelawar mampu menyebarkan virus melintasi jarak yang lebih jauh daripada spesies mamalia lainnya, dan penulis percaya bahwa mereka sudah membuat kemajuan untuk menjadi spesies yang akan membentuk sebagian besar pertemuan pertama dengan spesies mamalia lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Sedikit Terlambat

Sayangnya, penelitian ini juga menunjukkan bahwa bahkan jika perubahan iklim harus dibatasi, itu akan terlambat, karena sekarang ada masalah paradoks di mana memperlambat perubahan iklim benar-benar dapat menyebabkan jumlah transmisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan situasi pemanasan global yang ekstrem.

Hal itu karena perubahan yang lebih ringan sebenarnya akan memberi banyak spesies mamalia lebih banyak waktu untuk bermigrasi dibandingkan dengan situasi yang lebih ekstrem.

Studi ini juga secara mengejutkan menemukan bahwa sebagian besar pertemuan pertama antar spesies akan terjadi antara 2011 hingga 2040, mendahului harapan mereka sekitar lebih dari setengah abad.

"Ini sedang terjadi," kata para penulis. "Ini tidak dapat dicegah bahkan dalam skenario perubahan iklim kasus terbaik, dan kita perlu menerapkan langkah-langkah untuk membangun infrastruktur kesehatan untuk melindungi populasi hewan dan manusia."

Sekarang, penulis penelitian juga menyerukan penelitian lebih lanjut yang harus dilakukan pada spesies hewan di luar mamalia, seperti burung, amfibi, dan makhluk air - yang juga dapat menimbulkan ancaman yang sama karena planet ini terus menghangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini